Food, Thoughts

Menu Khas Lebaran yang Wajib Ada di Rumah

Lebaran sebentar lagi! Pasti ga sabar dong pengen cepet-cepet merayakan hari raya Idul Fitri. Yaa, mungkin akan sedikit berbeda dengan kondisi yang kita alami tahun ini ya. Anyway, Lebaran erat kaitannya dengan makanan, jadi ada beberapa menu khas lebaran yang wajib ada di rumah versi Faradila.

Apa saja? Apakah sama juga di keluarga kalian? Silakan baca blogpost di bawah ini yaa untuk tau apa saja yang wajib ada di meja makan keluarga saya saat Lebaran.

1. Ketupat

Menu Khas Lebaran yang Wajib Ada di Rumah
Courtesy of FreeImages.com

Ini udah fix ga bisa ditawar lagi, pokoknya harus ada! Hahahaha. Kalau tidak ada ketupat, maka ga lebaran namanya (di Indonesia). Beda cerita kalau lagi di luar negeri. Waktu dulu, Mama sepertinya bikin lontong, bukan ketupat. Yasudahlah tidak apa-apa, yang penting menu berikutnya ada, yaituuu…

2. Opor Ayam

Ini harus ada juga. Titik. Ga ada alasan opor ayam ga ada di meja makan saat Lebaran. Saya golongan tukang makan ketupat dan opor ayam garis keras HAHAHA. Jadi memang beginilah kalau mau disebut Lebaran. Bukan baju baru yang wajib, tapi ketupat/lontong dengan opor ayam.

Ternyata nurun juga sih ke Rio, dia juga suka banget makan ketupat dengan opor ayam hahaha. Bebas sih mau opor dengan bumbu jadi seperti yang saya suka bikin dengan bumbu Indofood, atau bumbu racik dan uleg sendiri, yang penting rasanya enak 😀

Baca   Resep Opor Ayam Mudah dengan Bumbu Jadi Indofood

Menu Khas Lebaran yang Wajib Ada di Rumah

3. Sambal Goreng Ati

Ini sebenarnya hidangan khas rumah Uti saya yang paling saya suka dari semua sambal goreng ati yang ada. Rasanya tidak terlalu pedas (mohon maaf kita bukan keluarga penyuka pedas hahaha) dan juga yang paling spesial adalah atinya tidak pahit.

Saya tidak terlalu suka makan ati (kecuali pas hamil – karena harus biar HB meningkat dan bagus untuk bayi). Tapi kalau Lebaran makan sambal goreng ati di rumah Uti, langsung nambah lagiiii hahahaha.

UPDATE : Saya akhirnya nemu tempat katering yang membuat sambal goreng ati + kentang yang enak dan atinya tidak pahit! Yeay, bisa langganan nih kalau harus lebaran di rumah aja.

4. Kerupuk

Menu Khas Lebaran yang Wajib Ada di Rumah
Courtesy of Pixabay

Sahabat sejati ketupat dan opor ayam. Biar lebih berwarna dan dinamis setiap gigitan hehehe. Ini sebenernya ga picky kok jenis kerupuk apa yang harus ada. Yang penting bisa dimakan dan tidak melempem, I am super happy.

5. Kastangels!

Ini harus ada di meja kecil atau coffee table buat ngemil. Banyak maunya ya, Dil? HAHAHA. Ya memang inilah tradisi yang sudah lama ada sejak kecil. Setiap Lebaran, pasti ada kastangels di meja. Saya, adik saya, Mama dan juga tante saya semuanya ngefans sama kue kering yang satu ini. Jadi mau ga mau, pasti ada setoples, atau lima di rumah hahaha.

Baca   Jajanan Favorit Saat Lebaran

Tradisi Lebaran di Keluarga

Makanan Lainnya…

Sebenarnya masih banyak makanan lainnya, tapi semua ga wajib ada sih bagi saya untuk menyatakan bahwa fix Lebaran hehehe. Ada juga sayur labu, terus yang baru-baru ini saya suka yaitu Telur Petis ala Jawa Timur. Hmm, belum sempat mencari tempat katering yang menyediakan Telur Petis seperti di Jawa sih. Kalau ada please let me know.


Sepertinya cukup banyak ya menu khas lebaran yang wajib ada versi saya HAHAHA. Ya namanya juga hobi makan, pasti listnya banyak hihi. Kalau kalian bagaimana? Menu khas lebaran apa yang wajib ada di rumah?

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.