Finance, Review, Technology

Menabung Lebih Mudah di Ekosistem Digital blu by BCA Digital

Last Updated on July 25, 2021

Bang bing bung yuk, kita nabung! Siapa yang sampai sekarang masih rajin menabung? Jujur, saya sendiri agak susah menabung sih waktu awal nikah dan pindah rumah hehehe. Kayanya adaaa aja yang bocor halus. Tapi alhamdulillah sekarang menabung jadi lebih mudah di ekosistem digital blu by BCA Digital, apalagi untuk ibu rumah tangga.

Eits, belum kenal dengan aplikasi blu by BCA Digital? Yuk kenalan di blog post ini. Ada review jujur aplikasi blu loh di bawah. Silakan disimak ya, siapa tau aplikasi ini juga bisa membantu kalian menabung dan mewujudkan impian *tsah*. Memang #blubuatbaik deh!

Review Jujur Aplikasi blu by BCA Digital

Menabung ala Ibu Rumah Tangga Masa Kini

Jujur, menabung ala ibu rumah tangga masa kini memang agak berat. Scroll media sosial sedikit, eh jadi kepengen beli ini itu hahaha. Banyak racun yang bertebaran. Belum lagi serangan delivery makanan via ojol. Duh ada aja deh bocor halusnya.

Baca   RACUN SHOPEE ALA @FARADILADPUTRI

Padahal, banyak yang harus kita wujudkan demi masa depan keluarga yang lebih baik. Contohnya ya mulai dari menabung untuk pendidikan anak, menabung untuk renovasi rumah, menabung untuk nonton konser BTS, banyak kan ya~

Sempat berpikir apa lebih enak pakai metode amplop seperti ibu rumah tangga jaman dulu. Jadi semua uang sudah ditarik cash dan dimasukkin ke amplop-amplop atau pos masing-masing. Tapi setelah dipikir lagi, kok ribet ya jadinya nanti bolak balik ATM setiap gajian. Terus isi  dompet digital juga ribet pakai cash.

Baca   Cara Mudah Mencari Pinjaman KTA

Ternyata ada satu lagi aplikasi digital yang hadir untuk membantu kita mengelola keuangan, yaitu aplikasi blu by BCA Digital! Aplikasi blu ini adalah platform perbankan generasi selanjutnya (next-generation) yang hadir untuk memenuhi kebutuhan generasi muda, termasuk millenial mom tentunya.

Terbantu dengan Ekosistem Digital blu by BCA Digital

Saya sendiri sangat terbantu dengan ekosistem digital blu yang meskipun tidak ada kantor cabang (branchless), tapi bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Belum lagi adanya beberapa fitur yang menarik untuk mengelola tabungan serta tools untuk memonitor cashflow dan laporan keuangan. Jadi ga usah kalap siapin ini itu kalau ditanya suami, “uang belanja habis untuk apa bulan ini?”.

Baca   Tips Mengelola Keuangan Saat Pandemi Covid-19

#blubuatbaik review aplikasi blu by BCA Digital

Loh tapi kan BCA ada kantor cabangnya, kok ini ga ada? Beda ga sih BCA dengan BCA Digital?

Apa itu blu by BCA Digital?

BCA Digital merupakan anak usaha dari BCA Group yang fokus melayani segmen digital savvy melalui aplikasi mobile perbankan digital ‘blu’. Aplikasi blu sendiri adalah produk dari BCA Digital, Perusahaan BCA Group yang selalu berinovasi memberikan layanan terbaik bagi pengguna.

BCA Digital dengan blu hadir untuk tumbuh bersama anak muda Indonesia. Diharapkan aplikasi ini dapat menjadi platform enabler yang dapat membantu menata keuangan pribadi dengan optimal, termasuk cara menabung dan mengatur cashflow sehari-hari dengan ideal.

Review Aplikasi blu by BCA Digital

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan semua infrastruktur digital yang dimiliki oleh BCA, seperti call center dan jaringan ATM. Meskipun memiliki infrastruktur yang sama, tapi ternyata beda ya.

Apakah non nasabah BCA bisa mendaftar di aplikasi blu?

Bisa dong! Jadi untuk membuka bluAccount sendiri, kita tidak perlu menjadi nasabah BCA sebelumnya. Proses verifikasi (sepertinya) lebih cepat jika kita sudah menjadi nasabah BCA dan sudah terdaftar di mobile banking BCA.

Aplikasi blu sendiri menyediakan berbagai fitur inovatif, seperti pembukaan rekening bluAccount secara online dan bisa melakukan budgeting dengan 10 rekening tabungan di bluSaving. Ibarat punya 10 amplop untuk langsung budgeting di app. Jelas sangat membantu ibu rumah tangga yang anti ribet-ribet club seperti saya.

Baca   Tips Memulai Usaha di Rumah bagi Ibu Rumah Tangga

Menabung Lebih Mudah di Ekosistem Digital blu by BCA Digital

Sementara ada pula bluGether, yaitu tabungan bersama, serta bluDeposit yang memudahkan nasabah membuka deposito yang bisa di top up nominalnya. Bahkan semua jenis pembayaran, mulai dari pembayaran tagihan, top-up e-wallet, hingga pembelian paket data, bisa dilakukan dalam aplikasi blu.

Ekosistem Digital blu

BCA Digital juga tengah mengembangkan infrastruktur ekosistem digital yang terintegrasi dan mendukung keamanan serta kenyamanan operasional nasabah dalam bertransaksi. Buktinya, saya dengan sangat mudah bisa membuka rekening bluAccount hanya dalam waktu 15 menit saja dari rumah. Ada di bagian review aplikasi blu di bawah ya hihi.

Apalagi di masa yang semuanya serba digital dan sedang berada di masa pandemi, konektivitas yang luas dan lancar merupakan sebuah kewajiban. Yang paling penting sih mengurangi kesulitan untuk menjangkau kantor cabang fisik, karena kita bisa melakukan berbagai macam transaksi dan pemantauan keuangan dimana saja dan kapan saja. #blubuatbaik kan 💕

aplikasi blu by BCA digital memberikan seamless banking experience #blubuatbaik

blu memiliki ekosistem digital untuk semua aspek #blubuatbaik

Kebetulan, tanggal 22 Juli 2021 kemarin, saya ikut virtual launching aplikasi blu dan disitu dijelaskan lebih banyak tentang ekosistem digital blu. Ekosistem blu ini akan berintegrasi secara digital dengan banyak partner, merchant, mesin ATM (sudah bisa tarik uang cardless), dan juga manusia. Semua ini untuk mencapai seamless banking experience, pengalaman perbankan yang menyenangkan.

Lebih menyenangkan lagi bagi saya, katanya akan ada virtual debit cardnya sebentar lagi! Plus sudah ada kerjasama dengan Blibli x blu untuk pembayaran. Tentu banyak diskon juga dong~ Jadi penasaran kan pakai app ini?

Blibli x blu exclusive partner diskon promo #blubuatbaik

Review Aplikasi blu

Tentu saya langsung coba membuat bluAccount karena ternyata ada gratis transfer ke rekening di aplikasi blu by BCA Digital dari BCA Mobile. Setelah membaca beberapa review jujur aplikasi blu yang ada, ternyata cukup mudah untuk membuka bluAccount. Kita hanya membutuhkan :

  1. e-KTP
  2. NPWP (opsional)
  3. Koneksi yang lancar

Iya semudah itu. Tapi sebelumnya, pastikan dulu kita memenuhi syarat untuk membuka bluAccount sendiri, yaitu :

  1. Berusia minimal 17 tahun dan memiliki e-KTP
  2. Warga Negara Indonesia
  3. Tidak memiliki kewajiban perpajakan di negara lain

Tahapan yang dilakukan pertama adalah memfoto e-KTP, muka beserta e-KTP, dan juga kartu NPWP jika ada. Lalu akan ditanya apakah kita merupakan nasabah BCA dan terdaftar di mobile banking. Setelah itu, kita ditanyakan data tentang pendapatan.

Baca   Cara Membuat Kartu Keluarga (KK) Baru di Bogor

Langkah terakhir adalah tahap video call dengan tim haloblu, alias tim call center, untuk meneruskan pembukaan rekening. Harap dicatat bahwa kita bisa mendaftar kapan saja tapi untuk proses verifikasi data dengan tim haloblu dilakukan setiap hari pukul 06.00-22.00 WIB ya. Jika kita sudah menyiapkan e-KTP dan koneksi yang lancar & stabil, langsung klik Hubungi Sekarang.

Membuat rekening baru di blu by BCA DIgital - review jujur aplikasi blu by BCA DIgital

Pengalaman saya berkomunikasi dengan tim haloblu cukup menyenangkan. Informasi yang disampaikan jelas dan proses untuk meneruskan pembukaan rekening bluAccount juga super cepat. Setelah selesai verifikasi via video call, tidak sampai 5 menit dan rekening saya sudah aktif, yeay! Jadi total hanya butuh 15 menit untuk membuka rekening di aplikasi blu.

Membuat rekening baru di blu by BCA DIgital - review aplikasi blu by BCA Digital

Review Jujur aplikasi blu by BCA DIgital Menabung Lebih Mudah di Ekosistem Digital blu by BCA Digital

Bersiap-siap Menabung di bluSaving

Setelah membuka bluAccount, saya langsung ke fitur bluSaving untuk menyiapkan amplop-amplop digital yang dapat digunakan untuk menabung. Wah ternyata sangat mudah untuk membuat “amplop” atau pocket menabung di blu.

Tinggal swipe kiri ke tab Simpanan dan pilih opsi bluSaving. Kemudian tambahkan pocket bluSaving dan isi target atau goal menabung. Nah, penting banget nih karena salah satu tips agar kita getol menabung adalah membuat target jumlah nominal yang harus tercapai dan deadline atau tenggat waktunya.

Menabung di aplikasi blu by BCA Digital #blubuatbaik

Di blu, kita bisa menentukan ini dan akan langsung mendapatkan jumlah yang harus ditabung per bulan jika kita ingin mencapat target tertentu di waktu tertentu. Ini jelas membantu saya dalam menyusun pos anggaran untuk tabungan. Oiya, ada opsi untuk autodebet juga loh. Jadi dari rekening utama bluAccount, kita bisa mengatur agar langsung auto transfer ke pocket menabung di bluSavings.

Langsung deh saya isi dengan kebutuhan yang terlihat jelas yaitu pendidikan anak-anak dan renovasi rumah. Agak lumayan sih ya pas liat nominal per bulannya hahaha, tapi bismillah semoga bisa!

Baca   Personalisasi Rumah dengan AvatarOn dari Schneider Electric

Review Aplikasi blu - Menabung Lebih Mudah di Ekosistem Digital blu by BCA Digital

Mungkin kalau sudah terkumpul agak banyak, saya akan membuka bluDeposit, yang merupakan deposito berjangka dengan setoran minimal 10 juta. Asik banget ya bisa membantu orang untuk menabung kapanpun dimanapun.

Pusing ga sih nanti soal pencatatannya? Oh tentu tidak. Aplikasi blu juga menghadirkan Tracker yang dapat melihat cashflow, pemasukan serta pengeluaran bulanan. Plus ada riwayat transaksi yang memudahkan kita untuk me-review kembali kemana uang kita pergi.

Menabung Lebih Mudah di Ekosistem Digital blu by BCA Digital

Bagi yang ingin mencoba fitur-fitur yang sangat membantu keuangan sehari-hari ini, bisa langsung download aplikasi blu by BCA Digital di Playstore maupun App Store. Jangan lupa juga untuk memakai kode referral

FARADZWKD

Kemarin ada teman yang pakai dan mendapatkan saldo Rp. 25.000,- (S&K berlaku) loh!

kode referral blu by BCA Digital review jujur aplikasi blu by BCA DIgital

Yuk coba menabung dengan mudah di ekosistem digital blu by BCA Digital. Atau ada yang sudah duluan menabung nih? Leave your comments down below! 😉

RELATED POST

46 Comments

  1. Waaah jadi pengen coba. Apalagi ini banknya BCA. Sejauh ini cocok dengan BCA. Terima kasih review nya yaaa.

  2. Iya Kak, sama-sama 🙂 Btw ini masuknya Bank BCA Digital. Enaknya sih transfer kesini via BCA Mobile gratis. Jadi bisa lebih mudah buat rekening tabungan buat nyimpen uang hehe

  3. blu ini Pilihan Generasi Milenial banget nih, jadi makin bersemangat menabung di aplikasi blu.

  4. Iya moms, aplikasi blu emang solusi terbaik buat nabung untuk zaman digital seperti sekarang. Terakhir suka nabung dulu waktu kuliah, tapi sejak pake blu alhamdulillah udah bisa konsisten nabung lagi. Hihi

  5. Solusi nabung praktis masa kini ya, gak perlu repot dan semua informasi serta layanan ada di satu aplikasi aja, inovatif

    1. Wah berarti sama dengan saya mbak di tanggal dan bulan yang sama, dulu mau punya rekening BCA seperti mimpi karena jauh . Pas ajukan aplikasi langsung ditelpon dan akun aktif plus banyak fitur buat atur finansial dan bisa melej finansial meski saldo belum banyak..

  6. Seperti nya mudah nih cara daftarnya ya. Selama ini aku tuh paling males klo disuruh keluar trus antri di bank. Klo on-line begini pasti lebih nyaman ya

  7. Cepet banget ya daftarnya, gak sampai 5 menit. Online pula jadi gak repot2 antri nunggu panggilan cs

  8. iya nih mbaa.. menyenangkan memang yaa punya aplikasi yang simpel dan serbaguna gini. jadi hemat juga ga perlu instal aplikasi lain untuk sekadar atur cashflow

  9. Hastira says:

    makasih infonya

  10. Aku pakai blusaving karena ngga ribet mau nabung nggaperlu buka rekening banyak2 hehe. cukup di blu aja mau itu tabungan pendidikan, kesehatan, sampai senang2

  11. aku penasaran banget nih sama fitur-fitur pengolahan dan pemisahan tabungan di BLU by BCA digital ini, jadi kan kita bisa atur2 berbagai jenis tabungan dalam 1 apps aja nih ya. Apalagi aku juga udah jadi nasabah BCA, jadi biar makin praktis aja nih urus2 tabungan

  12. Fenni Bungsu says:

    Membaca artikel ini membuat daku senang, karena meski tidak punya rekening BCA tetapi bisa mendaftar untuk memiliki akun Blu, jadinya lebih memudahkan

    1. Inovasi dri BCA sih ga pelru diragukan lagi ya mba…
      Jujur baru tau nih ada blu digital begini, memudahkan bgt yaa…makasih infonya

  13. Waaah samaan nih kak pakai blu
    Enak banget ya fitur2nya. Mana daftarnya cepet tapi sistem keamanannya terjaga

  14. Hepi banget kalau semakin memberikan kemudahan begini ya Mba Fara. Ak jadi pengen download BLU juga

  15. Ira Paranita says:

    Semakin kesini makin banyak kemudahan ya MB Fara, aku tertarik untuk coba juga 😍

  16. Toss.. samaan kita mbak, aku juga udah daftar jadi sobatblu. emang blu ini membantu ibu rumah tangga banget ya. jadi bisa mengalokasikan tabungan sesuai kebutuhan dengan satu aplikasi aja.

  17. Menariknya, blu ini platform perbankan generasi selanjutnya .. kita bisa belajar mengatur keuangan juga. Hm …. menarik.

  18. Sekarang metode amplop udah upgrade jadi amplop digital, hihihi
    Blu bagus nih adaptasinya punya banyak kantong di 1 rekening, jadi ga usah bikin rekening bank lain

  19. Wow jadi untuk memudahkan transaksi dibuatlah infrastruktur ekosistem digital yang terintegrasi ya kak. BCA memang totalitas banget dengan BCA Digital nya

  20. Ok, jadi blu by BCA ini beda dari tab BCA yg regular yaa. Krn selama ini aku ga pernah mau buka BCA, Krn ada biaya admin dan fee trf mba. Sementara rek ku di HSBC free segalanya. Tapiiii kalo yg blu ini bisa free admin dan trf, aku mau aja untuk buka. Soalnya aku memang free-fee minded banget :D.

    Menarik sih, rek savingnya lumayan juga utk interest. Bisa lah utk target travelingku :D.

  21. Menohoook bangian bocor alus terutama delivery makanan via ojol, apalagi kalau ada promo yakaaan hahahaduuuh.

    Ku juga instal blu dr BCA Digital ini, seneng banget seakan ketemu sama jodoh karena pas banget kok memenuhi kebutuhan saat ini. Terutama tracker sama blusavingsnya sih, pun cukup dari satu aplikasi saja 😀

    1. Eits, ketemu lagi si- biru di.sini. Cara gampang, efesien dan efektif menabung zaman now.
      Proses daftarnya juga cepat. Hm, betul-betul memanjakan ini.

  22. memang aplikasi blu by BCA Digital ini recommend mbak
    dengan bluSavingbini menabung makin mudah

  23. Artha Nugraha Jonar says:

    Praktis banget pakai aplikasi blu. gak perlu bawa kartu atm lagi ke mana-mana. Mau transfer ke bank lain juga biayanya gratis. aku juga udah pakai aplikasi blu kak

  24. Rencana mau kurban tahun depan, bisa patungan mudah di bluGether aja ya.
    Mantap banget deh ini blu by BCA Digital. Aplikasi rekening jaman now

  25. Keren ya jadi semudah ini nabung. Jadi beneran kita ga perlu pake kartu buat tarik ATM? Duh jadi penasaran juga biaya bulanannya berapa 😀

  26. dengan blu BCA ini Ibu Rumah Tangga pun bisa jadi lebih mudah menabung yaa Mbak, mengontrol keuangan pun juga bisa lebih mudah ya, bebas biaya admin dan transfer pula ya. Mantab nih 🙂

  27. Sangat mudah banget untuk menyiapkan tabungan masa depan menggunakan Blu By BCA Digital ini ya kak. Karena kita bisa menentukan target jumlah tabungan dan jumlah pos yang kita inginkan. Jadi no ribet-ribet harus masukin amplop buat posting uang or harus ribet buka tabungan banyak hanya untuk saving

  28. Aplikasi yg mantep banget nih. Buat mommy digital kudu banget melek sm begini. Biar bs atur budgeting plus kemudahan dlm berbagai transaksi.

  29. Mau tak mau di jaman now kita butuh akses ke -perbankan secara mudah ya dan blu mampu memberikan kemudahan itu.

  30. Visya says:

    Wah ini semacam ewallet nya BCA yah mbak? Emang BCA itu dipakai banget banyak warga Indonesia ya 😀

  31. Bahkan bisa autodebet ke bluSaving tiap bulannya. Kalau begitu, namanya beneran dipaksa nabung sih. Biar impian dan target kita beneran bisa dicapai dengan baik.

  32. Dengan adanya Aplikasi Blu by BCA sangat memberi kemudahan dalam bertransaksi apalagi saat pandemi begini emamg lebih baik smua dilakukan online yaa

  33. Eka duwi handayani says:

    Ini tuh fitur baru dari BCA ataukah anaknya BCA ya? keren banget progtam digitalnya lebih efisien dan mudah dipahami

  34. Nur Asiyah says:

    Blu memang jadi inovasi yang menyenangkan di masa pandemi yang kebangun kudu di rumah saja. Pengguna BCA pasti merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini.

  35. Nur Asiyah says:

    Blu memang jadi inovasi yang menyenangkan di masa pandemi yang menghabiskan waktu di rumah saja. Pengguna BCA pasti merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini. Apalagi aplikasi ini memiliki banyak fitur oke.

  36. Ngebantu banget aplikasi ini yaa kreatif emang BCA layanan paling kumplit dan menyeluruh ibarat toko serba ada gt 🙂

  37. Canggih banget niih…
    menggunakan blu dari BCA Digital, kita bisa langsung menetapkan goal keuangan dan menabung.
    Aaiih…aku mau doonk…ikutan menabung di BLU.

  38. Cocok banget ya blu By BCA ini buat IRT, lebih praktis, mudah, dan saya suka fitur blusaving yang bisa lebih teratur dalam mengelola keuangan

  39. Nggak perlu ragu lagi untuk download aplikasi ini mba. Bagus dan fitur fiturnya lengkap. Selain itu juga aman untuk digunakan

  40. keren ya BCA sekarang ada tabungan digital juga dengan sistem banyak rekening begini. pastinya membantu banget dalam pengelolaan keuangan

  41. Nggak ribet-ribet amat ngurusnya ternyata

  42. sekarang tuh makin banyak bank digital ya mbak. aku tertarik banget pengen buka account juga di sini secara kan BCA itu terkenal dengan bank dengan keamanan yang paling oke di antara yang lain.

  43. Saya baru tahu kalau blu BCA itu adalah anak perusahaan BCA. Selama ini pakai internet bangking BCA sangat memudahkan. Apalagi hadirnya Blu BCA ini sangat membantu untuk proses bangking dan deposito juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.