Event, Health, Tips

Melawan Penyakit Diabetes dan Pre-diabetes dengan #LiveHealthierLives

Seberapa kenalkah kalian dengan penyakit diabetes? Saya termasuk yang agak awam soal diabetes, padahal Indonesia menjadi negara peringkat ke-enam dengan jumlah penyandang diabetes terbesar di dunia. Alhamdulillah, saya mendapatkan kesempatan untuk menggali ilmu tentang diabetes bersama dengan Sun Life Indonesia dalam rangka World Diabetes Day atau Hari Diabetes Dunia yang diperingati setiap tanggal 14 November. Di acara tersebut, kita dibekali dengan pengetahuan untuk melawan penyakit diabetes dan pre-diabetes dengan #LiveHealthierLives ala Sun Life.

Melawan Penyakit Diabetes dan Pre-diabetes dengan #LiveHealthierLives

Sesuai dengan kampanye untuk mendukung masyarakat Indonesia Live Healthier Lives, Sun Life Indonesia membantu meningkatkan pemahaman dan kepedulian terkait diabetes kepada media dan juga blogger yang hadir. FYI, Sun Life Financial Asia juga telah merilis laporan Diabetes in Asia: Empowering communities to lead healthier lives loh.

Acara yang diselenggarakan di kawasan Kuningan, Jakarta ini menghadirkan Bapak Kaiser Simanungkalit selaku VP Brand & Communication Sun Life Indonesia, dr. Dante Saksono Sp.PD, PhD selaku Spesialis Kelenjar (Endokrinologi) dari RSCM, Bapak Ananto Pambudi selaku Senior Manager Corporate Communications Sun Life Indonesia serta Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono selaku duta Kampanye #LiveHealthierLives.

Baca Kiat-kiat Makan Sehat untuk Generasi Milenial

Melawan Penyakit Diabetes dan Pre-diabetes dengan #LiveHealthierLives

Kaiser Simanungkalit selaku VP Brand & Communication Sun Life Indonesia
Bapak Kaiser Simanungkalit selaku VP Brand & Communication Sun Life Indonesia

Apa saja ilmu yang didapat dan apa kontribusi Sun Life Indonesia untuk kesehatan fisik sekaligus finansial kita? Silakan baca lebih lanjut dibawah ini ya.

Mengenal Pre-Diabetes Sebelum Terjadi Diabetes

Hal tersebut adalah pesan yang disampaikan oleh dr. Dante. Kita harus aware dan sadar dengan kondisi badan. Kita juga perlu aware tentang tanda-tanda mengidap pre-diabetes, karena apabila tidak ditangani segera, akan dengan cepat berubah menjadi penyakit diabetes. Penyakit diabetes inilah yang dapat menjadi pintu gerbang untuk penyakit kronis lainnya, bisa sampai kelumpuhan dan kematian. Sereeem yaa…

dr. Dante Saksono Sp.PD, PhD
dr. Dante Saksono Sp.PD, PhD

Apa itu pre-diabetes? Jadi pre-diabetes sendiri adalah kondisi menuju diabetes. Jadi belum sakit diabetes, namun hasil pemeriksaan gula darah sudah menunjukkan angka yang cenderung tinggi. Ternyata, pengidap pre-diabetes sendiri 6 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan pengidap diabetes.

Penyakit Diabetes dan Pre-diabetes

Kalau diabetes sendiri adalah kondisi tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi. Sehingga gula tidak bisa digunakan sebagai sumber energi sel dan menumpuk di aliran darah. Hasilnya, sel akan kelaparan dan ini yang bisa menjadi berbagai macam penyakit.

Oiya, diabetes ini dapat dibagi menjadi diabetes tipe 1 dan tipe 2 ya. International Diabetes Federation (IDF) Atlas 2017 melaporkan bahwa epidemi diabetes di Indonesia masih menunjukkan kecenderungan meningkat, khususnya diabetes tipe 2. Menurut WHO, Jika tidak segera ditanggulangi, maka diperkirakan ketika puncak demografi terjadi pada tahun 2030, sebanyak 21,3 juta orang Indonesia mengidap diabetes tipe 2.

Ada beberapa orang yang berisiko terkena diabetes, beberapa diantaranya karena :

  • Etnis tertentu – telah dilakukan stud genetik bahwa suku yang paling banyak terkena diabetes adalah Manado disusul dengan Ternate. Namun ternyata setelah dilakukan pengujian, ternyata selalu ada gen diabetes di orang Indonesia, regardless of race.
  • Berat badan yang berlebih, terutama lingkar pinggang. Lingkar pinggang lebih dari 80 cm juga sudah merupakan resiko
  • Akivitas fisik yang kurang
  • Diet yang tidak seimbang
  • Resiko keturunan – Kalau salah satu ibu atau bapaknya nya terkena diabetes maka ada resiko 30% kita akan terkena juga. Kalau salah satu ibu atau bapak terkena diabetes di usia kurang dari 40 tahun, resikonya menjadi 50%. Kalau kedua ibu dan bapak menderita diabetes, resikonya menjadi 80%.

Baca Tips Menurunkan Berat Badan untuk Ibu Sibuk

Gejala Diabetes

Gejala Diabetes

Dampaknya kalau ada yang sakit, tidak hanya mempengaruhi si penderita saja. Namun sekeluarga juga merasakannya. Kelly juga bercerita bahwa dia ingin sehat karena sedih melihat kakeknya sakit-sakitan. Benar-benar deh penyakit mengurasan keadaan finansial maupun emosi keluarga sekitar huhuhu.

Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono
dr. Dante, Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono

Bahkan juga bisa berdampak pada perekonomian nasional. Elin Waty, selaku Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia menyatakan “Penyakit diabetes tengah menjadi ancaman kesehatan global, yang jika tidak segera ditangani secara serius, akan mengakibatkan pada rendahnya kualitas generasi bangsa, serta kerugian ekonomi yang signifikan”. Pada 2018 sendiri, BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan telah menggelontorkan dana Rp6,1 triliun untuk pengobatan penyakit diabetes. Cukup banyak yaa, berarti sudah mulai saatnya untuk melawan penyakit diabetes dan pre-diabetes!

Satu lagi, orang Asia ternyata lebih tinggi kemungkinan terkena diabetes, terutama diabetes tipe 2. Karena ya ada perubahan lifestyle, input nutrisi dan juga perkembangan ekonomi. Nah sekarang lebih sering order makanan online kan ya dibanding 5-10 tahun yang lalu? Jadi mulai sekarang yuk perhatikan gejala dan belajar cara menanganinya.

Melawan Penyakit Diabetes dan Pre-diabetes dengan #LiveHealthierLives

Live Healther Lives dengan Pola Hidup yang Sehat

Tentu kita ingin selalu hidup sehat, agar bisa melihat anak cucu main yaaa. Hal ini yang dilontarkan Ibnu Jamil, dia ingin terus tetap sehat sampai tua. Pokoknya tetap sehat terus sehingga keluarga tidak perlu khawatir dan merasakan kesedihan melihat kita sakit.

Nah, ada beberapa tips untuk mencegah agar penyakit kronis, termasuk diabetes, jauh-jauh dari masa depan kita, yaitu :

  • Check berkala itu penting. Silakan periksa gula darah secara rutin.
  • Olahraga yang rajin dan rutin. Kenali badan sendiri dan tentukan olahraga mana yang cocok.
  • Be a smart eater. Pilih jumlah makanan dan isi makanan yang sehat.
  • Beli proteksi atau asuransi kesehatan. Kalau masih sehat lebih mudah untuk mendapatkannya, menurut Bapak Ananto.

Ananto Pambudi

Selain sehat secara fisik, kita juga harus sehat secara finansial dong. Jangan sampai nanti keuangan keluarga yang dikorbankan kalau kita (amit-amit) terkena penyakit kronis ini. Makanya mulai sekarang harus lebih aware. Pre-diabetes bisa disembuhkan kok dan bisa tidak sampai tahap diabetes. Untuk penderita diabetes juga bisa panjang umur dan sehat dengan menjaga pola pengobatan.

Salah satu upaya Sun Life Indonesia dalam membantu meningkatkan pemahaman dan kepedulian terkait diabetes adalah melalui aktivitas Sun Life Virtual Charity Run dan juga Resolution Run 2020. Melibatkan para duta kampanye ‘Live Healthier Lives’: Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono, Sun Life mengajak lebih banyak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam gerakan kolektif melawan penyakit diabetes, #TeamUpAgainstDiabetes.

Melawan Penyakit Diabetes dan Pre-diabetes dengan #LiveHealthierLives

Berbagai kegiatan juga sudah dilakukan loh, termasuk acara ini dan juga berbagai acara edukasi lain di masyarakat, khususnya ke komunitas ibu dan pelajar usia sekolah dasar. Karena para ibu dan anak-anak adalah tonggak masa depan Indonesia. Jadi pastikan mereka sudah teredukasi dengan baik. Jadi dari awal sudah sehat fisik dan juga sehat finansial 😀

Sun Life Resolution Run 2020 untuk Melawan Diabetes

Sun Life juga ingin menginspirasi dan memotivasi berbagai generasi untuk meraih resolusi hidup yang lebih sehat. Maka hadirlah Resolution Run Indonesia yang merupakan ajang lomba lari dengan tujuan untuk menggalang donasi.

Baca Mudah Galang Dana Online dengan Peduli Sehat

Tahun depan, ajang lari ini diselenggarakan pada tanggal 12 Januari 2020 di ICE BSD City, Tangerang Selatan. Oiya, selain di Indonesia, kegiatan ini juga dilaksanakan di Filipina, Hong Kong, Malaysia dan Vietnam loh. Ada lomba mulai dari 5K, 10K dan juga ada 1.5K family run.

Kalau kita ikut, kita akan mengambil bagian dalam gerakan hidup yang lebih sehat, sekaligus melawan diabetes. Karena seluruh  dana yang terkumpul dari registrasi akan didonasikan untuk menanggulangi diabetes. Untuk info lebih lanjut bisa langsung meluncur ke situs http://www.resolutionrunindonesia.com/ yaa atau bisa pantengin instagram Sun Life di @sunlife_id.

Thank you Sun Life Indonesia for giving me more knowledge and initiating a good campaign to team up and fight against diabetes. Semoga banyak ilmu tentang melawan penyakit diabetes dan pre-diabetes ala Sun Life #LiveHealthierLives. Thanks for reading!

 

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.