Family, Parenting, Products, Tips

Tips Menyewa Perlengkapan Bayi dan Anak

Hai hai semua! Sudah lama tidak menulis lagi, membagikan tips and trick disini. Now, I’m back! Semoga selalu istiqomah dalam mengisi blog ini dengan berbagai hal yang bermanfaat yaaa <3 Oiya, sekarang saya akan ditemani oleh bitmoji lucu ini yang mencerminkan diri saya hahaahaha.

Bagi yang suka liat instagram saya (jangan lupa follow!) hahaha, pasti tau saya beberapa kali suka menyewa perlengkapan bayi. Seperti yang sudah saya jabarkan di akun instagram saya, beberapa alasan saya lebih memilih untuk menyewa perlengkapan bayi kurang lebih adalah karena alasan saya dan suami tidak mau beli perlengkapan bayi dengan nominal yang tidak murah secara dadakan atau buru-buru. Yang ada kalau ga cocok di kita dan Rio, malah nganggur kan mubazir ya. Preloved suka susah juga kalau si konsumennya ga jodoh (kaya rumah aja ya hahaha).

Kita bisa merasakan langsung seperti apa punya perlengkapan yang disewa di kehidupan sehari-hari. Kita berdua bisa tau plus minusnya plus cara menggunakannya yang menyesuaikan kondisi harian kita. Terus akhirnya kita bisa benar-benar berpikir, perlukah membeli atau lebih baik sewa saja? Apakah ini kebutuhan atau keinginan karena teracuni ibuk bapak lainnya lol belaka? Berhubung Rio adalah anak pertama, kadang kita memutuskan untuk membeli sesuatu setelah menyewanya selama satu hingga dua bulan, seperti infant car seat.

Selain itu, beberapa teman saya menyewa mainan seperti mini playground karena memang terlalu besar dan takes up so much space in the house. Bisa-bisa ga cukup buat barang lainnya hahahaha. Nanti kalau anaknya bosen main itu, kan agak ribet mau nyimpen dimana. Lagian kadang kita hanya membutuhkan barang itu hanya sebentar saja dan/atau kita tidak ada budget untuk membeli barang tersebut. Masih ada prioritas lain seperti imunisasi yess(atau beli Dum Dum Thai Tea wkwk)?

Baca Perlukah Imunisasi & Vaksinasi? 

 

Menurut pengalaman dan pengamatan, beberapa barang yang sering disewa oleh saya dan teman-teman adalah :

  • baby cot
  • carsear
  • stroller cabin size atau untuk travelling
  • mainan skala besar seperti mini playground
  • mainan/barang yang diperlukan di usia tertentu (pushwalker, boostersear, pagar anak, earmuff, dll)

Sekarang saya akan bagikan beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum, sesaat dan sesudah menyewa perlengkapan bayi. Here goes!

SEBELUM MENYEWA

  • Buat daftar perlengkapan barang beserta merk yang ingin disewa sehingga tidak bingung. Perlengkapan bayi itu banyak jenis, model dan merk saudara-saudara hahahaha.
  • Tentukan durasi atau lamanya kita akan menyewa barang tersebut.
  • Cari tempat sewa perlengkapan bayi yang dekat dengan lokasi tempat tinggal. Hampir semua tempat persewaan membebankan ongkos kirim ke konsumen. Makin jauh dan makin besar barang, tentu akan makin mahal.
  • Perhatikan harga sewa. Jika harga sewa dikalikan dengan durasi peminjaman = harga beli yang baru, mendingan beli aja ahahaha.  Oiya perhatikan harga sewa dengan jenis barang ya apakah sesuai dengan barangnya atau tidak. Jangan sampai sewa breastpump seharga 300rb/bulan. Kalau buat mini playground ya bolehlah hihi.
  • Perhatikan syarat menyewa barang dari pihak persewaan. PLEASE READ CAREFULLY. Kalau cocok, baru deal ya hihi. Menurutku ga ada salahnya kita komunikasi mengenai kesediaan dan ketentuan peminjaman barang sebelum kita bertransaksi so we know what to deal with. Jangan lupa tanyakan apakah dibersihkan terlebih dahulu sebelum barang sampai ke tangan kita beserta metode membersihkannya.

SAAT MENYEWA

  • Ketika barang sampai, check kondisi barang dan jangan lupa FOTO FOTO. Foto dus beserta barangnya sehingga kita ada dokumentasi. Pastikan apakah barang sesuai dengan kesepakatan awal dan berfungsi dengan baik. Jaga-jaga ada yang lupa atau ada bagian yang rusak, maka bisa langsung segera dikomunikasikan ke pemilik persewaan bayi.
  • Bersihkan atau sterilkan dulu barang sewaan ketika datang. Terlepas dari sudah dibersihkan di lokasi penyewaan atau belum, tetap kita harus menjaga kebersihan barang yang dipakai bayi dan anak-anak kita, betuuul?
  • Jika anak senang bermain atau menggunakan barang tersebut, jangan lupa foto dan kirim/post dokumentasinya. Sharing is caring, right? 😉
  • Ingat batas waktu tanggal sewa, jangan sampai over ya!
  • Use it with care. Meskipun itu bukan barang kita, tapi yang meminjamkan sudah cukup percaya kan ya dengan kita untuk merawat barang tersebut seperti punya kita sendiri. Jangan jorok-jorok juga yaa, jika ada tumpahan makanan ya langsung dibersihkan.

SETELAH MENYEWA

  • Pastikan semua barang sewaan beserta dusnya lengkap dan tidak hilang.
  • Bersihkan barang jika ada noda, pastikan kita mengembalikannya seperti dalam kondisi kita menerima barang tersebut. Makanya penting yes foto-foto barangnya dulu pas datang.
  • Atur jadwal pengembalian dengan pemilik rental barang bayi. Saya kadang suka antar ke rumahnya sendiri kalau jadwal memungkinkan, makanya cari yang dekat-dekat aja hihi.

Sekian tips dari saya, nanti cerita dan pengalaman saya menyewa perlengakan bayi di Bogor akan segera saya bahas ya! Plus dimana saja tempat rental perlengkapan bayi di Bogor (biar lebih afdol kasih infonya sekalian yes). Thank you for reading!

RELATED POST

1 Comment

  1. terima kasih min
    kren program nyaa
    bisa dari luar daerah juga min?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.