Review, Shopping, Technology

Pengalaman Menggunakan Paxel, Pengiriman Paket Sameday Delivery

Hello hello! Saya mau membagikan pengalaman saya nih dalam kegiatan kirim mengirim barang. Biasanya kan saya menggunakan jasa pengiriman yang butuh lebih dari 1 hari untuk mengirimkan suatu barang. Nah, hal ini menjadi masalah ketika saya butuh sesuatu dengan cepat alias I need to have that in the same day.

Kenapa tidak langsung belanja keluar? Yaa kadang saya tidak bisa keluar rumah jadi tentunya saya harus belanja online. Selain itu, kadang harganya online jauh lebih murah hehehe betul? #emakhemat. Posisi saya di Bogor membuat pilihan saya terbatas untuk mendapatkan barang dengan metode same day delivery. Tapi semua itu berubah ketika Paxel hadir!


Apa itu Paxel?

Paxel adalah startup logistik berbasis aplikasi yang mengusung layanan same day delivery dengan ongkos kirim flat. Pada acara Blogger Gathering bersama Paxel, salah satu co-founder Paxel, Johari Zein, menjelaskan bahwa tujuan dibuatnya Paxel adalah agar online shop bisa hidup. UKM bisa lebih sukses karena memiliki service same day delivery dengan biaya yang lebih murah.

Bedanya apa dengan pengiriman lainnya?

Paxel tidak menggunakan tarif berdasarkan kilogram tapi menggunakan sebuah tarif flat yang disesuaikan berdasarkan ukuran (panjang x lebar x tinggi). Selain itu, Paxel juga dapat mengantarkan barang dalam waktu kurang dari 8 jam di wilayah Jabodetabek. Harga dimulai dari Rp. 18.000,- (Jabodetabek) dan Rp. 25.000,- (Jakarta-Bandung and vice versa) untuk mengirim paket berukuran small yaitu 20 x 11 x 7 cm.

Paxel juga mempermudah para OLS dan UKM untuk mengirimkan barang. Pengirim tidak perlu repot menunggu resi dari kurir. Kalau memakai Paxel, kurir atau yang disebut Hero, akan datang untuk mengambil barang dan resi langsung ada ketika kita mensubmit order. Semuanya real time dan mudah terlacak.

Baca Lima Inspirasi Baju Lebaran Elegan

Wah menarik! Apa saja servis dan fasilitas yang ada di Paxel?

Selain keunggulan sameday delivery service, Paxel juga menerapkan “Your Package, Your Rules” yang artinya waktu antar jemput paket bisa diseusikan dengan jam yang kita inginkan. Ada juga fitur Pick Up and Smart Locker yang memudahkan kita dan Paxel untuk mengantarkan barang.

Bapak Bryant Christianto
Bapak Alex Zulkarnaen
Ibu Indah

Beberapa fitur lain yang dijelaskan oleh Bapak Bryant Christanto, Bapak Alex Zulkarnaen dan Ibu Intan  adalah :

  • 7 Days a week (including public holidays)
  • Real time tracking
  • ePOP dan ePOD
  • Proactive notification
  • Web & Mobile App (IOS & Android)
  • API Middleware
  • 1 Day Claim Process
  • Cash on Delivery Service
  • On Demand Packaging

Selain itu, Paxel mempunyai values :

  • No Cancel
  • Prefered Time Slot
  • Flat Price
  • No Distance & Weight Limit
  • Money Back Guarantee
  • Free Insurance up to 10 Millon IDR

Jelas kan mengapa aplikasi ini masuk ke dalam kategori life changing bagi saya? Saya bisa mengirim dan menerima barang dengan cepat dari seluruh kawasan Jabodetabek. Malah nanti bisa kirim ke Bandung, Solo, Jogja dan 20 kota lainnya di Indonesia. Jadi kalau suatu hari ngidam makan Gudeg Solo, eh bisa langsung makan malam pakai itu hehehe. Distance doesn’t mean a thing!

Eh tapi awalnya saya ga percaya loh bisa kirim paket dalam waktu kurang dari 8 jam. Makanya saya mencoba untuk mengirim dan juga menerima paket. Ya semacam testing user experience. Ternyata pengalaman saya dengan Paxel itu…

Pengalaman Mengirim Paket dengan Paxel

Sebelum mengirim, pastikan sudah menginstall aplikasi Paxel dan mengisi credits. Bagi yang langsung mau credits, bisa pakai kode faradiladputri untuk langsung dapet Rp. 100.000,- secara gratis! Setelah terisi credit yang cukup, maka waktunya untuk mengirim paket.

Sejauh ini, proses input alamat pickup dan alamat tujuan cukup mudah. Jangan lupa untuk menginput kode pos untuk memudahkan pemilihan lokasi, ini penting!

Setelah memasukkan data diri, data penerima, ukuran paket dan jenis paket, maka paket kita siap diambil Paxel Hero! Akan ada jam perkiraan pengambilan paket dan para Paxel Hero ini selalu on time. Jadwal pengambilan paket saya kemarin dari jam 10 hingga jam 12 siang. Paxel Hero datang jam 10.30 yeay! Ada juga perkiraan jam penerimaan paket yang juga on time. Ternyata paket saya sampai ke Tangerang Selatan jam 17.30. Top banget, benar-benar dibawah 8 jam!

Baca Drive Home Expo 2018; Liat Mobil & Rumah Sekaligus!

Bagaimana saya tau paketnya sampai on time? Tracking system Paxel ini sangat detail dan akurat. Liat deh sampai hal-hal kecil kaya nama kurir terlihat jelas. Semua ini automatis ada di aplikasi Paxel. Jadi ga usah ribet nunggu-nunggu resi dan deg-degan paketnya nyangkut di suatu tempat.

Bagi yang tidak terampil dalam kegiatan bungkus membungkus, jangan khawatir! Nanti barang kita akan di packing ulang dengan lebih apik (dengan plastik Paxel maupun dus) oleh Paxel Hero di Paxel House. Kemarin saya mengirim barang hanya di packing dengan bubble wrap dan goodbag kecil, eh ternyata masing-masing barang di wrap lagi dan ditambah plastik. Thank you Paxel!


Pengalaman Menerima Paket dengan Paxel

Saya juga mendapatkan paket dari kawasan Jatinegara ke rumah saya di Bogor. Lagi-lagi paket datang dalam waktu kurang dari 8 jam. Paket saya diambil di Jatinegara jam 15.30 dan sampai di Bogor kam 20.15. Yesss totalitas banget kan ya malam-malam ke rumah.

Kalau kita ga ada di rumah, paketnya dibawa kurir dong? Nope. Paxel Hero tidak diperbolehkan membawa paket pulang. Semua paket jika harus menginap (karena pickup sore atau malam hari) akan diinapkan di dalam loker Paxel. Lebih aman kan?

Ngomongin keamanan, ternyata Paxel juga menyediakan foto penerima dan TTD penerima. Jadi kita tau siapa yang menerima paket kita secara langsung. Darimana kita tau semua data ini? Via aplikasinya tentu. What an awesome feature!


Will I use Paxel in the future? DEFINITELY! Jenis ekspedisi seperti ini baru ada di Indonesia dan saya langsung merasakan manfaatnya. Mungkin ada yang bilang harganya agak mahal, well a lot of people are willing to pay more to get faster delivery services. Terutama untuk barang yang sangat dibutuhkan dalam waktu cepat.

Bapak Johari

Sesuai dengan tujuan didirikannya Paxel yang dijelaskan oleh Bapak Johari, yaitu untuk mencari berkah dan mengantarkan kebaikan, Paxel benar-benar bisa melakukan kedua hal itu. Buktinya, pada acara Blogger Gathering kemarin, diundang juga dua pegiat bisnis yaitu Mbak Lian dan Mbak Nita yang berjualan makanan frozen dan usaha jasa titip. Mereka merasakan kemudahan dalam mengirimkan barang-barang jualannya dengan Paxel. Yang awalnya mengalami kendala untuk mendapatkan jasa pengiriman yang cepat, sekarang malah bisa mengirimkan barang dari Tangerang ke Depok dalam beberapa jam saja. Semua dagangan, termasuk makanan dan frozen food aman (asal tahan minimal 8 jam tanpa menjadi basi).

Baca Resep Roti Gulung Nugget Tomat – Snack ala So Good

Para seller OLS yang menggunakan Paxel

Selain bisnis, ternyata Paxel juga passionate dalam membantu gerakan sosial. Contohnya adalah kerjasama Paxel dengan Rumah Harapan milik Ibu Valencia. Paxel membantu mendistribusikan barang secara gratis ke daerah yang terkena bencana beberapa saat yang lalu. Sekarang juga, jika kalian ingin mengirimkan barang donasi ke Rumah Harapan pakai Paxel, biayanya gratis! Masya Allah, saling gotong royong untuk membantu sesama ya. What a dedication! 

Ibu Valencia, dari Rumah Harapan

Harapan untuk Paxel?

  1. Berharap lebih banyak kota yang dijangkau oleh Paxel untuk layanan same day delivery! Sekarang PAxel sudah hadir di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Jogjakarta dan Solo. Dalam waktu dekat akan melebarkan sayap ke Surabaya dan Malang. Dengar-dengar target pertengahan 2019, sudah ada 20 kota di Indonesia yang disambangi oleh Paxel, yeay! I can’t wait!
  2. Bekerja sama dengan e-commerce yang ada. Penting loh kalau butuh suatu barang dengan cepat!
  3. Bisa lebih murah harganya hahaha. #namanyajugausaha

Nah siapa yang tertarik untuk mencoba Paxel? Nikmati kemudahan dan kecepatan jasa ekspedisi logistik ini. Ga akan nyesel deh 🙂 Kalian juga ga akan nyesel memakai kode faradiladputri karena akan ada Rp. 100.000,- GRATIS! 

Bagi yang sudah coba, bagaimana pengalamannya? Silahkan cerita di bagian komen dibawah ini ya. Thanks for reading guys! 🙂

You may also like...

17 Comments

  1. Keren banget Paxel ini. Bisa kirim barang langsung ke penerima. Maksimal 8 jam aja ya! Harganya juga flat. Cocok buat yang suka kirim barang tapi kebentur jarak yang jauh. Soalnya harganya flat!

  2. Yang saya senang dari Paxel ini, tiap kita mau kirim barang langsung ada resinya dan mudah dilacak, keren Paxel

  3. Paxel kayaknya bakal menggeser semua ekspedisi lainnya.
    Keren banget pelayanannya.
    Bermanfaat banget buat semua orang khususnya pebisnis online 🙂

  4. waah tanda tangan penerimanya lewat hp juga, keren amat sih paxel. aku jadi gak sabar nunggu dia launching di Jogja akhir november besok. Penasaran sama same day deliverynya 🙂

  5. Cepet banget, kurang dari 8 jam udah sampe. Pembei bakal kesenengan kalau kayak begini

  6. a lot of people are willing to pay more to get faster delivery services..
    suka dengan ini, kalau cepet meski bayanya lebih kenapa enggak, ye kan?
    Same day service, flat lagi..
    Keren Paxel!

  7. Daku suka banget dengan pengiriman panel karena ternyata lebih cepat dari estimasi, hehe

  8. Sangat sangaat sangaaat memudahkan UKM ini! Di zaman yang apa2 ingin serba instan dan cepat, Paxel memenuhi itu semua. Sayangnya di kotaku mesti belum ada 🙁

  9. iyes nih
    semoga sampai juga di kota saya
    secara belum ada nih kurir spt hero yang keren ini di sini

  10. Cuma memasukkan kode aja udah dapat saldo Rp.100.000. Keren ya Paxel yang merupakan jasa pengiriman dengan sistem same day ini.

  11. semoga ongkos kirimnya gak naik ya, hihihii bebas kirim kemana aja flat…

  12. Sebagai seorg mompreneur aku butuh banget ekspedisi sameday macam Paxel ini mom. Buat ambil2 buku di penerbit sih utamanya spy cepat sampai krn cusromerku udh nunggu2 juga. So far sellau PUAS pakai paxel. Aman, terjangkau, cepat.

  13. Sangat membantu UMKM nih. Semoga kedepannya Paxel bisa segera bekerjasama dengan berbagai marketplace yaa..
    Dan ditunngu kedatangannya di Surabaya.

  14. Keren ya Paxel. Aku juga udah cobain nih. Enak banget barangnya diambil ke rumah.

  15. Dulu saya punya online shop berjualan buku, sekarang agak terlantar. Sepertinya oke juga pakai paxel nih, pelanggan saya pasti suka kalau barang dikirim dengan begitu cepat

  16. Buat pengusaha online kayak saya, makin dimanja aja dengan jasa kurir kayak Paxel ini. 😆😆😆

  17. Boleh di coba ini paxel ya. Biar pengiriman aman dan lebih simple. Memang sangat membantu emak-emak dalam belanja ya mba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.