Beauty, Tips

3 Hal Penting Saat Memilih Jasa Pembuatan Kosmetik

Dewasa ini, banyak sekali beautypreneur yang membuat private label kosmetik sendiri. Mulai dari influencer maupun artis dari dalam dan luar negeri, masing-masing mulai memiliki brand sendiri. Ternyata tidak terlalu sulit untuk membuatnya dengan brand sendiri loh. Namun, ada beberapa hal penting saat memilih jasa pembuatan kosmetik ini. Yuk yuk disimak lebih lanjut tentang hal ini.

Munculnya Berbagai Brand Baru

Jika dilihat beberapa tahun terakhir, banyak sekali produk kosmetik yang diluncurkan. Hal ini berlaku baik di dalam maupun di luar negeri. Sebut saja salah satu yang paling terkenal adalah Kylie Cosmetics dan juga Kylie Skin yang baru saja diluncurkan. Selain itu ada Fenty Beauty dari Rihanna. Siapa sih yang tidak tergiur untuk mencoba produk mereka?

Untuk dalam negeri, kita bisa melihat banyak brand lokal yang memunculkan berbagai produk kecantikan yang tidak kalah kualitasnya dengan brand ternama. Beberapa artis dalam negeri juga meluncurkan brand sendiri seperti Ashanty, Ussy Sulistiawaty dan masih banyak lagi. Tidak hanya artis, beberapa entrepreneur ternama juga ikut mendirikan brand kosmetiknya sendiri.

Baca Review Raiku Anti Aging Series & Cleaning Series

Cara Membuat Brand Kosmetik Sendiri

Salah satu cara paling mudah adalah dengan menggunakan private label. Private label adalah produk yang dibuat oleh suatu perusahaan untuk dijual dibawah brand dari perusahaan lain. Intinya, jika saya ingin membuat brand kosmetik sendiri, maka saya menggunakan jasa perusahaan tertentu untuk membuatnya. Namun, nama brand, jenis barang, sampai kemasan dan cara marketing tetap dibawah kendali saya.

Hal Penting Saat Memilih Jasa Pembuatan Kosmetik

Cara ini tentu lebih mudah, karena dengan budget yang terbatas, kita tidak perlu membuat semuanya dari 0. Kita tidak perlu keluar dana untuk membuat pabrik dan membeli segala peralatan di dalamnya. Tentu hal seperti ini termasuk cutting cost dan juga cutting time. Kita bisa segera memperoleh brand sendiri tanpa ribet menunggu lama.

Baca Langkah Mewujudkan Halal Lifestyle di Era Milenial

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Jasa Pembuatan Kosmetik

Dengan adanya berbagai jasa pembuatan kosmetik, ada beberapa hal penting yang patut diperhatikan sebelum kita memilih perusahaan yang tepat. Apa saja hal tersebut?

1. Produksi Mengikuti Standar GMP

Tahapan produksi yang dilakukan perusahaan seharusnya mengikuti standar GMP atau Good Manufacturing Practices yang berlaku. Lebih baik lagi kalau sudah bersertifikasi, seperti sertifikasi ISO, OHSAS, dan CPKB untuk memenuhi standardisasi usaha secara global.

Hal Penting Saat Memilih Jasa Pembuatan Kosmetik

Hal Penting Saat Memilih Jasa Pembuatan Kosmetik

2. Memiliki Customer Service yang Baik

Tidak semua orang mengerti seluk beluk dunia pembuatan dan juga pemasaran produk kosmetik. Alangkah baiknya jika memilih perusahaan yang memiliki staff dan juga customer service yang baik serta sigap membantu. Customer service perusahaan juga harus responsive dan juga berpengalaman dalam memberikan input produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Salah satu perusahaan yang memiliki jasa pelayanan pelanggan yang baik adalah PT. Nose Herbalindo. Mereka bisa memberikan ide-ide di luar kebutuhan bahan, seperti wadah dan kemasan, pengenalan mitra bisnis yang potensial, hingga perancangan konsep produk sesuai dengan target pelanggan. Selain itu, kita bisa konsultasi soal berbagai aspek mulai dari manufaktur, perizinan dan legalitas, hingga konsultasi terkait strategi penjualan produk.

3. Memberikan Fleksibilitas

Opsi untuk memakain desain, wadah bahkan bahan utama untuk formula produk dari kita sendiri merupakan hal yang penting. Hal inilah yang membuat produk kita unggul dan berbeda dibandingkan produk lain. Oleh karena itu, pilihlah perusahaan yang bisa bernegosiasi dan mewujudkan keinginan kita.

Hal Penting Saat Memilih Jasa Pembuatan Kosmetik

Oiya, jangan lupa untuk meminta kejelasan tenggat waktu produksi. Kalau bisa, usahakan juga bisa mendapatkan free sample untuk melihat hasil akhir produk yang akan dihasilkan.

Baca Kalian Wajib Punya 5 Produk Kecantikan Ini!

PLUS : Memiliki Layanan Extra

Layanan extra dalam hal ini adalah bantuan distribusi dan juga aftersales service yang baik. Alangkah baiknya memiliki perusahaan yang menyediakan layanan purna jual berupa strategi dan penerapan pemasaran online untuk produk kosmetik yang telah dibuat. Selain pemasaran online, jaringan klien di dalam negeri maupun di luar negeri juga merupakan nilai plus. Apalagi jika kita ingin membuat brand yang terkenal secara internasional.

Pemasaran digital seperti pemasaran di media sosial, Search Engine Optimization, dan Search Engine Marketing, dan distribusi konten melalui email juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Apabila perusahaan yang kita pilih bisa menyediakan beberapa layanan extra seperti yang disebutkan diatas, jangan ragu untuk segera menghubunginya ya.


Sekian hal penting yang perlu diperhatikan jika kalian ingin memilih jasa pembuatan kosmetik untuk brand kosmetik sendiri. Semoga sukses dalam membangun your own beauty empire 🙂

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.