Food, Health, Islam

Cara & Tips Memilih Minuman Sehat untuk Anak

Last Updated on March 9, 2021

Hello moms and dads! Apakah anak kalian suka jajan? Terutama minuman-minuman kemasan? Tapiii suka penasaran ga sih bagaimana cara dan apa tips memilih minuman sehat untuk anak? Mana yang termasuk minuman sehat, dan mana yang sebaiknya dihindari?

Di blog post kali ini, saya akan bahas sedikit soal cara saya memilih minuman sehat untuk anak yaa. Plus, review sedikit salah satu minuman sehat yang bikin saya dan Rio berantem wkwk. Silakan dibawa terus blog post ini~

Minuman Kesukaan Rio

Rio itu omnivora. Sama seperti saya hahaha. Iya alhamdulillah dia mudah makan dan minum. Kayanya jarang deh dia tidak menyukai atau menolak sebuah hidangan wkwkwk. Apalagi di umurnya yang serba ingin tau, apa aja ditanyain, apa aja dicicipin.

Cara & Tips Memilih Minuman Sehat Untuk Anak - Susu Kurma Syukur As-Sunnah

Memang kalau dilihat dari sifatnya, he has a high curiosity. Jadi selalu ingin tau dan penasaran dengan suatu hal yang baru. Bahkan kalau ke minimarket, pasti banyak tanya ini apa itu apa hahaha. Siapa yang anaknya begini juga?

Untuk minuman kesukaan, dia suka sekali dengan jus buah dan yogurt. Mungkin karena dingin, segar dan manis. Kadang kalau belanja, dia suka mengambil beberapa susu kotak favoritnya. Pokoknya yang dia lihat menarik, ya dia minta beliin hahaha.

Seperti Apa Minuman Sehat Untuk Anak?

Nah, disini nih kita sebagai orang tua harus jeli. Seperti apa sih minuman sehat untuk anak? Dari beberapa webinar yang saya ikuti, ternyata Indonesia tuh mengalami beberapa masalah gizi, baik dari segi stunting maupun obesitas pada anak. Wah, ga mau dong ya pilihan kita membuat anak menderita huhuhu.

Baca   Sudah Cukupkah Asupan Nutrisi Anak Anda?

Beberapa sumber menyatakan bahwa ada minuman sehat yang lebih baik diberikan kepada anak-anak. Diantara lain adalah :

  • Air Putih – wajib ini hukumnya kalau anak sudah mulai MPASI atau makan. Biasakan untuk memberikan air ya agar anak terbiasa. It will bring a good habit of drinking water regularly.
  • Susu – tapi perhatikan kandungan gula juga ya
  • Jus buah atau smoothies – kalau yang bisa yang homemade, karena jarang kita menambahkan gula terlalu banyak. Gula yang diberikan bisa ditakar dengan cermat
  • Air kelapa

Apa yang Harus Diperhatikan?

Selain minuman diatas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga oleh kita. Salah satunya adalah untuk mengetahui kandungan gizi, terutama di minuman kemasan. Biasakan untuk membaca label gizi pada makanan atau minuman yang kita beli. Perhatikan komposisi produk, jumlah gula, lemak dan kalori yang terkandung dalam minuman tersebut.

noted

Bahkan menurut alodokter, berikut adalah acuan konsumsi gula berdasarkan usia.

Anak-anak 2–6 tahun: tidak lebih dari 19 gram (4 sendok teh) per hari
Anak-anak 7–10 tahun: tidak lebih dari 24 gram (6 sendok teh) per hari

Nah coba dievaluasi, apakah kita terlalu banyak memberikan gula kepada anak? Atau sudah cukup?

Selain itu, jangan lupa untuk bandingkan kandungan gizi antara jajanan atau minuman favorit anak. Dengan cara ini, kita bisa melihat dan memilih mana yang merupakan opsi paling baik dan sehat untuk anak-anak.

Kenali juga minuman yang tidak diperbolehkan terlalu sering dikonsumsi anak, seperti minuman bersoda/berkarbonasi serta teh instan kemasan. Hal seperti ini bisa diajarkan sejak dini loh biar anak mengerti mana yang baik untuknya dan tidak baik.

Baca   Sudah Coba Royco Baru dengan Garam Beriodium?

Bagaimana Dengan Susu Kurma?

Ceritanya pas hamil ini, saya mengonsumsi susu kurma. Ya karena bisa membuat badan lebih segar dan bertenaga. Maklum, selain hamil juga ada toddler yang perlu diawasi wkwk. Eh ternyata Rio ikutan minum juga! Mungkin karena segar dan enak ya. Tapi apa memenuhi kriteria minuman sehat diatas?

Review Susu Kurma Syukur As-Sunnah

Cara & Tips Memilih Minuman Sehat Untuk Anak - Susu Kurma Syukur As-Sunnah

Ternyata 1 buah kurma dengan ukuran kurang lebih 36 gram mengandung :

  • Energi 270 kkl
  • Protein 2 g
  • Lemak 0.4 g
  • Karbohidrat 75 g terdiri dari gula dan serat pangan.
  • Tinggi mineral seperti asam folat,magnesium, vit C, dan zat besi

Pantesan kurma ini cocok untuk dikonsumsi orang yang berbuka puasa maupun ibu hamil dan menyusui. Banyak hal-hal bagus di dalamnya.

Sementara itu, susu kurma menggabungkan susu dengan buah kurma. Susu merupakan salah satu minuman  direkomendasikan untuk anak karena mengandung protein yang baik untuk membantu pertumbuhan. Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi pada susu dapat membantu pertumbuhan dan kekuatan tulang anak.

Cara & Tips Memilih Minuman Sehat Untuk Anak - Susu Kurma Syukur As-Sunnah

Penambahan kurma pada susu juga dapat meningkatkan nilai gizi lainnya seperti protein, karbohidrat dan mineral alami. Bagusnya lagi, produk susu kurma produk susu kurma tidak menggunakan proses pemanasan yang tinggi, tetapi dapat bertahan hingga 3-4 minggu. Plus yang paling penting, tidak ada tambahan gula sehingga tidak merubah zat gizi yang ada. Yeay, sehat ya alhamdulillah.

Ketagihan Minum Susu Kurma Syukur As-Sunnah

Cara & Tips Memilih Minuman Sehat Untuk Anak - Susu Kurma Syukur As-Sunnah

Salah satu produsen susu kurma, terutama di kawasan Bogor adalah Susu Kurma Syukur As-Sunnah. Ternyata cukup dekat tempatnya sama rumah hehehe. Tapi yang di Jabodetabek juga bisa pesan kok~ Nanti dibawah ini ada info lebih detailnya yaaa.

Gara-gara nyobain Syukur As-Sunnah ini, Rio jadi ketagihan hahaha. Secara ada 5 varian yang super enak yang tersedia baik dalam kemasan 200 ml seperti yang saya punya ini, atau kemasan 1 liter untuk sekeluarga. FYI yang kemasan 200 ml ini ga cukup buat berdua huhuhu, suka rebutan malah sama Rio. Tanda harus order lagi wkwk.

Apa saja variannya?

Ada :

1. Susu kurma Original
Rasa original yang sangat terasa susunya. Jika tidak suka varian yang lain, ini bisa menjadi andalan.

Review Varian Susu Kurma Syukur As-Sunnah

2. Almond Segar
Kombinasi kurma dengan almond segar serta dipadupadankan dengan beberapa bahan baku lainnya. Rasa kacangnya cukup berasa. Hati-hati bagi yang alergi kacang ya, lebih baik pilih varian lain.

Review Varian Susu Kurma Syukur As-Sunnah

3. Susu Kurma Milo
Varian susu kurma satu ini menjadi idola anak-anak dan remaja, termasuk saya HAHAHA. Ga apa-apa lah ya ikut seleranya anak muda, karena ini enak banget! Sensasi kurma bercampur milo sangat enak dinikmari saat dingin. Bumil suka~

Review Varian Susu Kurma Syukur As-Sunnah

4. Susu Kurma Cappuccino
Varian jenis ini sangat cocok dinikmati penyuka kopi. Sensasinya berbeda dari jenis varian susu kurma lainnya karena rasa kopinya khas dan menyehatkan. Saya tidak suka kopi, tapi ternyata ini bisa dinikmati juga oleh saya. Tidak terlalu strong rasa cappuccinonya.

Review Varian Susu Kurma Syukur As-Sunnah

5. Rempah Kurma Safron
Tidak berbahan dasar susu sih, lebih ke rempah-rempah dan semacam jahe. Campuran kurma, bunga saffron, jahe merah, serai, cengkeh, kayu manis dan bahan baku berkualitas lainnya sangat kaya kandungan bergizi , menyehatkan sekaligus menghangatkan tubuh.

Review Varian Susu Kurma Syukur As-Sunnah

Jadi Amankah Untuk Anak-anak?

Saya sih memperbolehkan Rio meminum Syukur As-Sunnah karena selain diolah dengan profesional, produknya juga dikemas dengan higienis. Produk susu kurma ini juga sudah memperoleh CPPOB, izin BPOM, halal dan juga dibuat tanpa pengawet.

Baca   Langkah Mewujudkan Halal Lifestyle di Era Milenial

Cara & Tips Memilih Minuman Sehat Untuk Anak - Susu Kurma Syukur As-Sunnah

Dari pengirimannya pun oke banget dan memperhatikan kualitas. Pas sampai di rumah juga masih dalam keadaan beku. Pas banget langsung simpan di freezer, karena ternyata bisa tahan selama 30 hari di freezer. Kalau di chiller (kulkas bawah) bisa tahan selama 3-4 hari dan di ruang biasa bisa tahan selama 1 hari dengan anjuran diminum 2-3 jam setelah dibuka.

Memang lebih baik diminum umur 3 tahun keatas menurut pihak Susu Kurma Syukur As-Sunnah, maksimal 2 hari sekali. Jangan sampai kebanyakan ya meskipun seger banget klo minum langsung dari kulkas, apalagi pas cuaca panas-panas~

Keunggulan Susu Kurma As-Sunnah

Secara umum, keunggulan susu kurma Syukur As-Sunnah ini adalah :

Keunggulan Susu Kurma Syukur As-Sunnah

Harganya pun cukup ekonomis. Dengan Rp. 10.000,- saja, kita bisa membeli varian original susu kurma Syukur As-Sunnah. Harga yang satu liter juga ga kalah ekonomis vs kopi kekinian hihi. Malah lebih sehat dan berenergi pula~

Pricelist Susu Kurma Syukur As-Sunnah

Selain itu, tidak sekadar fokus berbisnis semata, susu kurma Syukur As-Sunnah juga mengangkat konsep sociopreneur untuk memperluas jaringan bisnisnya. Produsen susu kurma ini melakukan konsep sociopreneur dengan cara berbagi kepada masyarakat area Jabodetabek yang membutuhkan minuman sehat berenergi melalui program sosial susu kurma. Harapannya sih banyak yang lebih teredukasi mengenai pentingnya pemberian nutrisi pada tubuh.

Baca   Mudah Galang Dana Online dengan Peduli Sehat

Sosiopreneur Susu Kurma Syukur As-Sunnah

Sosiopreneur Susu Kurma Syukur As-Sunnah

Bagi yang penasaran tentang susu kurma ini bisa langsung mengunjungi websitenya di :

Website : https://susukurmaassunnah.com
Instagram : @susukurmaassunnah

Semoga bisa membantu para ibu-ibu dan bapak-bapak yang bingung dengan cara memilih minuman sehat untuk anak. Semoga tips-tips dan referensi tentang susu kurma yang menyehatkan bisa membantu ya. Thanks for reading!

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.