Thoughts, Travel

6 Manfaat Menggunakan Kereta Api Untuk Traveling

Dari sekian banyak alat transportasi darat yang digemari masyarakat Indonesia, kereta api masih menjadi salah satu pilihan tepat untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Kenapa? Tarif ongkos relatif murah hehehe. Sebenarnya banyak manfaat menggunakan kereta api untuk traveling. Jika dibandingkan dengan alat transportasi darat lainnya, kereta api juga termasuk dalam alat transportasi yang minim kecelakaan.

Bitmoji Image

Selain kelebihan yang telah disebutkan di atas, kereta api juga dapat memberikan beragam manfaat lainnya. Ingin tahu apa saja? Ada 6 manfaat nih yang akan saya bahas. Silakan baca dibawah ini ya!

1. Terbebas dari kemacetan

Manfaat pertama yang bisa dirasakan apabila melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api adalah terbebasnya perjalanan  dari kemacetan lalu lintas. Tentu saja karena setiap kereta memiliki jalur masing-masing yang tidak mungkin dilalui oleh banyak kereta secara bersamaan.

Dengan kata lain, setiap kereta api telah memiliki jadwal perjalanan dan juga jalurnya tersendiri. Dengan terhindarnya dari kemacetan, tentu perjalanan yang dilakukan pun akan jauh lebih cepat dan tepat waktu.

Baca Pengalaman Mudik Naik Kereta Bangunkarta

6 Manfaat Menggunakan Kereta Api Untuk Traveling
Courtesy of Pixabay

2. Memberikan efek relaksasi

Jika menggunakan kendaraan mobil atau  motor seringkali membuat para pengendaranya merasa stress. Efek jalanan yang macet kan bikin sebel hahaha. Nah, maka berbeda halnya dengan perjalanan menggunakan kereta api. Perjalanan dengan menggunakan kereta api justru seringkali membuat para penumpang di dalamnya merasa nyaman.

Hal ini tidak lepas dari sepanjang perjalanan jalur kereta yang seringkali melewati kawasan pedesaan termasuk kawasan hijau di sekitarnya. Dengan pemandangan yang alami tentunya para penumpang pun dapat merasakan efek relaksasi dengan mudah. Malah bisa memperbaiki mata loh, kalau kata Bapak saya biar mata lebih rileks, liat yang jauh dan hijau hijau wkwk.

6 Manfaat Menggunakan Kereta Api Untuk Traveling
Courtesy of Pixabay

3. Dapat melakukan pekerjaan

Untuk saat ini setiap kereta dilengkapi dengan keberadaan soket listrik yang tersedia di setiap barisan kursi penumpang. Jadi kalau ada deadline, PR atau pun pekerjaan lainnya yang belum sempat diselesaikan, maka dapat diselesaikan dengan mudah di dalam kereta. Dengan demikian tidak ada waktu yang terbuang percuma, karena setiap perjalanan yang Anda lakukan pun dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

4. Menambah relasi (atau ketemu jodoh~)

Menggunakan kereta api juga dapat memberikan manfaat dalam menambah hubungan baik dengan orang di sekitar atau menambah relasi. Psst Uti dan Akung saya juga ketemunya di kereta! Hahahaha yaa tahun 1950an sih ya hihi kaya di film-film.

Pasalnya penumpang dalam kereta api berjumlah banyak dan setiap penumpang pun dibebaskan untuk berkeliling menyusuri setiap gerbong yang ada. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk menambah teman atau relasi bisnis dengan mudah. Bahkan bisa ketemu jodoh jugaaa~

Baca Traveling Lebih Asik dengan Naik Kereta Api

5. Lebih aman

Manfaat selanjutnya yang bisa dirasakan dari menggunakan kereta api adalah tingkat keamanan dalam berkendara yang lebih terjaga. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kita selaku penumpang tidak perlu khawatir dengan setiap perjalanan yang dilakukan. Pasalnya kereta api sangat minim kecelakaan, apalagi jika setiap penumpang di dalamnya tertib mengikuti setiap aturan yang ada. Inget ya asal tertib hihi.

6. Tepat waktu

Ketepatan waktu dari kereta api menjadi manfaat terakhir yang dapat diberikannya untuk kita dan para penumpang lain. Karena setiap perjalanan telah dijadwalkan dalam waktu-waktu tertentu, maka perjalanan menggunakan kereta api sangat membantu jika ingin melakukan perjalanan dengan lebih tepat waktu.

Baca Tips Membawa Balita Naik Kereta Api

6 Manfaat Menggunakan Kereta Api Untuk Traveling
Courtesy of Pixabay

Kita tidak perlu lagi merasa khawatir atau takut terlambat, karena kereta api sangat jarang terlambat. Ada pun jika kereta mengalami keterlambatan, sudah dapat diantisipasi dengan penjadwalan ulang. Waktu tempuh kereta tersebut dapat diprediksi dan dipastikan dengan mudah dibandingkan dengan melakukan prediksi pada beragam jenis alat transportasi lainnya.


Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi, kita bisa lihat bahwa menggunakan kereta api untuk perjalanan dapat memberikan Anda banyak keuntungan. Beberapa yang tentunya tidak bisa Anda dapatkan dari penggunaan jenis alat transportasi lainnya.

The good news is, sistem pemesanan tiket dari kereta api pun kini hadir dengan cara yang lebih mudah. PT KAI sudah telah menyediakan sistem online untuk pengecekan jadwal kereta, juga pemesanan tiket. Namun jika ingin mendapatkan layanan yang lebih lengkap, ada pula cara lain yang  lakukan yaitu cek disini untuk beli tiket kereta api di Indonesia untuk menemukan tiket kereta api ke destinasi tujuan. Happy traveling!

RELATED POST

4 Comments

  1. Saya suka naik kereta api waktu kecil saat mudik dari Jakarta ke rumah simbah. Tapi karena sekarang sudah nggak tinggal di tempat yang sama, jadi kesempatan untuk bisa naik kereta apinya berkurang hehehe 😀

    Cuma, memang menurut saya naik kereta api itu lebih menyenangkan ketimbang naik mobil / bus untuk jarak jauh. Karena kereta api jalurnya nggak berliku, alhasil nggak membuat saya gampang mual seperti ketika naik mobil. Meski nggak enaknya naik kereta api itu nggak bisa stop stop sesuka hati untuk mampir ke resto atau tempat wisata lain 😀

  2. saya pengen banget naik kereta api. di bali belum ada kereta api. jadinya gak bisa naik kereta api deh.
    pasti seru banget bisa traveling menggunakan kereta api.

  3. SEtuju banget sama poin-poin dalam tulisan ini, kecuali yang soal kerjaan ya. Ini butuh inovasi dari KAI sih, supanya di kereta jarak jauh ada semacam workspace gitu, jadi kita yang bawa laptop bisa naruh laptop dengan lega dan tetap dapat bekerja sepanjang perjalanan. Saat ini satu-satunya tempat yang enak buat naruh laptop itu di restorasi, itupun nggak enak juga kalau pas rame dan ada yang nggak kebagian duduk.

  4. Wahhh emang sih ini salah satu kendaraann yang gak pernah terjebak macet :D, siapa coba yang berani lawan kereta api. Setiap kereta api lewat semua pada berhenti dan melihat secara langsung. Tapi lumayan lama juga ya naik kereta api, ak pertama kali saat biasa naik pesawat langsung lumayan kerasa pas naik kereta api hehe.. Tapi dari situ ak bisa dapet pengalaman yang banyak banget, selain bisa liat keindahan alam dari sekitaran kereta, juga bisa punya pengalaman mesen tiket kereta juga heheh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.