How To, Technology, Tips

Cara Membuat Linktree di Blog Sendiri

Helloooo semua! Akhirnya post organik pertama di tahun 2019 rilis juga! Hihihi. Why it took me so long to write? Sebenarnya sudah banyaaak sekali ide yang ada di kepala, tapi ya baru bisa dieksekusi sekarang-sekarang ini *kebiasaan*

Selain itu, saya sedang sibuk membenahi halaman-halaman yang sedang under construction di blog ini, termasuk halaman Achievement dan Media Kit. Nah, setelah kurang lebih 1 minggu utak atik sana sini, akhirnya jadi deh! Hihihi. Silahkan mampir ke halaman Achievements dan Media Kit ini yaaaa. Silahkan berkolaborasi juga 😀 (namanya juga usaha).

Baca Target Blogging di Tahun 2019

Bitmoji Image

Ada lagi satu hal yang saya ingin lakukan dari tahun kemarin, tapi belum menemukan media yang sreg, yaitu membuat Linktree.

Apa itu Linktree?

Bagi yang suka menaruh link di Instagram, pasti tau kalau kita hanya boleh memasukkan 1 link saja di bagian bio. Nah, Linktree merupakan sebuah alat/aplikasi yang gratis yang dapat mengoptimalkan bagian link di bio Instagram.

Cara Membuat Linktree di Blog Sendiri
Courtesy of Youtube

Ketika kita klik di situs Linktree pribadi tersebut, terdapat banyak link ke konten kita di blog, Youtube dan dimana saja (yang bisa dimasukkan sebuah link atau URL). Beberapa teman blogger saya memakainya dan memang cukup efektif sih. Karena saya tidak bisa swipe up di stories, jadi hal ini menjadi alternatif yang bagus.

Kebetulan, beberapa waktu kemudian, saya melihat blognya Mbak Mia dari Insom(mia). Dia membuat sebuah landing page di blognya yang mirip-mirip Linktree. Alias kalau kita klik, ada semua rangkuman blog post di dalam halaman itu. GENIOUS!

Saya diskusi dengannya dan google lebih dalam lagi soal DIY Linktree, dan hasilnya banyak banget! Ternyata banyak blogger luar yang membuat linktree sendiri di dalam blog!

Baca Menjadi Blogger Full Time atau Part Time?

Apa saja keuntungan membuat Linktree di blog sendiri?

Kita mengarahkan traffic langsung ke blog kita, tanpa harus mengarahkannya ke aplikasi lain. Automatis PV nambah dong. Selain itu, diharapkan bounce rate dan exit rate juga menurun karena dia akan klik klik ke link lain. Horay! Selain itu, kita bisa memodifikasinya sesuai keinginan. Termasuk warna, logo, icon, dan masih banyak lagi.

Apa kekurangannya?

Hampir nggak ada sih, so far. Ya lumayan lebih ribet sih kalau tidak terbiasa dengan membuat icon dan mengukur ukuran banner untuk blog. Memang lebih mudah menggunakan app yang sudah siap tersedia.

Tapi menurut saya, kalau kita bisa membuat sendiri, bakal lebih unique, memiliki ciri khas dan kita juga akan lebih puas hihi. I know I did! Kalau ga mau ribet juga silahkan minta bantuan teman atau kenalan yang paham soal simple design.


Sekarang saya akan share ya bagaimana cara membuat linktree di blog sendiri dengan mudah. Saya menggunakan WP, jadi untuk yang menggunakan platform lain, bisa menyesuaikan di tahap awal. Kesananya kurang lebih sama kok 🙂

1.Tambahkan halaman baru dengan mengklik Pages –> Add New

2. Saya memberi nama halaman baru saya Linktree. Begitu pula dengan permalinknya.

3. Kemudian pergilah ke situs Canva.com (bisa di PC atau di HP) untuk membuat banner. Banner ini bisa digunakan sebagai pembatas kategori seperti saya, atau bisa dibuat clickable untuk masing-masing post. Kenapa saya membuatnya menjadi pembatas? Karena biar ga bolak balik bikin yang baru hehehe.

Cara Membuat Linktree di Blog Sendiri

4. Ketika sudah masuk ke Canva, pilih Create a Design : Leaderboard App. Saya memilih ini karena mempunyai ukuran tinggi 90 px. Biasanya untuk Linktree pilih yang agak panjang atau yang tingginya sekitar 100-200 px. Bisa disesuaikan dengan blog.

5. Pilih dari template yang ada. Tidak usah sama plek, bisa dimodifikasi warna, font dan gambarnya secara gratis. This is why I love Canva!

Cara Membuat Linktree di Blog Sendiri

6. Setelah selesai, klik Download di pojok kanan atas.

7. Download dalam bentuk PNG. Save.

8. Import hasil banner ke dalam Page Linktree yang sudah kalian buat sebelumnya.

9. Masukkan banner di dalam postingan. Tambahkan link dibawah banner atau link pada banner itu sendiri. Jadi bannernya lah yang di klik untuk menuju ke konten lain.


Cara Membuat Linktree di Blog Sendiri

10. Jangan lupa klik Publish.

11. Pastikan tampilannya bagus untuk diliat di HP atau tab, alias mobile friendly. Karena kebanyakan orang mengakses Linktree kita via Instagram di HP, betul?

12. Selesaiiiii!

Enjoy your own linktree in your own blog for FREE. Jangan lupa update secara berkala yaaa. Bagaimana cukup mudah kan? Semoga kalian bisa mengikuti instruksi di atas dan tidak mengalami kesulitan yaaa.

Baca Cara Mudah Membuat Cover Stories Highlight di Instagram

Cara Membuat Linktree di Blog Sendiri
Faradila Danasworo Putri’s Linktree

Kalau mau mampir ke Linktree saya silahkan mampir ke Linktree saya di sini yaaa. Bagi yang sudah membuat, silahkan komen di bawah 🙂 I woule love to hear from you, feedbacks and all. Cheers!

 

RELATED POST

26 Comments

  1. Mbak…saya udah lihat teman blogger dari luar negeri yang bikin ginian. Cuma, bedanya sama sitemap apa, ya?

    Sama-sama nampilin postingan dan update-annya juga.

    1. Faradila D. Putri says:

      Kalau sitemap kan hanya link yang ada di blog. Bagusnya sih dia automatis terupdate.

      Kalau linktree ini kita bisa masukin link lainnya dari Youtube, Twitter atau apapun itu yang pengen kita masukkan. Ga terbatas link blog aja 🙂 lebih cocok kalau punya banyak link yang mau dipublish di ig tapi ga bisa swipe up hehe. Soalnya tempat buat link di IG cuman 1. Yaaa tapi harus rajin uodate manual hehe

  2. Masih bingung 🙂 , tapi entar saya coba buat. Terima kasih memberi pengetahuan baru pada saya.

  3. Aku udah lama mau bikin akun Linktree juga karena liat Heyjudeeee tapi belum pernah coba.

    Kebetulan banget dirimu bikin tutornya, hihi.

    Thanks before.

  4. ups saya pikir linktree tadi sebuah website apaan gitu, ternyata daftar link ya. Sisi repotnya, mesti masukin satu-satu linknya, tapi enaknya suka-suka aja mau ngasih link yang mana.

  5. Linktree ini efektif buat yang punya beberapa SNS ya. Tapi buat blog post juga efisien, bisa taruh beberapa link di bio IG. Perlu kulik-kulik lagi nih supaya bisa bikin juga buat IG. Thanks, mbak.

  6. Jadi cakep yaa, lihat stepnya kayaknya mudah. Coba pelajarin dulu deh hehe penasaran juga jadinya. Thanks ya mba sudah sharing.

  7. Wah jadi makin keren ya, saya juga mau coba membuat Linktree dari step2 yang mom ajarkan. Ilmu baru nih buat saya😍

  8. Noted mba, udah lama pengen buat linktree, eh baru mau googling, udah muncul di depan mata nih hahaha

    Semacam disuruh buat segera deh.
    Biar ga entar2 mulu 🙂

    Thanks sharingnya yaa..
    Saya selalu salut ama temen2 yang rajin banget buat tulisan step by step gini 🙂

  9. what a brilliant idea, ah jadi mau juga, aku recreate yah mba, thanks banget sharing dan tipsnya. Tapi kalau buat linktree di profil itu gimana yah kak?

  10. Mba klo nuat blogspot sama juga jga tutorialnya? Lebih ribet ga? Aku termasuk gaptek soal tejnis blog nih, huhu. Tapi tertarik mencoba linktree.

  11. jadi lebih rapi dan memudahkan pengunjung ya buat nyari artikel di blog yang dikunjungi. ini kalau buat blogspot gimana bikinnya yaa? hehe

  12. Baru tahu nih btw aku langsung pinisirin sama media kitnya hahaha pengen ikutin ah gpp ya mba :p

  13. Berarti ini masukin link URL secara manual ya?
    Pake kode html href dst itu ?

  14. Jadi keren mbak memang, pernah lihat IG siapa gitu lupa ada yang seperti itu juga.. Coba ada panduan buat yang pakai blogspot…huhu…

  15. Keren banget mba tutorial Linktree nya. Kalau saya perlu waktu khusus nih untuk mempelajari dan mencobanya lebih lanjut, maklum jarang ubek-ubek yang beginian 🙂

  16. Mbak Dila, aku harus baca pelan-pelan dulu..Mau dipraktekin juga..aku kira susah loh linktree ini. Ternyata juga enggak banget susahnya. Thanks for sharing. Dan suka dengan tujuannya, nambah traffic dan PV blog sendiri…suka sekaliii

  17. Masih belum gitu paham nih Mbak, hehe.. soalnya ini masuknya ke postingan ya, bukan menu di halaman depan blog. Jadi pembaca kalo mau lihat linktree harus cek ‘artikel’ / postingan linktree ini ya? Betul begitu kah?

  18. Makasih banyak mbak sharingnya. Jadi tau ada aplikasi begini buat blog. Maklum lah blogger newbie. Makin semangat nih belajar ngeblognya.. keren ternyata ya..

  19. Wah sama aku juga bikin si linktree ini. Udah bikin lama gara2 liat punya clozette tapi mgerasa belum butuh bgt. Baru skrg ini nih butuh hihi

  20. Ternyata fungsinya banyak banget ya. Jadi pengen bikin linktree juga.

  21. Wah kupikir itu mulanya bawaan template lho. Ternyata bikin sendiri dan gtu to caranya 😀
    Enaknya pakai link tree jd bikin pengunjung tertarik buka2 link yg lain dan berlama2 di blog kita ya jdnya?

  22. Wah boleh juga nih. Bakal saya testing dulu di blog.

  23. Lumayan menarik nih. Mesti segera dieksekusi ya biar nggak lupa. Kan lumayan, selain nambah trafik juga bikin cantik blog kitaa

  24. bookmark ahh.. kalau udah senggang mau aku cobain.. kok ya tertarik juga jadinya sama linktree ini

  25. Boleh banget nih ilmunya mba. Aku juga pakai canva kalau mau buat editing frame sendiri. Lumayan sih ada freenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.