Beauty

Cara Memutihkan Wajah dengan Skincare yang Tepat

Banyak yang bertanya, bagaimana sih cara memutihkan wajah? Hmm, sebenarnya bukan memutihkan ya, karena menurut saya cantik itu bukan hanya putih saja. Namun lebih tepatnya bagaimana kita bisa mendapatkan kulit yang tidak kusam dan glowing? Tentu dengan perawatan yang tepat saudari-saudari. ๐Ÿ˜€

Saya memang baru setelah menikah lebih menaruh perhatian ke skincare. Sebelumnya bukan cuek-cuek banget. Saya masih ingat kok pakai sunscreen, moisturizer dan bedak hahaha. Cukuplah buat menangkal sinar UV di lapang dan tidak membuat kucel di kelas kuliah hihi. Namun makin kesini, saya sadar bahwa umur semakin tua (hikss) dan sel-sel ditubuh juga sudah bukan ABG lagi. There is an aging process on the way.

Bitmoji Image

Nah, bagaimana biar wajah tetap terawat? Ya tentu dengan menggunakan skincare yang tepat. Menurut saya, skincare adalah investment. Dengan kulit muka yang sehat dan terawat, kita terlihat lebih muda, lebih glowing dan tentu make up akan dengan senang hati menempel (dan tetap) ada di muka kita. Ibaratnya lukisan, tentu kita mau mencari kanvas dengan kualitas terbaik.


Kandungan Skincare untuk Memutihkan Wajah

Ada berbagai macam skincare yang ada di pasaran. Khusus di Indonesia, karena warna kulit yang cerah digemari, banyak sekali lini skincare yang mendukung pencerahan kulit wajah. Ternyata, ada beberapa kandungan di dalam skincare tersebut yang berjasa membuat kulit kita lebih putih loh!

Apa saja kandungannya?

1. Ekstrak Bengkoang

Ekstrak bengkoang atau Pachyrhizus erosus merupakan bahan yang sudah digunakan untuk mencerahkan kulit sejak dahulu kala. Umbi ini memiliki kadar vitamin dan mineral yang tinggi, termasuk vitamin C, vitamin E dan vitamin B6. Kandungan vitamin C yang tinggi membantu membuat wajah lebih cerah.

Sudah banyak produk skincare lokal maupun internasional yang menggunakan ektrak bengkoang. Mulai dari susu pembersih, facial wash, toner, hingga masker. Contohnya adalah Sariayu Putih Langsat Night Cream by Martha Tilaar ini.

Cara Memutihkan Wajah dengan Skincare yang Tepat
Courtesy of Pixabay

2. Kojic Acid

Kojic acid adalah bahan kimia yang dibuat dari jamur. Biasanya merupakan produk sampingan dari fermentasi kecap atau sake. Kojic acid dapat digunakan untuk membantu permasalahan wajah seperti bintik hitam dan bekas luka.

Cara kerja kojic acid adalah dengan menghambat pembentukan enzim tirosine, yang kemudian akan menghambat pembentukan melanin. Berkurangnya melanin dapat membuat efek mencerakan di kulit. Kojic acid ini sering ditemukan di cream dan juga serum.

3. Vitamin C

Selain dapat mencerahkan noda di wajah, vitamin C dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit, diantaranya adalah :

  • meningkatkan produksi collagen – membuat kulit lebih kencang, menyamarkan kerutan
  • menangkal aging signs dan radical damage dari sinar UV karena mengandung antioxidant
  • memperbaiki kulit
  • menambahkan proteksi tambahan terhadap sinar UV.

Vitamin C ini tersedia dalam bentuk LAA (L-Ascorbic Acid) yang baik untuk kulit normal dan berminyak dan juga Magnesium Ascorbyl Phosate yang cocok untuk kulit kering dan sensitif. Selain itu terdapat juga dalam bentuk Ascorbyl Palmitate, Ascorbic Glucosamine, Tetrahexyldecyl Ascorbate dan Sodium Ascorbyl Phosphate.

Cara Memutihkan Wajah dengan Skincare yang Tepat
Courtesy of Pixabay

4. Niacinamide

Niaciamide adalah salah satu bentuk dari vitamin B3. Kandngan ini memiliki efek membantu memperbaiki penampilan pori-pori yang membesar, warna kulit tidak merata, garis-garis halus, kerutan dan juga kulit kusam. Bahan ini sering ditemukan di essence maupun serum untuk wajah.

Banyak produk skincare yang menggunakan niacinamide sebagai kandungan, seperti COSRX Galactomyces 95 Whitening Power Essence, dan The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%. Untuk produk lokal adalah Humphrey Niacinamide 10% + โ€ŒHyarulonic Acid Serum dan ElsheSkin Radiant Skin Serum.

5. Alpha Arbutin

Alpha Arbutin adalah zat yang didapatkan dari daun dan buah bearberry. Zat ini dapat membantu memudarkan bintik hitam di wajah dan membuat warna kulit menjadi lebih merata. Aplha arbutin juga sering dipasangkan dengan kojic acid, vitamin C atau niacinamide.

Alpha Arbutin bisa digunakan oleh segala jenis kulit. Penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi Alpha Arbutin sebanyak 3% bisa efektif mengurangi perubahan warna kulit.

6. Glycolic Acid

Glycolic Acid adalah zat yang didapatkan dari tanaman. Zat ini sangat bermanfaat untuk exfoliate lapisan terluar kulit dan menghilangkan sel-sel mati sehingga kulit lebih segar dan cerah. Glycolic Acid sering ditemukan di exfoliating toner, facial wash, cleanser, chemical peeling, dan serum.

Cara Memutihkan Wajah dengan Skincare yang Tepat
Courtesy of Pixabay

Kalau kalian memiliki kulit yang kusam, ada bekas luka atau noda hitam serta mengalami penuaan, jangan lupa untuk melakukan perawatan exfoliating setidaknya seminggu sekali. Agar kulit menjadi cerah kembali.

Bacaย Kalian Wajib Punya 5 Produk Kecantikan Ini!


Sekian cara memutihkan kulit dengan menggunakan skincare dengan kandungan yang sudah saya sebutkan diatas. Kalian sudah mencoba skincare dengan kandungan apa? Yuk sharing dibagian komentar ๐Ÿ™‚

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.