Beauty, Health

Manfaat Vegan Body Wash untuk Berbagai Tipe Kulit dari Earth Love Life

Last Updated on February 22, 2024

Di era back to nature ini, kita sering mendengarkan bahwa sebuah brand tertentu adalah vegan skincare atau vegan bodycare. Pokoknya semuanya serba vegan deh hehehe. Tapi memang apa sih manfaat produk vegan? Seperti apa saja manfaat vegan body wash untuk berbagai tipe kulit? Apakah cocok untuk kulit orang Indonesia? 

Nah di blogpost ini, saya akan bahas sedikit mengenai vegan body care yang dewasa ini cukup booming. Selain itu, sekaligus memperkenalkan salah satu lini vegan body care lokal (bocoran : brand Earth Life Love terbaru dari Paragon) terbaru yang mendukung green halal beauty. Ulala, penasaran kan ya? Yuk simak terus blogpost di bawah ini!

Manfaat Vegan Body Wash untuk Berbagai Tipe Kulit dari Earth Love Life

Mengenal Berbagai Tipe Kulit

Mengenal tipe kulit merupakan kunci sekaligus tahap pertama dalam merawat kulit. Mengenal tipe kulit wajah maupun badan akan menentukan jenis perawatan dan juga jenis produk yang dibutuhkan untuk merawatnya. 

Baca   Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Secara umum, terdapat 5 tipe kulit yaitu kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, kulit kombinasi dan juga kulit sensitif. Menurut situs Hello Sehat, masing-masing ciri dari tipe kulit tersebut adalah :

  • Kulit normal : memiliki sedikit masalah kulit, produksi minyak tidak berlebihan, tidak mudah mengalami iritasi, jarang mengalami masalah kulit.
  • Kulit berminyak : produksi sebum yang tinggi, biasanya bermasalah dengan pori-pori besar, jerawat dan komedo.
  • Kulit kering : pori-pori kering, penampilan kulit cenderung kusam, mudah gatal dan iritasi, 
  • Kulit kombinasi : area tertentu pada kulit terasa berminyak, sedangkan area yang lain justru normal, kering, atau bahkan sensitif
  • Kulit sensitif : kulit yang mudah  mengalami iritasi, sering mengalami ruam, kemerahan atau serangan alergi, mudah terserang masalah kulit seperti gatal, terbakar matahari dan pecah-pecah.

Jika ingin lebih spesifik lagi, ternyata terdapat 16 tipe kulit menurut Baumann Skin Type Classification System, sebuah sistem yang digunakan oleh dokter kulit atau dermatologis. Dalam hal ini, kulit dibagi lagi menjadi beberapa kombinasi dari berminyak vs. kering, sensitif vs resistant, terpigmentasi vs. tidak terpigmentasi, serta mudah berkerut vs. kencang. 

Jenis dan Tipe Kulit

Manfaat Vegan Body Wash Untuk Kulit

Jelas proses merawat kulit juga harus disesuaikan dengan tipe kulit masing-masing. Hal ini sudah pernah saya bahas untuk kulit bayi, karena tentu kulit bayi lebih peka dan sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Namun, bukan berarti kita sebagai orang dewasa malah jadi mengabaikan jenis perawatan kulit yang cocok untuk tipe kulit masing-masing loh. Prinsip perawatan sesuai dengan jenis kulit tetap harus dilakukan. 

Baca   Cara Tepat Menjaga Hidrasi Pada Kulit

Hal ini sangat penting juga untuk kulit sensitif ataupun kulit bermasalah. Jenis permasalahan yang dihadapi juga harus ditangani oleh perawatan yang cocok, agar permasalahan kulit dapat segera reda. Salah satu perawatan yang sedang booming dewasa ini adalah menggunakan vegan body wash untuk perawatan kulit. 

Apa Itu Skincare Vegan dan Manfaatnya?

Menurut blog Base, Skincare vegan adalah produk skincare yang tidak mengandung bahan hewani atau produk olahan hewani (seperti madu, lilin lebah (beeswax), lanolin, gelatin, kolagen, carmine, squalene, stearic acid, dan kolesterol yang diambil dari hewan). 

Manfaat Vegan Body Wash untuk Berbagai Tipe Kulit dari Earth Love Life

Ternyata menurut Vogue, produk-produk vegan ini lebih baik digunakan dibandingkan dengan produk-produk yang mengandung bahan hewani, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Kok bisa? Ternyata, bahan-bahan hewani bisa membuat kondisi wajah semakin kering dan beresiko menyumbat pori-pori di wajah. Selain itu, manfaat vegan skincare lainnya menurut situs KlikDokter dan BeautyHaul adalah : 

  • Lebih sustainable untuk lingkungan
  • Terhindar dari bahan-bahan berbahaya seperti paraben maupun SLS
  • Kaya akan mineral, vitamin, antioksidan, dan minyak alami
  • Mengandung essential fatty acid atau EFA yang bekerja lebih baik pada kulit
  • Mengandung bahan yang tidak mengiritasi sehingga lebih ramah untuk kulit.
  • Dapat memperbaiki kulit sehingga terlihat lebih sehat dan segar
Baca   Rayakan Green Ramadan & Share More Kindness Bersama The Body Shop Indonesia

Manfaat Vegan Body Wash untuk Berbagai Tipe Kulit dari Earth Love Life

Earth, Love, Life – Vegan Body Care Lokal Terbaru!

Dengan berkembangnya lini body care di Indonesia, terdapat salah satu brand body wash yang fokus terhadap permasalahan jenis dan tipe kulit, terutama kulit sensitif. Perkenalkan Earth, Love, Life, produk baru dari Paragon yang memiliki produk yang cocok untuk tipe kulit sensitif. Plusnya lagi, produk-produk ini sudah terjamin aman, vegan, cruelty-free, terdaftar BPOM dan bersertifikat halal.

Earth Love Life - Manfaat Vegan Body Wash untuk Berbagai Tipe Kulit dari Earth Love Life

Earth Love Life - Manfaat Vegan Body Wash untuk Berbagai Tipe Kulit dari Earth Love Life

Saat ini terdapat lima varian produk Earth, Love, Life dengan aroma khasnya masing-masing, yaitu :

  1. Bulgarian Rose & East Nusa Vanilla – aroma FLORAL GOURMAND dengan top notes orange, middle notes rose, dan base notes vanilla, amber, dan musk. Cocok untuk meningkatkan mood dan menghasilkan kulit yang elastis.
  2. Javanese Moringa & Balinese Starfruit – aroma FLORAL FRUITY dengan top notes jasmine dan white flowers, middle notes rose dan apple, dan base notes sandalwood dan musky undertones. Cocok untuk membentuk mood yang bersemangat dan menghasilkan kulit yang glowing.
  3. Spanish Lavender & Javanese Rice Milk – aroma ORIENTAL GOURMAND dengan top notes lavender, middle note vanilla powdery dan base note woody dan musky undertones. Cocok sebagai penghantar tidur dan menghasilkan kulit yang lembab.
  4. South Bali Frangipani & Tropical Coconut Water – aroma FRUITY FLORAL dengan top notes of pineapple, bergamot, dan watery scents, middle notes lily of the valley dan white flowers, dan base notes of vanilla, powdery, dan musky undertones. Cocok untuk membentuk mood yang refreshed/segar dan menghasilkan kulit yang terhidrasi.
  5. East Balinese Bamboo & Oriental Mint – aroma WARM ORIENTAL dengan top notes mandarin, mint, dan rosemary, middle notes  jasmine, raspberry, rose, dan lily of the valley, dan base notes of cedar, musk, dan woody ambery. Cocok sebagai pereda stress dan menghasilkan kulit yang bersih.

Earth Love Life - Manfaat Vegan Body Wash untuk Berbagai Tipe Kulit dari Earth Love Life

Earth Love Life - Manfaat Vegan Body Wash untuk Berbagai Tipe Kulit dari Earth Love Life

Menarik banget kan ya varian-variannya. Apalagi produk tersebut adalah yang pertama di dunia yang menggunakan Mood Boosting Fragrance™ body care, dibuktikan oleh Europe Neuroscience Lab. Wow, R&D-nya Paragon ga main-main, canggih banget!

Pas awal mulai launching dan masuk ke pameran JakartaxBeauty di pertengahan Desember 2023, wah banyak yang ga sabar untuk mencoba semua varian! Termasuk saya hehehe. Nanti klo sudah mencobanya, insya Allah akan direview di blog ya. 

Baca   Bersih-bersih Sembari Mandi Parfum dengan Vitalis Body Wash

Untuk sementara ini, saya penasaran sama varian South Bali Frangipani & Tropical Coconut Water dan East Balinese Bamboo & Oriental Mint. Kalau kalian bagaimana? Psst, produk body care ini juga terbuat dari 100% bahan alami karena memakai pangan dari para petani kita di Indonesia loh! 

Sekian blogpost mengenai manfaat vegan body wash dan body care lainnya untuk berbagai tipe kulit, yang dimana ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit kering. Semoga dapat membantu ya dalam memberi rekomendasi tentang vegan body care lokal. Thanks for reading!

RELATED POST

1 Comment

  1. Wah jadi pengin nyoba, sepertinya kulitku butuh ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.