Food, Health, Review

Mencoba KIN Fresh Milk, Susu Segar dari Sapi A2

Hai hai! Mau sharing lagi sedikit mengenai susu. Bagi kalian yang sudah membaca post saya sebelumnya, Memilih dan Memberikan Susu untuk Keluarga, pasti sudah tau sekilas mengenai keunggulan susu dan juga sudah dikenalkan dengan susu A2. Ternyata susu A2 ini sudah mulai ada dan mulai popular di beberapa negara maju.

Nah apa sih bedanya susu A2 dengan susu biasa? Seperti apa sih tampilan sapi A2? Efeknya apa di tubuh kita? Sudah ada belum di Indonesia?
Yuk silahkan baca terus dibawah ini untuk tau jawabannya ya!


Manfaat Susu

Sejak kecil, kita juga sudah dibiasakan meminum susu dengan rutin. Kenapa? Nah kita bahas sedikit mengenai manfaat susu ya. Menurut Medicalnewstoday.com, susu mempunyai khasiat :

  1. Mendukung kesehatan tulang
  2. Mengurangi resiko osteoporosis
  3. Mengurangi resiko penyakit jantung
  4. Menurukan tekanan darah

Semua itu karena susu mengandung lemak, vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin K, natrium, magnesium, kalium, dan choline. Semua itu bermanfaat untuk mendukung fungsi tubuh. Makanya, ga heran kan ibu-ibu menyuruh kita untuk rajin minum susu. Manfaatnya banyak banget!

Mencoba KIN Fresh Milk, Susu Segar dari Sapi A2


Tapi saya kalau minum susu jadi mules! Kenapa ya?

Nah disini nih letak masalahnya. Sebagian orang melewatkan manfaat dari susu sapi segar karena merasa mual, menimbulkan diare, alergi terhadap susu atau lactose intolerant. Menurut dr. Rizal Alaydrus, MSc., seorang pakar gizi, “Gejala mual, kembung, dan/atau diare setelah mengonsumi susu terjadi karena kandungan protein beta casein A1 dalam susu yang bereaksi dengan protein pencernaan lainnya di dalam tubuh, sehingga memicu gejala yang menyerupai intoleransi terhadap laktosa, seperti ketidaknyamanan perut, flatulensi (akumulasi gas berlebih dalam perut dari usus besar), kembung, dan diare yang terjadi setelah mengonsumsi produk susu.”

Ternyata ada kandungan protein dalam susu yang menyebabkan reaksi tidak nyaman di perut. Susu sapi yang tersedia di pasaran pada umumnya memiliki kandungan protein beta-casein A1 dan protein beta-casein A2 dengan rasio 40% dan 60%.

Mencoba KIN Fresh Milk, Susu Segar dari Sapi A2
Courtesy of Vet Helpline India

Perbedaannya hanya terletak pada satu asam amino, yaitu pada  protein A1 terdapat asam amino histidine sementara pada protein A2 ada asam amino prolin. Di waktu pencernaan, protein A1 yang mengandung histidine menghasilkan BCM7 (Beta-casomorphin-7), yang merupakan sebab ketidaknyamanan di perut saat selesai meminum susu. Ternyata satu perbedaan kecil saja ternyata bisa menyebabkan perbedaan yang signifikan loh!

Anton Budiharjo, Marketing Manager KIN menjelaskan, “Sebagian orang banyak mengalami reaksi pada tubuhnya sesaat setelah mengonsumsi susu dan menganggap hal itu adalah normal. Reaksi yang dirasakan diantaranya adalah rasa tidak nyaman di perut seperti rasa kembung, eneg, bahkan mulas. Padahal seharusnya minum susu sama seperti kita mengonsumsi minuman lain yang tidak menimbulkan respon di perut. Banyak orang menduga hal ini disebabkan karena mereka lactose intolerant, padahal bisa jadi karena tubuhnya tidak dapat mencerna protein A1 yang terdapat dalam susu.”


Kok bisa ada susu yang mengandung A1 dan ada susu yang mengandung protein A2?

Awalnya sapi di seluruh dunia hanya menghasilkan protein A2 saja, namun seiring berjalannya waktu dan adanya mutasi genetik, saat ini semakin banyak sapi yang menghasilkan susu dengan kandungan protein A1. Protein A1 terdapat pada jenis sapi yang umumnya dibudidayakan sebagai sapi perah.

Susu yang hanya mengandung protein A2, dipercaya lebih mudah dicerna oleh tubuh dan nutrisinya lebih mudah diserap. Susu A2 mempunyai potensi dalam menjadikan susu sapi lebih baik dari segi nutrisi maupun dari segi toleransi oleh sistem pencernaan. Jadi ga ada lagi tuh rasa mules, diare dan mual setelah minum susu.

Baca Tips & Kebiasaan Sehat untuk Ibu Menyusui

Kin Fresh Milk Susu Sapi A2 - Memilih dan Memberikan Susu untuk Keluarga


Terus bagaimana caranya mendapatkan susu A2? 

Kita harus bisa membedakan antara sapi yang mempunyai susu dengan protein A1, protein A1 dan A2 serta protein A2 saja. Caranya cukup mudah kok dan sama sekali tidak berbahaya. Sapi A2 didapat dari proses seleksi alami dengan melalui seleksi tes DNA. Ini juga dilakukan tanpa rekayasa genetik. Jadi dari banyaaak sapi yang ada, dilakukan tes DNA untuk melihat kandungan protein pada susunya. Kalau hanya protein A2 saja, maka sapi itu akan dirawat dan diambil susunya.


Ada bedanya nggak sama sapi biasa?

Sapi yang memiliki susu A2 itu sapi biasa loh! Hanya saja genetiknya mendukung untuk dia hanya memproduksi susu A2, bukan yang lain. Liat aja tampilan, bentuk peternakan dan cara merawatnya juga hampir sama dengan sapi lain pada umumnya.

Mencoba KIN Fresh Milk, Susu Segar dari Sapi A2
Courtesy of KIN
Mencoba KIN Fresh Milk, Susu Segar dari Sapi A2
Courtesy of KIN

Di Indonesia, baru PT ABC Kogen Dairy menghadirkan terobosan baru lewat KIN Fresh Milk, susu segar dari sapi A2. Di peternakannya, PT ABC Kogen Dairy hanya memelihara jenis sapi A2, yang menghasilkan susu dengan kandungan protein A2 saja. Sebagai satu-satunya peternakan sapi terintegrasi yang menghasilkan susu dari sapi A2 secara eksklusif di Indonesia, seluruh sapi di peternakan KIN menjalani proses pemeriksaan ketat, dimulai dari kualitas kesehatan, kondisi hidup, hingga pemeriksaan DNA untuk memastikan susu yang dihasilkan tidak mengandung protein A1.

Mencoba KIN Fresh Milk, Susu Segar dari Sapi A2
Courtesy of KIN

Apakah rasa susu dengan protein A2 berbeda dengan susu biasa?

Sama aja sih, tapi bener ga ada rasa mules abis minum itu pada pagi hari. Biasanya kan saya suka sakit perut kalau langsung minum susu di pagi hari tanpa makan. Saya mulai mini review Kin Fresh Milk – Susu Berkelas Dari Sapi Teratas dulu ya! 😀

Memilih dan Memberikan Susu untuk Keluarga

KIN Fresh Milk adalah 100% susu segar dari Sapi A2 yang hanya mengandung Protein A2 (tanpa Protein A1) sehingga lebih mudah dicerna dan nyaman di perut. “Susu dari sapi A2 ini adalah 100% susu segar, tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangi pada kandungannya. KIN Fresh Milk hanya mengandung protein A2 yang lebih bersahabat untuk perut, sehingga lebih mudah dicerna dan diserap dalam tubuh”, ujar Tiffany Pratiwi Suwandi, Brand Manager KIN.

Mencoba KIN Fresh Milk, Susu Segar dari Sapi A2 Mencoba KIN Fresh Milk, Susu Segar dari Sapi A2

KIN Fresh Milk dikemas dalam botol PET berukuran 200 ml. Ada gambar sapi didepan dan ini menarik perhatian Rio juga sih hahaha. Dia senang sekali melihat dan menunjuk-nunjuk sapi tersebut. KIN Fresh Milk tersedia dalam 3 rasa Original (warna merah), Chocolate (warna coklat gelap) dan Coffee (warna coklat muda). Alhamdulillah, KIN Fresh Milk juga sudah tersertifikasi halal loh! Selain itu, KIN Fresh Milk merupakan satu-satunya produk susu yang dikemas dalam botol dengan UV light barrier untuk menjamin kualitas produk tanpa bahan pengawet.

Di bagian belakang ada keterangan komposisi, tanggal kadaluarsa dan juga Informasi Nilai Gizi. Untuk rasa original, komposisinya terdiri dari 100% fresh milk. Energi totalnya adalah sebesar 130 kkal dengan lemak total sebesar 7g dan gula total sebanyak 4g. Sementara untuk susu coklat energi totalnya adalah sebesar 170kkal dengan gula total sebanyak 13 g. Komposisinya masih tetap susu segar tapi ditambahkan lebih banyak gula, coklat bubuk serta pengemulsi nabati. Untuk susu kopi energi totalnya adalah sebesar 160 kkal dengan gula total 10 g.

Mencoba KIN Fresh Milk, Susu Segar dari Sapi A2

Saya tidak suka susu plain jadi yang mencoba hanya Rio, Arga dan adik saya. Secara umum, mereka mengatakan bahwa rasanya cukup enak dan gurih. Rio cukup suka susu ini jadi agak rebutan dengan Bapaknya hahaha. Amannya sih untuk anak diatas 2 tahun, tapi karena Rio sudah familiar dengan susu UHT, makanya saya kasih icip-icip sedikit. Adik saya sih mengatakan susu rasa original ini cukup cair, tidak sekental susu plain lainnya.

Sementara untuk susu coklat, coklatnya cukup kental dan terasa. Agak pekat sih susunya namun enaknya setelah minum ini di pagi hari tanpa sarapan, perut saya tidak bereaksi hihi yeay! Cocoklah untuk dibawa traveling, karena abis minum ini tidak usah cari toilet hahahaha. Kalau saya pribadi sih, senang sekarang ada alternatif susu yang bisa bikin kita ga mules! #AntiMulesMulesClub.

Mencoba KIN Fresh Milk, Susu Segar dari Sapi A2

Oiya, meskipun saya tidak menyukai rasa kopi, tapi tetap saya coba loh! Ternyata mirip mirip kopi susu (iyalah diiil isinya susu rasa kopi hahaha). Cukup bersahabat juga dengan perut serta jantung saya. Ga ada dag dig dug setelah diminum. Saya juga tidak terlalu terjaga pas malam, alias bisa tidur nyenyak abis minum ini. Jadi jangan berharap mirip sama kopi ya efeknya. Rasa kopinya juga cukup ringan, tidak terlalu kopi banget. Malah saya gunakan varian ini untuk menemani saya saat menulis blog.

Baca Aktivitas Mom Blogger 

Mencoba KIN Fresh Milk, Susu Segar dari Sapi A2

KIN Fresh Milk ini lebih baik disimpan di tempat sejuk dan kering. Usahakan jangan terkena sinar matahari langsung dan sama seperti susu lainnya, silahkan segera habiskan setelah dibuka. Susu ini sekarang sudah tersedia di mini market dan supermarket terdekat loh. Jadi silahkan langsung dicari yaa. Untuk info lebih lanjut, silahkan mengunjungi :

Website : www.kindairy.com
Instagram : @kindairyid

Nah siapa yang sudah mencoba susu A2 ini? Nah kalau kalian ingin mencoba rasa apa? Tinggalkan komentar kalian di bagian komen ya. 🙂 Thank you for reading!

Mencoba KIN Fresh Milk, Susu Segar dari Sapi A2

 

 

 

 

You may also like...

4 Comments

  1. nanti coba cari ah di minimarket terdekat.

  2. Hastira says:

    bisa dicoba nih semenjak usia 40 tahun entah mengapa kl minum susu segar selalu diare, mknya ini patut dicoba

  3. waaahh ada yang rasa kopi! cobainnn ah

  4. Wah, baru tau nih aku ada jenis susu A2, hehe.. Aku baru denger sih ada susu merek KIN ini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.