Technology, Thoughts

Berbagai Cara Silaturahmi Virtual

Covid-19 membuat kita tidak bisa kemana-mana. Mudik pun tidak boleh dilakukan tahun ini. Tapi ternyata masih ada berbagai cara silaturahmi virtual yang bisa dilakukan untuk melepas kangen terhadap sanak saudara dan teman-teman.

Courtesy of Pixabay

Sudah 2 bulan kita harus di rumah saja dan mengurangi interaksi dengan orang banyak. Tapi saya masih bersyukur bahwa pandemi ini terjadi di tahun 2020 dan bukan jaman dulu ketika teknologi tidak secanggih sekarang.

Tahun 2020 ini, kita masih bisa berdiskusi dan melihat langsung orang-orang yang tidak berada di dekat kita. Kebayang ga sih kalau terjadi di tahun 1990an atau 1980an? Tentu harus pakai surat bahkan telpon hihi. So there is indeed a silver lining in every cloud.

Nah, lantas aplikasi apa saja yang bisa digunakan agar dapat melakukan silaturahmi secara virtual pada lebaran kali ini atau kapan saja butuh ngobrol dengan teman?

Baca   Bisakah Silaturahmi Setiap Hari di Masa Pandemi?
Berbagai Cara Silaturahmi Virtual
Courtesy of Pixabay

Zoom

Aplikasi ini mulai booming pada tahun kemarin. Saya sih mengenalnya saat melakukan financial class bersama QM Financial. Semuanya pakai zoom. Tergolong mudah sih karena kita cukup menginstall di HP dan bisa secara langsung berdiskusi dengan banyak orang.

FWD Life Kumparan Buka Bareng Zoom

Sayangnya, kemarin sempet ada security breach sih. Jadi banyak orang yang takut untuk menggunakan aplikasi ini. Tapi alhamdulillah selama saya memakai Zoom, belum ada yang aneh-aneh. Semoga yaa. Tapi kalau tidak menggunakan yang berbayar, setiap 40 menit abis wkwk.

Oiya sekarang ada fitur Zoom Conference atau Talkshow (lupa haha karena pernah pakai sekali aja), jadi hanya sebagian orang saja yang bisa berbicara dan muncul di layar. Sisanya hanya bisa melihat dan chat saja.

Baca   Kegiatan Selama Pandemi Covid-19

Google Meet

Ini adalah alternatif lain untuk diskusi dengan orang banyak. Lebih mudah digunakan dan jika di gunakan di PC, kita langsung bisa memakainya tanpa install aplikasi lain. Arga juga memakai ini untuk urusan kantor, karena securitynya lebih baik daripada Zoom.

Oiya, bisa juga menampung 250 orang sekaligus untuk video call. Bisa reunian deh lama-lama. 😀 Siapa yang udah reunian pakai Google Meet?

Berbagai Cara Silaturahmi Virtual
Courtesy of Google

Whatsapp

Ini yang dipakai oleh keluarga kecil Arga untuk saling kontak. Bisa phone call dan video call, malah baru tau beberapa bulan yang lalu kalau bisa video call lebih dari 1 orang hehehe. Meskipun kadang jaringannya ga stabil, tapi cukup lumayan lah. Tapi tidak bisa banyak-banyak sih waktu kemarin coba.

Apalagi Whatsapp merupakan aplikasi yang hampir semua orang punya di HP. Jadi tidak perlu ribet untuk install lagi. Dan juga senior friendly hihi, mudah digunakan juga oleh orang tua. Pulsa telpon sudah tidak kepakai lagi ya kalau begini hahaha.

Baca   Mudik di Kala Pandemi? Yes or No?
Berbagai Cara Silaturahmi Virtual
Courtesy of Google

Instagram

Ini lebih ke satu arah yaa kalau mau silaturahmi atau membuat semacam talkshow berdua teman. Sudah banyak sih yang pakai ini, dan sekarang fiturnya juga semakin banyak. Selain bisa tanya langsung, kita juga bisa invite teman untuk langung say hello ke semua followers kita juga hehehe.

Baca   Tips Mengelola Keuangan Saat Pandemi Covid-19

FWD Life IG LIVE Financial talk Aidil Akbar Dono Pradana

Oiya, sekarang semua IG Live langsung automatis ke save ke IGTV ya jika kita inginkan. Jadi kalau ada teman yang miss live session kita, bisa langsung dilihat lagi di IGTV. So you are there just by a few clicks away 🙂


Jadi dari berbagai cara silaturahmi virtual diatas ini, kalian sudah pakai yang mana saja? Semoga silaturahmi tetap terjaga ya di masa pandemi ini. Stay healthy and safe everyone!

RELATED POST

1 Comment

  1. fitur Zoom Conference atau Talkshow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.