Education, Technology

Review ZenCore dari Zenius – Cara Seru Meningkatkan Kemampuan Otak!

Last Updated on August 18, 2021

Hello semuanya, apa kabar PJJ? Tidak terasa ya sudah hampir sebulan memasuki tahun ajaran baru. Tentu dengan semua yang serba online, hal ini menjadi tantangan baru. Tapi serunya, ada banyak metode dan tools baru yang bisa digunakan untuk membantu belajar. Salah satunya adalah ZenCore dari Zenius, sebuah cara seru meningkatkan kemampuan otak.

Bermain Zencore dari Zenius bersama dengan anak - Review Zencore dari Zenius - Cara Seru Meningkatkan Kemampuan Otak!

Di blog post kali ini, saya akan mengulas atau review ZenCore dari aplikasi Zenius. Ternyata seru juga loh meningkatkan kemampuan otak seperti ini. Lebih masuk! Eh, memang seperti apa sih? Silakan baca terus blog post ini yaa.

Kegiatan Selama PPKM = PJJ #diRumahSaja

Tahun ajaran 2021/2022 ini, saya resmi menjadi ibu anak yang melaksanakan PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh. Yap, alhamdulillah Rio sudah memasuki fase harus dibayar SPPnya hahaha, alias sudah menjadi seorang murid sekolah.

Baca   Situs Printable Gratis Untuk Anak - Faradila's Favorites

Tahun ini Rio memulai perjalanan (panjangnya) di dalam dunia akademis, dimana dia mulai memasuki kelas TK A atau TK nol kecil. Awalnya sih optimis bisa beberapa hari tatap muka di sekolah, tapi setelah melihat situasi sekarang yang tidak memungkinkan anak-anak berkumpul, eh lagi-lagi harus di rumah.

Alhasil PJJ ya dari rumah saja alias via online. Jadi meskipun Rio sudah masuk sekolah, tetap ya Ibunya harus sigap menemani di depan laptop kalau sedang ada kelas online. Kalau ada kegiatan mandiri, ya Ibunya lah yang siap merekam, edit video dan kirim ke gurunya. Tetap sibuk ya Ibunya hahahaha.

anak TK PJJ - Review Zencore dari Zenius - Cara Seru Meningkatkan Kemampuan Otak!

Mencari Cara Meningkatkan Kemampuan Otak

Karena di rumah aja, akhirnya saya ingin mencari cara meningkatkan kemampuan otak untuk anak. Apalagi di masa golden age ini dan di awal mulai sekolah. Saya tentu ingin menerapkan kebiasaan baik dan juga mengenalkan anak dengan teknologi yang akan dia pakai dalam beberapa tahun ke depan.

Tidak tau juga yaa kapan semuanya bisa kembali seperti “normal” dahulu kala, so we are the one that needs to prepare and adapt well to the situation.

Oiya, sembari mencari kegiatan mengasah otak untuk Rio, saya juga ingin mencari hal yang serupa juga karena masih mau mencoba mendaftar kerja atau CPNS hihihi. Jangan sampai kelamaan di rumah, otaknya makin ngeblank dong karena jarang dikasih kesempatan untuk berpikir~

Baca   Tips Agar Betah WFH di Rumah

Setelah baca beberapa review teman blogger yang lain, akhirnya saya download aplikasi Zenius yang didalamnya ada kegiatan seru untuk mengasah otak, yaitu ZenCore! Saya ingin membuktikan sendiri, bener ga sih ZenCore ini seru? Sampai ada yang push-rank terus dan berkompetisi dengan suaminya loh hahaha. Penasaran kan jadinya…

interested

Mencoba ZenCore dari Aplikasi Zenius

ZenCore sendiri adalah sebuah metode adaptive learning yang ada di aplikasi Zenius, yang cocok untuk segala usia. Jadi di dalam ZenCore dari Zenius ini, ada semacam permainan berbentuk quiz yang berisi skill dan knowledge yang menurut Zenius harus dikuasai oleh semua orang terlepas dari apa pun jenjang pendidikan, jurusan, atau bidang kerjaannya.

Skill dan knowledge yang menurut Zenius harus kita kuasai adalah :

  • Fundamental Skills – berguna untuk ngelatih cara berpikir. Bisa dilatih di ZenCore bagian CorePractice. Ada 3 kemampuan utama yang dilatih sekaligus sebagai fondasi dalam berpikir yaitu Matematika, Verbal & Logika, dan Bahasa Inggris.
  • Insightful Knowledge – berbagai pengetahuan yang insightful seperti filsafat, basic sciences, big history, dll. sehingga kita dapat melihat dunia dengan berbagai perspektif atau sudut pandang. Bisa dilatih di ZenCore bagian CoreInsight (UNDER CONSTRUCTION)
Baca   Mendidik Anak Menjadi Tanggap yang Lengkap

Menurut saya, kedua hal ini memang sangat penting untuk dimiliki orang anak-anak, terutama anak generasi Alpha (yang lahir 2010 keatas). Anak-anak gen Alpha akan bersaing dengan lebih ketat lagi secara global. Oleh karena itu, perlu cara berpikir yang sudah canggih, agar bisa menangkap informasi lebih cepat dan berpikir secara kritis dan rasional. Automatis, kualitas hidup dan juga SDM akan meningkat kan yaa.

Saya sih sejalan dengan pemikiran Zenius, yang juga mengedepankan bahwa kita bisa belajar dan #mulaidarimanaaja. Aplikasi adaptive learning ini jelas membantu siapa saja yang ingin maju dan belajar lebih banyak, regardless of who and where they came from.

fitur dari aplikasi zenius, Review Zencore dari Zenius - Cara Seru Meningkatkan Kemampuan Otak!

Review ZenCore – Bisa Push Rank!

Untuk mengakses ZenCore, tentu kita harus Download aplikasi Zenius terlebih dahulu. Lalu cukup lakukan registrasi dan memilih kita ini termasuk kategori siswa, orang tua, pengajar atau umum. Yap, platform Zenius ini bisa digunakan oleh siapa saja loh, tidak terbatas yang duduk di bangku sekolah saja.

download aplikasi zenius, Review Zencore dari Zenius - Cara Seru Meningkatkan Kemampuan Otak!

Setelah registrasi, saya langsung disambut oleh halaman Home yang cukup banyak pilihan. Ada untuk persiapan ujian, belajar pelajaran sekolah malah ada LIVE Teaching juga untuk beberapa jenjang pendidikan. Keren!

Saya sendiri mengaktivasikan akun sebagai orang tua untuk anak kelas 1 SD. Memang materinya masih tidak sebanyak yang untuk SMA, tapi cukup menariklah kalau saya intip intip. Ada berbagai materi video juga yang enak untuk ditonton oleh anak-anak. Nice!

Review Zencore dari Zenius Cara Seru Meningkatkan Kemampuan Otak!

Menjawab Soal-Soal di ZenCore

Setelah itu, saya langsung klik ZenCore yang mengantarkan saya ke halaman ZenCore. Terdapat penjelasan singkat tentang fitur ini. Akhirnya sampai juga di halaman CorePractice ZenCore dimana terdapat tiga bidang yang dapat kita latih, yaitu Matematika, Verbal & Logika, dan Bahasa Inggris.

Seperti apa sih dalamnya? Nah seperti ini nih. Dalam satu sesi, ada 8 pertanyaan pilihan ganda  yang memiliki batas waktu untuk dijawab. Karena masih level satu, jadi cukup simpel ya. Di akhir sesi, akan terlihat jumlah skor yang kita dapatkan, berikut dengan penjelasan jawaban.

Review Zencore dari Zenius Cara Seru Meningkatkan Kemampuan Otak!
Contoh soal Matematika Level 1

Penjelasan jawaban ini sih yang menarik. Karena selain dijelaskan secara rinci dalam bentuk tulisan, ada beberapa soal yang juga memiliki penjelasan dalam bentuk video. Asik banget kan ya belajar secara audio visual seperti ini. Pasti dijamin cepat masuk ke dalam otak!

Ada Peringkat & Banyak Hadiah!

Yang menarik dari ZenCore dari Zenius ini, terutama bagi anak-anak yang kompetitif, adalah adanya ranking. Kita bisa melihat rangking kita dengan user lain. Tentu bagi yang lagi “balapan” sama temannya, pasti akan berusaha push rank hihihi.

Review Zencore dari Zenius Cara Seru Meningkatkan Kemampuan Otak!

Malah, suka ada challenge yang bisa kalian menangkan. Hadiahnya juga lumayan loh. Tadi sih lihat ada produk Apple yang bisa dimenangkan. Jadi tambah semangat menyelesaikan berbagai level CorePractice kan ya.

push rank zencore dari zenius Review Zencore dari Zenius - Cara Seru Meningkatkan Kemampuan Otak!

Karena dibuat secara interaktif dan juga menarik, maka tentu anak-anak akan suka untuk menggunakannya. Yaa hitung-hitung lebih baik mengisi waktu dengan menyelesaikan quiz-quiz ala CorePractice kan ya dibandingkan hanya diam nonton sambil rebahan saja hehehe. Tanpa sadar kita bisa meningkatkan kemampuan otak!

Kenapa ZenCore?

Beberapa keunggulan dari ZenCore juga bisa dibaca di bawah ini ya.

kelebihan dari zencore zenius Review Zencore dari Zenius - Cara Seru Meningkatkan Kemampuan Otak!

Inilah salah satu alasan mengapa saya dan juga teman-teman lainnya senang menggunakan ZenCore. Meskipun kita full time mom (dan beberapa part time worker) di rumah saja, kita masih bisa mengasah kemampuan berpikir via ZenCore dari Zenius ini. Malah anak-anak juga jadi penasaran kita main apa hahaha, nanti jadi ikutan deh.

Nah ini sih yang diharapkan, anak melihat kita meningkatkan keterampilan dan kecerdasan otak, lalu kemudian meniru hehehe. Sebenarnya pertanyaannya masih cukup susah untuk Rio yang bacanya masih cukup pelan dan juga pengetahuannya masih tingkat TK hehehe. Apalagi mayoritas pertanyaan berbentuk kalimat, jarang yang berbentuk gambar.

Bermain Zencore dari Zenius bersama dengan anak Review Zencore dari Zenius - Cara Seru Meningkatkan Kemampuan Otak!

Tapi diharapkan kedepannya, dia bisa ikut bermain ZenCore dalam latihan CorePractice dan juga CoreInsight yang akan datang. Saya juga ingin anak-anak saya memiliki fundamental skills dan juga insightful knowledge yang tentu berguna bagi kehidupannya di kemudian hari. *tsah*

Baca   Belajar Mendidik Anak di Era Digital Saat Blogger Gathering SIS Bona Vista

Dimana Bisa Memainkan ZenCore?

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, ZenCore ini merupakan salah satu fitur unggulan dari aplikasi Zenius. Jadi bagi yang ingin ikut push rank, tentu harus download dulu aplikasinya. Sudah ada di Play Store dan App Store ya.

Menurut saya aplikasinya cukup bagus sih, terutama bagi yang ingin mengulang lagi materi sekolah. Karena kita bisa #mulaidarimanaaja belajarnya. Super nyaman pula ada latihan soal dan juga materi dalam video. Lengkap!

Nah siapa yang sudah download ZenCore dari Zenius juga? Sudah main CorePractice kah? Berapa nilainya? Yuk yuk bagikan cerita kalian di bagian komen yaa. Siapa tau nanti bisa ketemu pas push rank bareng-bareng. 😀

Bermain Zencore dari Zenius bersama dengan anak Review Zencore dari Zenius - Cara Seru Meningkatkan Kemampuan Otak!

RELATED POST

41 Comments

  1. materi pelajaran yang disampaikan dalam bentuk video memang menarik perhatian anak-anak, mudah dicerna

  2. anak saya juga pake zenius
    dai jg senang dengan ZenPractice khususnya yg bahasa inggris
    makin ketagihan dia ketika nilainya bagus

  3. Hahhaa gemesh banget bisa push rank dong! Jadi menarik ya karena ada kompetisinya.

  4. wah ini ngebantu banget apalagi buat anak sekolah di rumah aja gini soalnya kadang ornag tua juga bantu jelasin makin puyeng juga nih meskipun aku pun sama sama guru

  5. Zencore dari Zenius ini bener-bener membantu anak belajar di saat seperti sekarang ya mbak, lihat dari aplikasinya pun bener-bener bagus nggak bikin boring banyak program dan hadiahnya. Boleh nih aku rekomendasiin buat keponakanku yang lagi pada PJJ.

  6. Akhirnya aku berlangganan ini juga Mba, lumayan buat tendem anakku kalo belajar. Aku juga jadi ikutan belajar juga hahaha. Penyelamat banget deh dikala PJJ gini, udah gitu pas lagi promo deh.

  7. Zenius makin keren ajaa! Dulu jaman awal2 muncul rasanya belom secanggih ini trus juga aku belajar di saat mereka belum ada. Pengen banget sih rasain belajar pakai Zenius

  8. Dilihat dari bentuk soalnya sepertinya lebih cocok untuk anak minimal SD kelas 1 yang udah bisa baca ya mba?
    Terus ada video pembelajarannya juga kah?

  9. Menarik juga nih nyoba Zencore buat aku yang udah lama ga belajar 🤭. Iseng – iseng nambah pengetahuan dan mengukur kemampuan otak di usia sekarang ini.

  10. wah ternyata ga anak sekolah aja ya. jadi zenius ini kaya brain games deh, jadi pengen coba.

  11. Serius, saya waktu baca judulnya saya pikir ini type handphone.. hahaha.. ternyata aplikasi pendidikan. Dan baru tau kalau ini untuk segala usia. Jadi kita-kita yang emak-emak tuhbisa juga ya belajar lagi lewat zencore.

  12. Aku jadi tertarik nih sama Zenius; tapi ngomong-ngomong bisa digunakan mulai TK sampai anak-anak kelas berapa ya?

  13. Jadi ga terbatas sama murid sekolah saja ya mba aplikasi ini dapat digunakan.sya pun kalau ingin berlatih di zencore bisa banget ya mbak. Keren nih

  14. Menjalani masa pendidikan jarak jauh, pasti kerap menimbulkan jenuh pada anak. Inovasi berupsa aplikaai zebcore ini cukup menarik karena merupakan platform yang mengedukasi dan anak bisa mengikuti berbagai test yg tersedia sekaligus bisa meningkatkan keterampilan dan pengetahuan bagi anak

  15. Eh utk kelas 1 Sd juga udah ada ya ternyata fitur ZenCore ini?
    Anak2 pasti seneng ya bisa belajar dengan fun dan biasnaya itu nyantol gtu ke anak.
    Apalagi masa kyk skrng kan kadang materi dari sekoah jg suka ngebosenin gtu. Bimbel ini dan fitur2nya bisa jd alternatif supaya anak tertarik belajar.

  16. bagus bgt ya mom aplikasinya bisa mendukung belajar anak dirumah, jadi ada media yang memadai,

    kadang bingung juga sih ngajarin anak tanpa patokan .. karena enggak tau target belajar anak sesui usianya

  17. Zenius makin asik aja. Aku semula pakai Zenius karena mau nyari bimbel online yang asik buat anakku. Eh, ternyata di Zenius ada ZenCore. Jangankan anakku, aku aja suka 😀

  18. Aplikasi pendidikan yang bagus banget ya, bisa bantguin ibu2 menemani anaknya biar enggak bosan di rumah aja.

  19. Semua fitur di Zencore ini gratis kan yaa…kak Faradila?
    Aku juga mau…hehhe, kalau dirumah, sambil gak ngapa-ngapain, lumayan banget main-main mengasah otak di Zencore yang memiliki Fundamental Skills dan Insightful Knowledge.

  20. Aku baru mau coba install nih buat anak2 latihan di rumah. Daripada main game online mending ngerjain soal di Zencore, iya kaan..

  21. Main game tapi yang ngefek ke kecerdasan memang cuman dari zencore ya..
    Jadi kepo dan pengen download deh

  22. Ini keren banget sih, sudah bantu membekali anak-anak gen alpha untuk lebih siap lagi secara skill dan juga knowledgenya.

  23. Di rumah saja memang enaknya diisi dengan kegiatan salah satunya dengan mengasah otak. Asyik banget ini sambil nyelam minum air ya. Asah otak bisa dapat hadiah juga

  24. Mantap nih Rio yang masih TK udah dicariin aplikasi belajar yang bagus buat ntar pas SD, ya

  25. Seru ya, Mbak. Saya sudah download sejak bulan lalu. Bukan hanya krucil saya yang seru-seruan dengan Zenius, tapi saya juga bisa ikutan mengasah otak. Tambah level makin seru. Ada pembahasan soal kalau kita salah jawab.

  26. Asyik banget nih, jadi bisa belajar sambil bermain. apalagi ada peringkat dan hadiahnya juga. pasti jadi termotivasi nih anak-anak belajar dengan zencore

  27. Push ranknya bikin ketagihan euyy. Soal anak2 SD kok berasa susah banget ya buat kita sebagai orangtua. Maklum udah lama ga belajar soal2 kayak gitu lagi. Haha..

    ZenCore sukses nih bikin orangtua main soal. Smoga bisa nularin suksesnya utk mendidik anak2 masa kini dan masa depan.

  28. jaman sekarang yang anak2 kecil juga belajar online di rumah aja, emang harus ekstra kreatif yaa buat memacu kemauan anak buat belajar, keren sih inovasi nya zenius ini bikin aplikasi belajar ala-ala kaya main game yaa, memicu keinginan anak buat belajar pake model push rank gitu

  29. Saya juga ketagihan lho mba dengan fitur zencore dari zenius ini. Beneran bisa banget untuk ngasah otak :)) Keren yaa idenya mas Sabda soal zencore

  30. Aku juga udah nyobain nih ZenCore nya. Asyik banyak challenge yg bisa dikerjakan untuk belajar dirumah bersama keluarga

  31. di saat banyak ortu yang memprotes game online, zencore memanfaatkannya menjadi media untuk membantu anak berpikir taktis dan logic. keren nih, ini baru namanya memanfaatkan peluang dunia digital yaa mba

  32. Orangtua aja merasa tertantang untuk mengasah otak dengan zencore dari zenius ini, apalagi anak-anak ya mba. Mengulang pelajaran serasa bermain. Applikasi yg harus ada di ponsel ini.

  33. mencoba memainkan pushrank di fitur ZenCore dari aplikasi Zenius ini emang seru mbak
    mengasah otak banget

  34. Fenni Bungsu says:

    Asik ini Zencore bantu anak-anak belajar dengan cara yang simple dan bikin semangat. Udah gitu juga asah otak ala Zencore bisa dimanfaatkan buat orang dewasa juga ya.

  35. Sudah dunk, main dapet mayan ZenScore Points di app Zenius. Hanya saja, sering kejebak di pertanyaan matematika yang aku ngga sangka bakalan salah hahahaha.

  36. Wah mau juga ah ntar mainin CorePractice nya ya, berarti kudu download aplikasi Zencore nya juga ya, btw anak bungsu saya usia 4,4 tahun sudah bisa masuk TK A ya Mba… ini masih saya, ayahnya, dan kakak2nya yg ngajarin secara mandiri aja sambil bermain. Boleh jg nih belajar fundamental skills dg Zencore yaa

  37. Push rank udah umumnya emang dipakai di game ya.. Jadi langsung kebayang nih keseruan belajar serasa main game..

  38. Aplikasi yang membantu para anak ketika mereka sekolah online ya ka. Jadi, ga bosan gitu, karena ada game ya juga. Bisa di mainkan semua umur lagi, cakep bngt dah

  39. saya belum coba nih Zencore dari Zenius, padahal kayaknya seru ya uji kemampuan diri, masih ingat gak yaa pertanyaan-pertanyaan anak sekolah, mau coba juga aahh sekalian nanti ama Si Kakak juga 🙂

  40. Bagus nih zencore. Bisa membantu anak belajar. Apalagi sekarang di masa pandemi.

  41. Ini artikel kesekian baca soal Zencore dan makin ke sini makin yakin sih kalau produknya Zenius itu memang never fail!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.