Technology

Cara Atasi Manajemen Mikro dengan Absensi Online Android

Bicara soal absensi online android, se-efektif apakah aplikasi ini dalam meredam micro-managing?  Bagaimana manajemen mikro dan fraud absensi karyawan yang sudah mengakar dapat diatasi hanya dengan aplikasi absensi berbasis android?

Cara Atasi Manajemen Mikro dengan Absensi Online Android
Courtesy of Pixabay

Manajemen mikro bisa dikatakan sebagai “racun” dalam lingkungan kerja. Membahas istilah ini sama artinya kita mengupas perilaku atasan bahkan dalam satu lingkup perusahaan secara keseluruhan. Konon manajemen mikro sendiri bisa diredam dengan berbagai cara, seperti perubahan sistem kerja atau penggantian SDM. Bahkan penggunaan teknologi terbaru seperti absensi online pun mampu mengatasi “penyakit” perusahaan ini. 

Baca   Pertimbangan Memilih Marketplace Online untuk Jual Handphone

Apa Sebenarnya Manajemen Mikro Itu?

Secara garis besar, manajemen mikro merupakan perilaku manajemen yang represif terhadap karyawan ataupun anggota tim. Perilaku represif sendiri bisa berupa tekanan yang dilakukan terus menerus, mengawasi dengan ketat, mengamati, dan melakukan perintah kepada bawahan sehingga karyawan mengalami syndrome burnout atau bisa diartikan persaingan yang tidak sehat antar para karyawan.

Cara Atasi Manajemen Mikro dengan Absensi Online Android
Courtesy of Pixabay

Efek Buruk Manajemen Mikro

Baik karyawan maupun perusahaan berisiko mengalami kerugian dengan adanya manajemen mikro. Misalnya karyawan menjadi cepat stress bahkan disengagement yang memicu berkurangnya produktivitas bahkan mendorong tindakan fraud

Dalam lingkup perusahaan memang sangat sulit menghilangkan manajemen mikro karena bisa saja kondisi tersebut terjadi secara tidak sengaja. Misalnya pada kondisi tertentu seperti saat perusahaan sedang mengalami krisis finansial atau kondisi bisnis yang stagnant

Baca   Rakornas Agribisnis KADIN 2019 – Prioritaskan Pertanian dan Pangan Indonesia
Cara Atasi Manajemen Mikro dengan Absensi Online Android
Courtesy of Pixabay

Seperti yang disebutkan diawal cukup banyak cara meredam manajemen mikro. Contohnya dengan usaha makro perusahaan melalui perubahan sistem kerja atau secara mikro perusahaan seperti pelatihan tim ataupun konsultasi. Jika dilakukan secara makro perusahaan, maka hal yang paling mudah adalah merubah sistem absensi dengan absensi online android. 

Manajemen Secara Langsung dengan Absensi Online Android

Ada beberapa ahli yang mengatakan penyebab munculnya manajemen mikro pada atasan adalah kekhawatiran berlebih (paranoid). Mereka sering merasa khawatir dengan proses kerja karyawan mulai masalah absensi hingga masalah-masalah kecil sekalipun.

Penjadwalan jam kerja dan router shift yang cenderung kacau juga menjadi salah satu pemicu manajemen mikro. Contohnya suatu perusahaan menerapkan aturan jam kerja terlampau baku dan kurang fleksibel tapi disisi lain kebutuhan output perusahaan terlalu besar.

Karena beberapa hal tadi, absensi online android yang mudah diakses serta rekapitulasi secara real-time bisa menjadi salah satu cara efektif meredam manajemen mikro dan perilaku buruk lainnya yang mungkin dilakukan oleh perusahaan kepada karyawan.

Cara Atasi Manajemen Mikro dengan Absensi Online Android
Courtesy of Pixabay

Absensi karyawan online umumnya sudah dilengkapi fitur geo-tagging melalui GPS serta fitur selfie untuk proses absensi atau verifikasi lanjutan. Disamping itu absensi online juga dapat diintegrasikan dengan beberapa perangkat lain seperti fingerprint, absensi biometric, atau jenis absensi lain.

Baca   Jajan Lebih Mudah dengan Aplikasi Kasir Online

Absensi Online Mengurangi Tindak Kecurangan 

Tindakan manajemen mikro juga bisa terjadi karena tindak kecurangan yang sebelumnya sering dilakukan oleh karyawan, salah satunya memanipulasi absensi. Karena kecurangan tersebut maka budaya manajemen mikro bahkan fraud di lingkungan perusahaan terbentuk dengan sendirinya. 

Dengan absensi online segala tindak kecurangan karyawan dapat dikurangi bahkan dihilangkan. Dari sisi keamanan data juga tetap terjamin. Hal ini karena seluruh data yang ada pada cloud storage dibagi ke lebih dari satu server. Adapun data-data yang tersimpan tersebut sudah terenkripsi serta dapat diperbaharui sewaktu-waktu. Itulah alasan mengapa absensi online dinilai mampu meredam manajemen mikro dan sangat penting dimiliki perusahaan.

aplikasi absensi karyawan talenta

Absensi online android Talenta merupakan software HR yang telah digunakan sekaligus solusi terbaik terhadap kebutuhan absensi online perusahaan Anda. Talenta jugmembantu menghitung gaji secara akurat sekaligus menyelesaikan masalah administratif lain yang berkaitan dengan karyawan. Info lebih lanjut silakan kunjungi Talenta.co.

aplikasi absensi online talenta

 

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.