How To, Technology, Tips

Amalan Puasa di Sosial Media

Hai hai! Mumpung puasa tinggal beberapa hari lagi, saya ingin membagikan beberapa amalan puasa yang bisa dilakukan di sosial media. Memang sih ada pro dan kontra soal ini. Banyak sekali artikel yang membahas bahwa amalan puasa akan hilang ketika kita berlaku riya atau pamer di sosial media. That’s true though, tapi di sisi lain, ada juga beberapa hal yang insya Allah bisa memperbanyak amalan puasa melalui sosial media.

Social media is sometime what makes or breaks you. Amalan kita juga seketika bisa menguap kalau kita niatnya pamer di sosial media. Apalagi kalau sosial media dipakai untuk mencaci maki atau menebar hoaks. Big no no.

Bitmoji Image

Well, sebenarnya bukan saya sih yang menentukan amalan itu diterima atau ditolak. Namun saya melihat jika ada sisi sosial media yang bisa menghilangkan amal puasa, maka tentu ada cara agar menambah amalan puasa tersebut. Tentu jika kita gunakan sosial media untuk kebaikan, maka bukan tidak mungkin kan amalan kita bertambah?

Baca Ramadhan MaKIN Nyaman dengan Susu dari Sapi A2

1. Membagikan Ilmu & Ayat Allah

Courtesy of Pixabay

Jaman sekarang, sosial media adalah tempatnya untuk berbagi. Tergantung kita  ingin berbagai hal positif atau negatif. Apabila kita membagikan status tentang ilmu atau ayat Allah, tentu kita berperan dalam menyebarkan kebaikan. Dengan catatan sumbernya shahih yaaa. Apalagi kalau ada yang berubah lebih baik karena melihat postingan kita. Insya Allah bisa menjadi tambahan amalan di bulan yang suci ini 😀

2. Menginformasikan Serba-Serbi Ramadhan

Menyampaikan informasi soal puasa, zakat, infaq, shodaqoh, dan berbagai hal baik yang bisa dilakukan pada bulan ini juga merupakan amalan saat puasa. Kita berperan sebagai jembatan bagi orang lain untuk melakukan kebaikan. This really makes me trust in humanity again.

Baca Ramadhan Masa Kecil di Gainesville, Florida

3. Berbagi via Layanan Galang Dana Online

Di jaman digital ini, apa sih yang tidak mungkin? Kita bisa berbagi dan juga peduli dengan sesama hanya dengan beberapa klik saja. Contohnya adalah dengan menyumbangkan sebagian rejeki kita ke berbagai situs crowdfunding yang terpercaya. Salah satu contohnya adalah KitaBisa, Peduli Sehat, dan masih banyak lagi. Asal pastikan layanannya terpercaya dan tepat sasaran ya.

Baca Mudah Galang Dana Online dengan Peduli Sehat

Mudah Galang Dana Online dengan Peduli Sehat

4. Report Hoax

Kalau melihat ada berita yang tidak benar, langsung laporkan. Kita akan menyelamatkan mata, waktu dan energi orang lain dari membaca berita yang tidak benar tersebut. Oiya, jangan ikutan menyebarkan hoaks juga ya kita. Always check and recheck.

Courtesy of Pixabay

Kira-kira itulah beberapa hal yang insya Allah bisa memperbanyak amalan puasa kita. Semuanya juga dilakukan di sosial media. Jadi meskipun kita sebagai ibu rumah tangga, tidak bisa banyak keluar rumah, tapi apa yang kita bagikan bisa bermanfaat bagi yang lain.

Semoga bacaan ini juga bermanfaat bagi kalian untuk terus melakukan kebaikan ya 🙂

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.