Environment

Kurangi Sampah dengan Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’

Last Updated on January 18, 2023

Seiring dengan bertambahnya populasi dunia, ada satu hal yang juga bertambah secara cepat, yaitu sampah. Jangan kaget kalau kita lihat lingkungan sekitar, memang masih banyak sampah yang berserakan. Sad, I know but it’s the reality we’re facing. Untungnya, semakin banyak yang peduli tentang masalah sampah dan menjalankan program seperti Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ untuk mengurangi jumlah sampah yang ada di lingkungan.

Kurangi Sampah dengan Program Blackmores Peduli 'Tukar Botol'

Jumlah Sampah di Indonesia

Dari tahun ke tahun, sampah selalu menjadi masalah utama dalam pencemaran lingkungan, baik pencemaran tanah maupun pencemaran laut. Sebagian besar sampah, terutama sampah plastik, sangat susah untuk terurai, bersifat toksik dan juga karsinogenik. Sehingga selain membahayakan lingkungan, juga dapat membahayakan kesehatan makhluk hidup.

Bagi yang penasaran tentang jumlah sampah yang ada di Indonesia, Direktorat Penanganan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah membuat situs yang mempermudah kita untuk mengambil data mengenai sampah di Indonesia disini.

Angka Sampah Indonesia 2022

Dari sebanyak 16 juta ton sampah yang dihasilkan di Indonesia pada tahun 2022, sebanyak 76.4% sudah terkelola. Namun masih terdapat 23.88% yang tidak terkelola. Menurut riset yang dilakukan, Indonesia juga merupakan penghasil sampah plastik laut terbesar kedua di dunia. Dari 10 juta metrik ton sampah yang terhanyut ke laut, sebanyak 10 persennya berasal dari daratan. Bahkan sebanyak 83% sampah yang mengapung di laut dan pantai saat ini adalah sampah plastik, menurut PBB.

Terdapat penelitian yang dilakukan oleh UC Davis dan Universitas Hasanuddin di pasar Paotere Makassar yang menunjukkan bahwa 23% sampel ikan yang diambil memiliki kandungan plastik di perutnya. Bisa kebayang kah kalau keluarga kita memakan ikan tersebut dan terdapat mikroplastik di badan kita sendiri? Ngeriii.

Baca   Menggali Ilmu di Danone Community Engagement Day 2022

Karena sampah plastik ini jelas menjadi ancaman utama lingkungan, terutama keanekaragaman hayati laut, maka permasalahan harus ditangani secara terintegrasi lewat Rencana Aksi Nasional untuk Memerangi Sampah Plastik Laut dengan 4 Pilar Aksi. Selain pemerintah, tentu pihak swasta dan warga sekitar diharapkan dapat membantu menanggulangi masalah yang bisa berdampak serius ini.

Inisiatif Blackmores untuk Mengurangi Sampah

PT. Kalbe Blackmores Nutrition, atau lebih dikenal dengan Blackmores Indonesia yang memiliki produk unggulan Blackmores Odourless Fish Oil, terus berkomitmen untuk mewujudkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, terutama untuk ekosistem laut. Secara global, selama lebih dari 90 tahun Blackmores terus berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik dari alam dan juga pada kualitas dan keberlanjutan lingkungan.

Kurangi Sampah dengan Program Blackmores Peduli 'Tukar Botol'

Blackmores Indonesia telah menjalankan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ yang merupakan langkah bersama untuk mempermudah masyarakat mengelola sampah botol plastik untuk kualitas lingkungan dan kehidupan Indonesia yang lebih baik. Melalui program ini, Blackmores Indonesia telah berhasil mengajak masyarakat mengumpulkan 3.783 botol plastik bekas vitamin yang nantinya akan dikelola atau didaur ulang sehingga tidak menambah angka sampah plastik yang mengotori laut.

Country Head Kalbe Blackmores Nutrition, Dickson Susanto mengatakan, “Blackmores percaya bahwa menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan laut merupakan hal yang penting untuk dilakukan bersama demi terciptanya ekosistem laut yang bersih sebagai awal dari kesehatan.”

Baca   Rayakan Green Ramadan & Share More Kindness Bersama The Body Shop Indonesia

Blackmores berharap, inisiatif kolaborasi yang dilakukan melalui program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ ini dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk bekerjasama memperbaiki kualitas lingkungan, terutama ekosistem laut.

Kurangi Sampah dengan Program Blackmores Peduli 'Tukar Botol'

Hasil Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ 2022

Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ yang berlangsung sejak 1 September hingga akhir tahun 2022, Blackmores Indonesia telah berhasil mengumpulkan 3.783 botol plastik bekas vitamin. Langkah selanjutnya adalah membawa botol-botol plastik yang telah terkumpul tersebut untuk dikelola dan didaur ulang oleh eRecycle (organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik), guna mencegah sampah botol plastik mencemari laut.

Kedepannya, Blackmores Indonesia berkomitmen untuk terus berkontribusi menjaga laut tetap bersih untuk sekarang dan masa depan.
– Dickson Susanto (Country Head Kalbe Blackmores Nutrition) –

“Blackmores mengucapkan terima kasih kepada semua konsumen yang telah ikut berpartisipasi serta para mitra yang sudah mendukung program ini, sebagai upaya bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan,” tambah Dickson.

Baca   Mengenal Tanah Papua di Wonderful Papua Virtual Gathering

Jujur, saya sekeluarga sebagai pengguna Blackmores senang sekali ada program ini. Pas dilihat kemarin, lumayan numpuk loh botol Blackmores di rumah 🥲 Mulai dari Blackmores Pregnancy & Breastfeeding, Calcimag hingga Kid’s Body Shield. Iya secinta itu sama Blackmores hehehe.

Blackmores Calcimag Blackmores Pregnancy & Breaastfeeding

Blackmores Kids Body Shield Blackmores Pregnancy & Breaastfeeding

Kalau program ini bisa dilanjutkan hingga tahun 2023 dan menjangkau lebih banyak tempat (seperti di Bogor), maka saya yakin capaiannya akan semakin banyak. Semoga program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ bisa hadir juga tahun ini. I’ll definitely will be waiting!

RELATED POST

29 Comments

  1. Programnya bagus ini, jadi sampah bekas vitamin tuh tidak terbuang sia-sia. Kebetulan aku juga konsumsi Blackmores, nanti kalau sudah habis mau ngumpulin dan drop ke Blackmores. Semoga semakin banyak sih harapannya yang bisa kayak Blackmores gini ya.

  2. Jadi ngeri saya, mendapati hasil bahwa di salah satu pasar di Makassar, 23% sampel ikan yang diambil memiliki kandungan plastik di perutnya. Buang sampah plastik sembarangan, efek buruk jangka panjangnya balik lagi ke manusia ya.

    Bagus nih program Blackmores peduli tukar botol, semoga tahun 2023 ini masih berlanjut lagi programnya

  3. Program ‘Tukar Botol’ Blackmores ini patut diapresiasi dan menjadi contoh bagi perusahaan2 lain untuk melestarikan alam dan lingkungan. Mengurangi kemasan botol kaca, plastik dll memang mesti berkesinambungan kini dan seterusnya. Semoga masyaralat semakin paham dan peduli akan kesehatan dan kecintaan terhadap bumi semakin meningkat.

  4. inisiatif dan program yang keren dan patut didukung nih dari BlackMores…
    karena soal botol kemasan bekas ini bukan masalah sederhana di dunia pengelolaan sampah mengingat masih rendahnya kesadaran kita juga ya

  5. Bayu Fitri says:

    Program tukar botol ini bagus dan patut diapresiasi ya karena kita jadi ikut berkontribusi meminimalisir penggunaan sampah plastik . Sehingga lingkungan tetap terjaga dari limbah plastik.

  6. Yeayy.. senang kalau ada brand peduli sama lingkungan ya. Tapi aku suka lho sama botol Blackmores, besar gitu kan, kalau dipake buat nyimpen bahan lain, semisal merica, garam dkk itu gedhee kapasitasnya.

  7. Kegiatan blackmores bagusss banget untuk keberlangsungan lingkungan jangka panjang semoga diikuti perusahaan lainnya

  8. Bagus sekali. Patut didukung kegiatan Blackmores ini. Dengan begitu, semoga sampah sampah di Indonesia bisa teratasi dengan baik.

  9. Karena sampah plastik yang bertransformasi jadi mikro plastik sudah sangat mengkhawatirkan. Sudah masuk ke dalam tanah, terserap ke tanaman, berserakan di laut, termakan ikan, ujung-ujungnya semua ke hirarki tertinggi rantai makanan: manusia. Bahkan mikroplastik sudah ditemukan di ASI ibu T_T
    Semoga usaha kita semua menekan pemakaian sampah dan daur ulang sampah plastik bisa segera tercapai. Apalagi untuk sekelas perrusahaan besar Blackmores, semoga lebih gencar lagi ya programnya

  10. totally support his programme, yes harus banget sih kurangi sampah terutama sampah botol plastik ya, baiknya di recycle

  11. Wajib support this program ya supaya makin bersih laut kita dan makin sehat juga lingkungannya.

  12. Sampahplastik yang meresahkan kini sudah ada solusinya.
    Terlebih plastik kemasan untuk vitamin seperti ini. Mau gak pakai plastik, tapi bahan inilah yang aman dan bisa menjaga kualitas vitamin. Jadi solusi terbaik adalah ikut program Tukar Botol Blackmores agar terkoordinasi dengan baik.

  13. Kalo untuk di luar kota gimana cara menukarkannya? Btw bagus banget loh campaign blackmores ini.

  14. Selain kwalitas balckmores yang diperhatikan konsen juga sama botol sampahnya .. suka banget sama programnya semoga banyak yg mengikuti nih biar berkurang sampah dan bumi bisa terselamatkan

  15. Boleh juga nih Programnya Blackmores. Patut dijalankan dg baik oleh semuanya.

    Hasilnya juga oke, dari 1 Sept 22 sampai akhir 22, udah terkumpul 3700-an botol. Semoga dg begini, turut serta menyadarkan masyarakat luas, betapa pentingnya untuk tidak buah botol sembarangan.

  16. Boleh juga nih Programnya Blackmores. Patut dijalankan dg baik oleh semuanya.

    Hasilnya juga oke, dari 1 Sept 22 sampai akhir 22, udah terkumpul 3700-an botol. Semoga dg begini, turut serta menyadarkan masyarakat luas, betapa pentingnya untuk tidak buah botol sembarangan..

  17. Berdoa banget deh akan ada jenama lainnya yang mengekor Blackmores Peduli Lingkungan seperti ini, mengurangi sampah juga, dan berguna karena bisa langsung di re-cycle!

  18. salut ya dengan perhatian Blackmores terhadapa masalah sampah terutama plastik dan botol ya karena ini jelas banyak di setiap rumah apalagi yang memang rutin konsumsi Blackmores bisa jadi turut serta nih dalam campaignnya, semoga sih nanti ada di seluruh Indonesia juga ya, jadi semua bisa berpartisipasi.
    sekarang cukup simpan yang rapi aja dulu ya, tukarnya kemudian.

  19. Keren banget ada perusahaan yang sangat peduli lingkungan seperti Blackmores yang adakan program tukar botol buat mencegah pencemaran sampah plastik smoga semua bisa ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan

  20. Saya berharap juga program ini tetap berlanjut. Karena memang bagus untuk membantu menjaga kebersihan laut. Semoga diikuti oleh banyak pihak. Kesadaran manusia akan sampah pun juga meningkat

  21. semoga program seperti ini bisa seterusnya dilakukan, agar semua bisa lebih peduli dengan lingkungan

  22. wah ada beberapa nih botol bekas vitamin blackmores udah numpuk di rumah bingung mau dikemanain programnya sangat membantu banget untuk menangani botol-botol bekas vitamin

  23. Beberapa store Blackmores yang aku lihat di Mall memang menyediakan tempat utk tukar botol ini dan ada benefit berupa potongan harga untuk pembelian Blackmores bagi para pelanggan setia. Keren banget ya programnya

  24. Program yang terus berkelanjutan mengenai pengelolaan sampah ini bagus sekali dilakukan oleh perusahaan besar seperti PT. Kalbe Blackmores Nutrition. Semoga perusahaan lain juga segera menyusul melalui program daur ulang sampah botol yang dihasilkan.

  25. Salah satu kontribusi terbesar sampah memang botol ya. Untunglah ada Blackmores dari PT.Kalbe yang “aware” mengajak masyarakat mengumpulkan botol bekas. Keren ini campaignnya

  26. Sedih plus khawatir mengetahui kenyataan ternyata separah itu sampah sudah mencemari laut kita. Salut buat perusahaan Blackmores dengan program tukar botolnya. Semoga dapat menginspirasi pihak lain agar permasalahan sampah bisa diatasi.

  27. Dengan program Blackmores Peduli tukar Botol mudah-mudahan bisa menginspirasi pihak lain untuk melakukan aksi yang sama. Mudah-mudahan masyarakat semakin teredukasi agar bisa menjaga kelestarian lingkungan

  28. Fenni Bungsu says:

    Sangat mendukung inisiatif Blackmores ini karena jadi menyadarkan sekaligus mengajak kita untuk makin menjaga lingkungan dari sampah plastik

  29. Paling gemes kalo liat sampah sik emang.. apalagi masyarakat kita masih banyak yang gak disiplin buang sampah.. salut sama Blackmores yang memfasilitasi tukar botol vitamin.. jadi mengurangi sampah dan botol bisa didaur ulang jadi lebih berfaedah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.