Beauty, Family, Health, Products, Review

Review Cantiqa Kemiri, Salah Satu Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik

Last Updated on February 4, 2022

Siapa yang suka khawatir perihal rambut anak? Sebenarnya saya termasuk yang woles sih. Cuman kadang rambut Dewo yang tipis ini menjadi omongan netizen salah satu hal yang diperhatikan. Mungkin karena Rio rambutnya tebal kali ya, jadi agak kaget kalau lihat rambut adiknya yang masih sedikit. Langsung deh saya cari rekomendasi minyak kemiri terbaik.

Apakah akhirnya menemukan minyak kemiri terbaik? Memang sih banyak yang menyarankan dari berbagai merk, tapi akhirnya mencoba produk dari Cantiqa Kemiri. Tidak hanya ada minyak kemirinya saja loh, tapi juga ada saripati kemiri dan juga shampoo untuk bayi dan anak!

Penasaran? Sudah saya ulas ya di blog post review minyak kemiri Cantiqa ini. Silakan baca lebih lanjut ๐Ÿ™‚

Mengapa Kemiri?

Kemiri atau Aleurites moluccana (L.) Wild., adalah tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Manfaat minyak kemiri ini cukup banyak, dan salah satunya adalah untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

buah kemiri hazelnut

Menurut sehatq.com, kemiri dapat :

  • merangsang pertumbuhan rambut baru
  • memperkuat rambut โ€“ karena ada kandungan asam linoleat
  • membuat rambut hitam berkilau โ€“ karena ada asam gamma-linolenic
  • aman untuk kulit kepala sensitif

Karena banyak manfaatnya, memakai minyak kemiri ini memang menjadi warisan turun temurun. Jadi kalau ingin menebalkan rambut, pasti banyak yang bilang, โ€œpakai minyak kemiri saja!โ€.

Pengalaman Memakai Minyak Kemiri untuk Anak

Dulu Rio juga sempat mengalami fase rambut tipis di tahun pertama kehidupannya. Memang untuk anak dibawah 2 tahun, pertumbuhan rambut masih belum optimal, menurut salah satu sumber seminar parenting yang saya pernah ikuti. Jadi tidak heran kalau ada anak yang rambutnya botak di satu tempat, tapi lebat di sisi lainnya.

Baca   Mamaโ€™s Choice Strengthening Hair Serum Untuk Menyuburkan Rambut Setelah Melahirkan

Tapi ya namanya juga usaha, saya juga getol membalur rambut dan kulit kepala Rio dengan minyak kemiri waktu dia masih bayi. Alhamdulillah, menjelang Rio berumur 1.5 โ€“ 2 tahun, rambutnya mulai tumbuh banyak dan lebat. Alisnya juga hihi.

Oleh karena itu, saya juga mulai ikhtiar memberikan minyak kemiri ke Dewo. Meskipun secara genetik, Rio Dewo memiliki Ibu Bapak yang berambut tebal, tapi kan harus ada usaha. Jadilah saya mencoba minyak kemiri Cantiqa dan beberapa produk Cantiqa Kemiri lainnya.

Minyak kemiri untuk anak dan bayi

Review Produk Cantiqa Kemiri โ€“ Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik

Sebenarnya cukup beragam produk Cantiqa Kemiri, ada minyak kemiri (tentunnya), saripati kemiri, shampoo, hairmask hingga lash & brow serum. Kali ini, saya mencoba 3 produk, yaitu minyak kemiri yang dibundle dengan saripati kemiri, plus shampoo untuk anak.

Review Cantiqa Kemiri, Salah Satu Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik

Minyak Kemiri Cantiqa & Saripati Kemiri Cantiqa

Minyak kemiri dan saripati kemiri Cantiqa Kemiri dua-duanya datang di dalam botol plastik dengan botol flip top. Keduanya terbungkus plastik yang rapih sehingga minim kerusakan saat dalam perjalanan. Tersedia juga kertas cara pemakaian di dalam paket minyak + saripati kemiri tersebut.

Review Cantiqa Kemiri, Salah Satu Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik

Review Cantiqa Kemiri, Salah Satu Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik

Untuk minyak kemirinya adalah sebanyak 100 ml dan saripati kemiri sebanyak 50 ml dalam satu botol. Dua-duanya memiliki warna coklat gelap dan bau khas minyak kemiri. Untuk komposisinya adalah :

Minyak kemiri :

      • Oleum Aleurites moluccana semen (50%)
      • Oleum Elais guineensis fructus (50%)

Saripati kemiri :

      • Oleum Aleurites moluccana semen (80%)
      • Oleum Elais guineensis fructus (20%)
Baca   Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe

Terlihat bahwa komposisi minyak kemiri lebih banyak di saripati kemiri. Apa sih manfaat saripati kemiri ini? Ternyata saripati kemiri dapat mempercepat proses kerja minyak kemiri. Pertumbuhan rambut akan lebih cepat jika minyak kemiri diaplikasikan sekaligusย  dengan saripati.

Review Cantiqa Kemiri, Salah Satu Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik

Perbedaannya ada di takaran dan juga tekstur. Saripati lebih kental dan agak berbutir. Selain untuk rambut, saripati kemiri juga bisa untuk jenggot, alis, dll.

Kedua produk ini sudah mengantongi izin POM TR (yang memiliki artian Produk obat tradisional lokal). Selain itu, ada seal authenticity yang terdapat di minyak kemiri Cantiqa ini. Insya Allah aman ya. Produk ini juga aman digunakan bayi mulai lahir hingga orang dewasa.

Review Cantiqa Kemiri, Salah Satu Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik

Review Cantiqa Kemiri, Salah Satu Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik

Cara Pemakaian Minyak Kemiri + Saripati Kemiri

  1. Siapkan piring kecil & sendok teh (sdt).
  2. Campurkan 2:1 minyak & saripati, kemudian aduk sampai rata. Ex: 1 sdt minyak kemiri + 0.5 sdt saripati kemiri
  3. Aduk dan oleskan dikulit kepala, rambut atau alis.
  4. Tunggu 30 menit โ€“ 1 jam (bayi & balita) atau minimal 2 jam (dewasa)
  5. Bilas menggunakan shampoo hingga bersih.

Untuk balita, pemakaian disarankan 2-3 kali seminggu. Sementara untuk orang dewasa bisa satu kali sehari.

@faradiladputri Ada yang pakai minyak kemiri juga? #minyakkemiri #minyakkemiriasli #minyakkemiribayi #minyakkemirianak #rambuttipis #fyp #fypใ‚ท #fypage โ™ฌ Happy Cute & Playful โ€“ Yevhen Lokhmatov

Big Hair Baby & Kids Shampoo dari Cantiqa Kemiri

Bagi yang kurang suka bau minyak kemiri, seperti saya kalau terlalu lama wkwk, maka penting untuk mencari shampoo yang harum tapi juga menutrisi rambut. Alhamdulillah Cantiqa Kemiri juga punya nih series shampoo untuk anak dan bayi.

Big Hair Baby & Kids Shampoo adalah produk dari Cantiqa Kemiri yang mengandung extra kemiri dan Hyaloveil (Adsorbent Acting Hyaluronic acid โ€“ kulit akan tetap lembab). Tidak mengadung Paraben, SLS
maupun Phytalate. Dan yang paling penting, wangi banget!

Review Cantiqa Kemiri, Salah Satu Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik

Produk ini datang dalam kemasan tube 150 ml dengan desain yang menarik. Terdapat keterangan produk dan juga tanggal expired dan batch number di bagian belakang.

Produk ini juga sudah terdaftar di BPOM NA18191005911 dan memiliki komposisi :

Water, Sodium Cocoyl Alainate, Lauryl glucoside, cocamidopropyl betaine, sodium methyl cocoyl taurate, PEG-150 Distearate, polusorbate 60, disodium cocoamphodiacetate, phenoxyethanol, polyquaternium-10, amodimethicone, citric acid, fragrance, polyquaternium-7, chlorphenesin, panthenol, trideceth-10, hydroxypropyltrimonium hyaluronate, Olea Europaea Fruit Oil, Aleurites moluccana seed extract, pentaerythrityl tetra-di-t-butyl hydroxyhydrocinnamate, caramel

Teksturnya cukup kental, berwarna bening dan mudah berbusa. Adapun cara pemakaiannya adalah tuang secukupnya ke telapak tangan, busakan terlebih dahulu di tangan, kemudian gosokkan dan pijat lembut pada rambut dan kulit kepala yang sudah dibasahi.

Review Cantiqa Kemiri, Salah Satu Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik

Testimoni Cantiqa Kemiri

Saya memakaikan rangkaian produk Cantiqa Kemiri ke Dewo sebelum mandi, sesuai dengan takaran yang dianjurkan diatas. Alhamdulilllah, Dewo tidak terlalu rewel atau menunjukkan gejala alergi. Mind you that he has quite sensitive skin. Jadi aman ya untuk anak dengan kulit yang sensitif. Tidak ada rasa panas atau gatal. Dia nyaman-nyaman saja saat main sembari menunggu waktu untuk mandi.

Yang cukup menantang adalah saat memandikan Dewo hahaha. Dia sudah mulai tidak bisa diam, jadi cukup susah untuk mencuci rambutnya. But all is well, shampoo dari Cantiqa Kemiri ini cukup bagus untuk membersihkan kulit kepala dan juga menghilangkan bau minyak kemiri yang menyengat.

rambut bayi dioles minyak kemiri

Setelah mandi, saya mengeringkan rambut Dewo dan mengaplikasikan hair lotion. Semoga Cantiqa Kemiri bisa mengeluarkan hair lotion ya, jadi satu rangkaian lengkap nih hehehe.

Hasilnya? Hmm, baru beberapa minggu sih jadi masih belum terlalu berbeda. Cuman memang rambut Dewo jadi tumbuh lebih panjang dan sedikit lebih hitam. Nanti kita coba teruskan treatment. Dalam waktu dekat juga ada rencana digundul, jadi semoga ini dapat membantu pertumbuhan rambutnya.

hasil minyak kemiri Cantiqa Kemiri

Baca   Sayonara Rambut Rontok Ibu Menyusui dengan Sariayu Hijab Intense Hair Fall Shampoo

Overall, saya cukup senang dengan produk Cantiqa Kemiri yang bisa dibilang lumayan lengkap. Ada hairmasknya juga yang masuk ke wishlist. Bagi yang ingin melihat produk dan juga pricelistnya, bisa langsung mampir ke Shopee Cantiqa Kemiri ya.

Sekian review Cantiqa Kemiri, salah satu rekomendasi minyak kemiri terbaik dengan varian produk yang cukup banyak. Nanti hasil di rambut Dewo akan diupdate seiring berjalannya waktu. Iโ€™ll keep my fingers crossed also! Thank you for reading.

RELATED POST

29 Comments

  1. Minyak kemiri untuk bayi dan dewasa dari Cantiqa Kemiri ini kupakai juga. Alisku kan tipis yah. Uno ku pakaikan di rambutnya pas tidur, hahaha, biar enggak protes. Setelah itu dibersihkan dengan sampo anak Cantiqa yang wangiiii!

  2. Yeayy ternyata bisa untuk dewasa juga, beberapa kali udah pernah coba yang cem2an gitu, tapi kurang berhasil. Pengin coba produk cantiqa ini, lumayan lengkap nih sepaketnya, apalagi bisa dipakai di alis juga

  3. Minyak kemiri cantiqa ini baunya gak nyengat ya mbak?pe er banget kalo minyak kemiri yang baunya nyengat

  4. Minyak kemiri Cantiqa ini lengkap ya, karena gak hanya ada minyak kemiri saja tapi juga ada shampoonya jadi bisa dapat hasil lebih maksimal sih ya harusnya ๐Ÿ™‚

    gak cuma itu, ada produk untuk dewasa juga ya jadi yang punya masalah kerontokan atau rambut tipis bisa pakai ini dong ๐Ÿ™‚

  5. Krucil saya juga pakai minyak kemiri, Mbak. Dan sebenarnya, saya dan juga saudara-saudara saya pakai minyak kemiri hehehe. Hasilnya memang rambut jadi tumbuh subur.
    Kalau dulu, ibu saya sering bikin sendiri. Tapi sekarang tidak perlu repot. Tinggal beli minyak kemiri Cantiqa saja.

  6. Wah beneran ya ada minyak kemiri buat baby dan menimbulkan iritasi pada kulit sensitif. Cocok, deh. Rambut anak keduaku lebih jarang dari kakaknya. Booster sama minyak kemiri bisa kali ya bikin lebati. He..makasih infonya ane mba๐Ÿ˜

  7. Seneng banget ada shampoo rambut khusus anak dan berasal dari bahan2 natural kayak kemiri ini. Sudah sejak dulu kemiri ini jadi bahan penyubur dan penghitam rambut. Bahkan org2 zaman dulu malah bikin sendiri dari kemiri.

    Karena udh ada Cantiqa, shampoo rambut untuk anak ini ga menyusahkan lagi orangtua. Bikin praktis buat ngerawat rambut anak sejak dini.

  8. Bagus banget ya hasilnya.Rambut tumbuh subur dengan produk minyak kemiri Cantiqa. Thanks ya kak untuk infonya. Ponakanku rambutnya juga jarang. Semoga pakai ini ikut subur ya

  9. Wah, bisa bagus banget hasilnya. Saya mau ah, rambut batita saya tipis dan lambat banget tumbuhnya. Saya akan cari deh di Shopee

  10. dulu pasa anak saya masih bayi rambutnya tipis gitu mbak. Sama ibu mertua dan ibu juga disuruh pakai minyak kemiri. Dulu mereknya apa lupa, pokoknya botol warna hijau, Sekarang sudah ada cantiqa kemiri, pasti bunda-bund anggak kebingungan lagi.

  11. aku udah repeat order cantiqa, heheh. serumah pakai jadi cepet habis deh. Hasilnya juga OK di rambut, jadi lebih hitam dan lembut.

  12. Dewo lucunyaaaaa apalagi pas dibasahi rambutnya itu haha
    Emang yang namanya minyak kemiri udah turun-temurun ya mbak jd salah satu ikhtiar buat menebalkan dan mempercantik rambut. Moga lebat yaa hasilnya ๐Ÿ˜€

  13. Kalau shamponya baunya gimana mba? Lumayan cepet keliatan yah hasilnya. Rekomen banget nih buat bocil2 di rumah.

  14. Senang sekali melihat tumbuh rambutnya Dewo..yang ketel, kalo kata orang Jawa.
    Ketel, lebat ini memang selain kudu dijaga dan dirawat dengan baik menggunakan produk minyak kemiri terbaik dan bisa diandalkan oleh para orangtua, Cantiqa Kemiri.

  15. Gemesss >.< jadi inget dulu sama ibukku rambutku jg selalu dipakein kemiri, bedanya dulu tuh baunya nyengat banget hehe Bersyukur sekarang teknologi makin maju, kemiri dikemas kayak gini jadi bedaaa tampilan dan harumnya, namun ngga mengurangi khasiatnya

  16. Fenni Bungsu says:

    Ini sih manfaatnya sangat bagus, gak hanya anak-anak saja yang bisa pakai biar rambutnya tumbuh dengan keren, orang dewasa pun juga jadi semakin sehat rambut dan kulit kepala

  17. kemiri tuh emang udah jadi idola ibu-ibu dari jaman baheula buat melebatkan rambut yaa, sekarang lebih praktis karena udh ada ramuan minyak kemiri yg tinggal pake nih

  18. Kemiri emang jadi andalan untuk bikin rambut hitam dan lebat. Tapi suka malas bikin minyak sendiri. Kalau adaa yang praktis gini sih mau banget untuk diri sendiri karena alis dan rambut saya tuh tipis banget. Terima kasih reviewnya, Mbak.

  19. jadi pengen rekomendasikan minyak kemiri Cantiqa ini kalau ada yang rambut anaknya tipis, Alhamdulillah rambut anak-anak saya lumayan lebat, tebal juga hitam untuk ukuran anak laki ๐Ÿ˜€

  20. Gak perlu pakai yang aneh-aneh ya..
    Cukup dirawat dan digunakan dengan rutin Cantiqa Kemiri dari mulai shampo hingga minyak sari kemirinya.
    Bisa dilihat pertumbuhan dan perkembangan rambut ananda yang sehat dan hitam.

  21. aku paling suka nih yang praktis-praktis gini ๐Ÿ˜€

  22. Bukan cuma minyak kemirinya aja ya.. Tapi dibuat baby hair shampoo. Andaikata jaman saya kecil ada minyakemiri dan shampoonya dari cantiqa, pasti rambut saya dah lebat dan bagus.. Xixizi

  23. Ouh ini nih minyak kemiri yang lagi hits
    Dicari banyak orang tua karena khasiatnya memang pas
    Hmm, pengen cari juga jadinya

  24. Wah ada ya produk minyak kemiri yang sudah bisa langsung pakai? Coba Cantiqa kemiri ini sudah ada dari zaman dulu, betapa praktisnya. Dulu mamaku suka bikin sendiri dari kemiri yang ditumbuk dan dipanaskan lho

  25. Nita juwithafina says:

    Jaman Ezio kecil juga rajib banget ku kasi minyak kemiri dan kelapa.krn waktu kecil rambutnya tipis..skarang alhamdulillah tebal dan gampang bgt panjang

  26. Banyak banget ya produknya minyak kemiri ini. Manfaat yang diberikan juga banyak.

  27. minyak kemiri emang sudah lama dikenal sebagai produk perawatan tubuh dan dengan teknologi skrg tentunya semakin banyak peningkatan

  28. minyak kemiri emang sudah lama dikenal sebagai produk perawatan tubuh dan dengan teknologi skrg tentunya semakin banyak peningkatan yaaa

  29. dulu ibuku buat sendiri mbak hahaha sekarang praktis ya udah tinggal pake aja, jadi pengen makein ke bocil nih, secara rambutnya tipis banget kayak ibunya haha

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.