Catering, Decoration, Entertainment, Invitation, Make-up, Outfit, Photography, Souvenir, Thoughts, Tips, Vendor, Venue, Wedding, Wedding Organizer, Wedding Preparation

Wedding Fair/Expo? Datang Ga Ya?

image

photo courtesy of Β weddingexpo.co.idΒ 

Hello guys! Sorry Wedding Wednesday is lacking post update. Trying to juggle a couple of thing, for the sake of the future *tsah*. Cuman ingin memberitahukan bahwa akan ada beberapa wedding fair yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Biasanya sih ada di awal tahun, pertengahan tahun dan akhir tahun. Vendor-vendor top tentu saja selalu ada dong! Saat saya mempersiapkan pernikahan, ga kehitung berapa wedding fair yang saya kunjungi hahahahaa. Rajin banget ya? Yaaa hitung-hitung mencari-cari inspirasi atau referensi dari vendor-vendor top. Selain itu, biasanya jadi ajang konsultasi dan icip-icip makanan katering (for free yo! tapi ya tau diri ya karena bakal kenyang banget abis icip-icip makanan yang ada)!

Enaknya datang ke Wedding Fair atau Wedding Expo adalah biasanya akan ada diskon atau benefit tambahan dari para vendor! Dimana ketika kita booking pada hari biasa vendor mencharge dengan full price, namun di acara-acara tersebut, para vendor bisa memberikan diskon yang lumayan menghemat budget! Dari pengalaman pribadi, saya deal dengan vendor photography, dekorasi dan katering pada saat wedding fair. Bonusnya lumayan dari potongan harga, free makeup untuk prewed bahkan tambahan-tambahan makanan di gubugan! Plus plus nih, kalau kita deal dengan vendor, biasanya organizer expo akan ada undian berhadiah mulai dari cincin kawin, honeymoon sampai mobil! Menggiurkan ya untuk calon pengantin hahaha.Β 

Jadi kalau benar-benar ingin mendapatkan more for less, bisa banget meluangkan waktu untuk mampir di acara Wedding Fair, terutama bagi calon pengantin yang super prepared dan punya banyak waktu. Beberapa tips saat mendatangi wedding fair adalah :

1. Bawa moodboard dan segala macam ide. Disini para vendor sangat open untuk konsultasi dan kalian juga bisa menentukan vendor mana yang cocok dan punya chemistry dengan kalian (very damn important!).
2. Bawa orang tua (biasanya mama atau calon mama mertua), pasangan, atau teman sehingga kamu dapat second opinion mengenai vendor. Masukan dari orang terdekat bahkan sponsor pernikahan itu sangat penting biar ga bias.
3. Lebih baik memilih datang ke wedding fair/expo dimana vendor incaran kalian sudah ada. Ga ada salahnya sih masih melihat-lihat, cuman untuk mempersingkat waktu yang kalian habiskan disana. Trust me, you can’t go to a wedding fair just for 1-2 hours. Saya pernah sampe 5 jam disana!
4. Go with an empty stomach. Setiap datang ke stand katering akan ditawarin untuk mencoba makanan katering mereka. So yummy! But wait, mereka akan menyajikan makanan yang enak-enak dan kadang-kadang bisa pricy untuk ukuran gubugan. Dan ingat pleaseeee jangan ambil berlebihan atau serobot-serobot antrian. Be considerate πŸ™‚
5. Bawa tas kecil atau goodybag untuk menyimpan segala brosur yang ditawarkan agar tidak hilang. Kalau kalian tidak tertarik, usahakan untuk tidak mengambil brosur. Save paper, save the environment sih hahaha.

Nah beberapa Wedding Fair/Expo yang biasanya diselenggarakan adalah :Β 

A. Gebyar Pernikahan Indonesia
Saya 2 kali mampir ke expo ini untuk mencari inspirasi dalam menjalakan pernikahan yang Jawa banget hehehe. Expo berikutnya akan datang pada akhir September nanti loh! Kalian bisa mampir ke websitenya http://gebyarpernikahanindonesia.com/ dan bisa mendapatkan tiket masuk gratis kalau daftar ke milisnya!Β 

B. Jakarta Wedding Festival
Saya juga sudah 2 kali mampir ke expo ini. Lumayan beragam dari konsep traditional hingga internasional. Tempatnya di JCC dan vendor yang datang sangat banyak! Kalian bisa check di http://www.jakartaweddingfestival.com/ kapan expo berikutnya akan diadakan. HTMnya ada namun bisa mendapatkan diskon di www.groupon.co.id plus goodybag dan majalah Weddingku! Nice deal, I must say.

C. Jakarta Mega Wedding Festival
Saya ga pernah datang ke expo ini, karena lokasinya lumayan jauh dari tempat saya, di Kemayoran hehehe. Namun cukup banyak vendor internasional di expo ini.Β 

D. Bridestory Fair
Again, saya tidak sempat datang ke expo ini karena waktu itu masih disibukkan dengan persiapan dan thesis. Selain itu, saya sudah mendapatkan semua vendor, jadi ga usah buang-buang waktu mencari yang lain. Yang ada malah baper :’) Review acara sebelumnya ada di http://www.bridestory.com/blog/a-glimpse-into-bridestory-fair-2016.

E. Bogor Wedding Festival
Saya datang ke festival ini di akhir 2015 yang berlokasi di Danau Bogor Raya (Bogor Lakeside). Hampir semua vendor berasal dari Bogor sehingga saya lebih mudah memilih, karena memang keinginan saya untuk memakai vendor lokal. PS : ga kalah bagus kok dari vendor ibukota πŸ˜‰

F. Wedding Festival/Expo yang diselenggarakan di Venue Pernikahan
Tidak jarang venue-venue atau tempat pernikahan menyelenggarakan wedding fair. Β Biasanya hotel-hotel atau gedung-gedung menyelenggarakan wedding fair sehingga lebih memudahkan calon pengantin untuk melihat set-up lokasi (ada contoh pelaminan) dan melihat vendor rekanan venue tersebut. Di Bogor sendiri saya pernah mengunjungi pameran di Botani Square (venue tempat pernikahan saya) dan Puri Begawan di Bogor. Untuk di Jakarta atau kota lain, kalian bisa rajin-rajin tanya venue atau check di web-web yang menyediakan info pameran pernikahan.

So what are you waiting for? It’s never too late to plan ahead (and get inspired)! Jadi menurut kalian, apakah kalian akan datang ke wedding fair/expo dalam merencanakan pernikahan?

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.