Cooking, Food, How To, Tips

Pengalaman & Cara Melakukan Metode Memasak 5-30-7

Hello hello! Kali ini saya mau share satu teknik memasak yang selama ini saya lakukan. Mungkin sudah ada yang pernah mendengar metode memasak 5-30-7? Pokoknya metode memasak 5 30 7 ini sukses bikin semua daging menjadi lebih empuk!

Saya sudah menggunakan teknik ini untuk memasak daging sapi hingga daging kambing. Hasilnya approved oleh Arga dan Rio alias empuk dan tidak alot! Pokoknya metode 5-30-7 ini menjadi lifesaver dan menghemat banyak waktu dan juga biaya.

korean bbq

Pertama Kali Mengenal Metode Memasak 5-30-7

Pertama kali mendengar metode ini adalah dari Mbak Tetty dan juga Mbak Ella. Udah sekitar sebelum lebaran tahun 2019 sih, kalau ga salah mereka membuat bubur kacang hijau. Dengan metode 5-30-7 ini ternyata lebih cepat membuat kacang hijau hihi. Yang tadinya lama dan menghabiskan banyak gas + waktu, bisa dipotong hingga kurang dari 1 jam sajaaa.

Lalu saya mendapatkan info dari ibu mertua, melalui salah satu forwardan di WAG, bahwa metode memasak tersebut bisa juga digunakan untuk daging. Daging bisa empuk dengan waktu yang singkat dan juga tidak boros gas. Dan yang penting, tidak perlu presto! Hemat biaya juga sih karena ga jadi beli presto.

Baca   Cara Menggunakan Panci Presto untuk Memasak

Setelah mencoba sendiri di rumah, ternyata benaaar! Langsung deh kalau masak daging, saya selalu menggunakan metode ini. Secara Rio masih balita dan kalau dagingnya alot, makannya menjadi sangaaat lama hahaha. Jadi kita cari alternatif dengan membuat daging menjadi empuk.

Jadi Metode 5-30-7 Itu Apa?

Metode 5-30-7 merupakan metode memasak dengan cara merebus daging di air mendidih selama 5 menit, lalu mendiamkannya selama 30 menit dalam keadaan tertutup dan kembali merebusnya selama 7 menit.

Cukup mudah karena yang kita perlukan hanyalah kompor, panci dan tutup panci. Oiya, tentu saja air untuk merebus dan daging yang akan dimasak.

Baca   Keterampilan Baru Saat WFH : Memasak!

Cara Metode Memasak 5-30-7 dan Pengalaman Mengunakannya

Bisa Untuk Masakan Apa Saja?

Saya sudah mencoba teknik ini untuk berbagai masakan dengan bahan utama daging seperti rendang, semur, sup daging, empal goreng, kare, gulai dkk. I hope the list goes on karena masih pengen bereksperimen lagi dengan metode ini hehehe.

Selain daging, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, ternyata metode ini bisa juga untuk memasak bubur kacang hijau. Tapi saya pribadi belum pernah mencobanya. Must try though in the near future.

Cara Metode Memasak 5-30-7 dan Pengalaman Mengunakannya
Lanjut memasak Rendang

Cara Memasak Metode 5 30 7

1. Potong daging sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Cara Metode Memasak 5-30-7 dan Pengalaman Mengunakannya

2. Cuci bersih. Tapi ada juga yang memilih untuk tidak mencucinya, karena mau mempertahankan rasa meaty. Bebas sih sesuai dengan pilihan, tapi saya lebih suka daging yang bersih.

3. Panaskan panci yang berisi dengan air diatas kompor dengan api sedang.

4. Masukkan dan rebus daging selama 5 menit. Buang buih-buih yang muncul.

Cara Metode Memasak 5-30-7 dan Pengalaman Mengunakannya

5. Ketika sudah selesai 5 menit, tutup panci dan matikan kompor. Diamkan selama 30 menit.

Cara Metode Memasak 5-30-7 dan Pengalaman Mengunakannya

6. Setelah 30 menit didiamkan, nyalakan kembali api dan rebus selama 7 menit dengan kondisi tutup panci masih terpasang.

Cara Metode Memasak 5-30-7 dan Pengalaman Mengunakannya

7. Setelaj 7 menit, matikan api dan ambil daging untuk dilanjut dalam proses memasak setelahnya. Airnya boleh digunakan juga sebagai kaldu tambahan untuk masakan yang akan diolah.

Cara Metode Memasak 5-30-7 dan Pengalaman Mengunakannya
Daging dimasak menjadi empal goreng

Beberapa Tips Tambahan

Cukup mudah kan ya? Hanya butuh total 12 menit merebus dengan api dan 30 menit didiamkan begitu saja. Bisa sambil disambi kerjaan lain hihi (saya biasanya begini).

Nah beberapa tips dari saya untuk metode ini adalah :

  • Pastikan gas cukup. Loh katanya menghemat gas? Iya sih tapi jangan sampai habis di tengah proses merebus. Kan cukup ribet ganti-ganti gas hahaha.
  • Gunakan timer atau stopwatch. Ini berguna banget kalau kita lagi mengerjakan hal yang lain. Jangan sampai overcooked ya dagingnya.
  • Kalau airnya mulai overflow alias tumpah-tumpah, bisa turunkan apinya sedikit. Masih dalam rentang api medium ya jangan terlalu kecil.
Baca   Memilih Protein Hewani Berkualitas di Event Launching Logo Baru So Good

Sekian penjelasan singkat soal cara metode memasak 5-30-7 sekaligus pengalaman dalam menggunakan metode ini. Apakah kalian pernah menggunakan metode ini? Atau punya tips lain? Silakan tulis di kolom komentar ya! πŸ™‚

RELATED POST

3 Comments

  1. Hastira says:

    makasih sahringnya, aku paling gak bisa ngolah daging

    1. Aku selalu coba metode ini pake kacang hijau, mbaa.. cuma pas step 7 menit itu kutambahin waktunya, karena terkadang kacang hijaunya ada yg belum pecah 😁

  2. Pas nih buat lebaran haji saat daging korban banyak. Tanpa perlu presto lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.