Books, Education, How To, K-POP, Thoughts

Mencoba Belajar Bahasa Korea Saat PSBB

Momen WFH atau quarantine atau PSBB ini biasanya kita bosen kan ya, karena lamaaa di rumah. Lalu saya berpikir, kenapa tidak belajar hal yang baru? Setelah beberapa lama fangirling BTS dan group kpop lainnya (HAHAHA) akhirnya saya memutuskan untuk mencoba belajar bahasa Korea saat PSBB.

Mencoba Belajar Bahasa Korea Saat PSBB
Courtesy of Pixabay

Udah mau 2 bulanan sih, tapi ya masih gitu gitu aja sejujurnya HAHAHA. Ya maklum kemarin kepotong Ramadan, plus saya juga ada Rio dan Arga yang harus diperhatikan. Plus ditambah beberapa kerjaan dan jadwal nonton drama dan sebagainya huahaha. Sok sibuk emang 🤣

Jadi maklum kalau ga bisa cepet banget belajarnya, but hey, I need to get this brain moving and thinking. Jadi bagaimana saya mencoba belajar bahasa Korea tipis tipis?

Baca   Tips Membeli atau PO Album K-Pop

Momen Quarantine Harus Produktif?

Meskipun saya ekstrovert (kata MTBI test wkwk) tapi alhamdulillah saya lumayan enjoy di rumah. Mungkin karena ada sosial media kali ya, jadi bisa tetap kontak dengan teman-teman. Dan saya termasuk yang mager kemana-mana kalau sudah nyaman di rumah.

Saya tipe orang yang penasaran dan senang belajar hal baru. Jadi kalau tidak ada informasi baru, duh rasanya hambar huhuhu, alhasil saya masuk ke tipe orang yang merasa masa quarantine atau PSBB ini harus produktif!

Iya, tau kok ada yang melihat masa ini menjadi masa dimana cocok untuk slow down, dan menikmati waktu yang ada. But people are different and this is my way of enjoying quarantine. So you do you~

thumbs up

Belajar Sesuatu yang Baru

Salah satu cara biar saya merasa quarantine atau waktu PSBB produktif meskipun di rumah saja adalah dengan belajar sesuatu yang baru. The Ravenclaw in me pops out hahahaha. Saya memang senang memelajari hal yang baru. It gets me so excited, but that’s just the geek in me hahaha.

Oiya, definisi belajar sesuatu yang baru versi saya sih tidak usah yang terlalu wah. Dengan kondisi saya yang sekarang juga harus mengurus ini-itu, harus membuat saya harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin. Jadi yang receh-receh aja udah seneng, kaya saya belajar membuat perkedel yang anak aja udah merasa produktif hahaha.

Baca   Keterampilan Baru Saat WFH : Memasak!

Terus berpikir kan ya, mau belajar apa lagi yang bisa meningkatkan skill diri sendiri? Yang berguna juga sih pengennya… Jadi berpikir, ah belajar bahasa Korea aja deh sekaligus baca tulisnya hehehe.

Kenapa Bahasa Korea?

Alasannya mudah sih. Biar bisa nonton drama korea ga pakai subtitle HAHAHA. Soalnya sebel kan ya kalau nonton drakor harus mantengin terus subtitlenya, kalau ga ya bakal lost in translation. Alias ga ngerti apa-apa. Padahal kan kalau ngerti, kita bisa sambil multitasking hal lain.

HAHAHA dasar ibu-ibu maunya banyak.

Mencoba Belajar Bahasa Korea Saat PSBB
Courtesy of Pixabay

Apalagi kan suka fangirling BTS, terus kalau ada VLive session, saya suka melipir dulu nanti aja nunggu subtitle keluar. Because honestly I don’t understand huhuhu. Jadi mulai dari beberapa bulan ini, pengen banget bisa belajar bahasa Korea. Sekalian bisa fangirling ya ceritanya hahaha.

Malah salah satu teman saya, Syifa, bisa belajar bahasa Korea karena fangirling Shinee. Sekarang malah bisa tinggal dan kerja di Korea sana. So inspiring, right? Makanya jangan bilang fangirling itu negatif yaaa. Tergantung kemana kita bisa membawanya, kalau ke arah positif, banyaaak banget yang bisa kita lakukan untuk “upgrade diri”.

Rencana / Lesson Plan Belajar Bahasa Korea ala Faradila

Pengennya sih belajar ke lembaga bahasa yang resmi gitu ya, biar enak ada classroom setting dan juga feedback dari guru. Tapi di kala pandemi ini, yaudah kita settle dengan belajar online atau belajar sendiri alias otodidak.

Sebenarnya ini bukan lesson plan yang saklek sih, jadi memang saya lakukan di saat lowong atau punya 30 menit hingga 2 jam waktu me-time. Jadi kurang lebih sih seperti ini sih garis besar lesson plannya :

  1. Belajar baca hangeul – katanya ini paling gampang, sehari bisa langsung baca (DAN BENER!).
  2. Belajar pronounciation
  3. Belajar vocabulary – dari materi pembelajaran, drakor, variety show, atau lagu
  4. Belajar tata bahasa
  5. Mencoba komunikasi dengan orang dengan bahasa Korea

Mencoba Belajar Bahasa Korea Saat PSBB

Kalau mau lebih cepet sih harus tinggal di negara tsb minimal 3 bulan, langsung fasih kayanya hahahaha. Tapi kalau ditanya progress, ya sekarang masih ada di tahap 3 HAHAHA. Masih banyak vocabulary yang harus dihafalkan dan dimengerti.

Oiya, kenapa belajar baca dan pronounciation dulu? Karena ada beberapa orang yang bilang kalau belajar Korea mending langsung huruf Hangeulnya, jangan romanize version. Beda nanti pronounciationnya.

Baca   Barang-Barang yang Sering Dicari & Dibeli K-popers

Materi Belajar Bahasa Korea

Materinya dari mana? The internet. Banyaaak banget yang sharing materi belajar Bahasa Korea, apalagi sesama ARMYs (fansnya BTS). DUH BAIK BAIK SEMUA NGESHARE BUKU & MATERI BELAJAR. Malah BTS juga merilis beberapa seri video Learn Korean with BTS. Baik banget ga sih? Borahae 💜

Ini ada beberapa materi belajar yang bisa segera dipelajari kalau mau belajar Korea mulai dari sekarang. Saya sendiri sudah mencoba beberapa, jadi cocok juga buat ibu rumah tangga yang di rumah aja tapi banyak kegiatan ini itu hehehe.

1. Dari twitter. Cari aja “drive.google learn Korean” nanti banyak yang share link drive materi. Terus dipakai yaa. Jangan cuman di star sama di download aja *self-reminder juga wkwk*

2. Di Youtube bisa langsung cari channel-channel yang mengajarkan vocab dan beberapa kalimat dalam bahasa Korea.

3. Di Instagram dan Tiktok juga banyak, tapi tidak sedinamis Youtube. Cuman sepotong-potong aja. Cocok bagi yang punya 5-10 menit belajar.

4. Tonton drakor di Viki biar sekalian belajar tata bahasa. Dia ada learning mode dimana subtitlenya ada dua (Ex : English & Korea). Kalau di klik kata-katanya, bisa dilihat juga artinya. Jadi benar-benar belajar sambil menonton

Mencoba Belajar Bahasa Korea Saat PSBB

5. Situs e-learning seperti Coursera. Ada kelas First Step Korean yang diadakan oleh Yonsei University. Bisa langsung daftar gratis~

6. Download beberapa ebook di situs yang menyediakan free ebook. Kadang saya juga download yang untuk anak-anak hahaha, siapa tau nanti Rio mau belajar juga kan ya?

Mencoba Belajar Bahasa Korea Saat PSBB


Sekian penjelasan kenapa saya sekarang mencoba belajar bahasa Korea pas PSBB hihihi. Plus beberapa materi yang bisa digunakan juga. I think it’s never too old or too late to learn anything new. So let’s start learning together now 🙂

RELATED POST

6 Comments

  1. Hastira says:

    belajar baahsa memang menyenangkan ya

  2. Never have I ever expected to experience these from fangirling over a “KPop boyband”: belajar psikologi, belajar budaya Korea, dapet rekomendasi buku bagus, dapet ide bermain sama anak, dibikin melek tentang self love, self acceptance & self identity. I’m never leaving this fandom. Borahae 💜

  3. wah sama, aku juga biasa belajarnya dari drama dan lagu korea 😀

  4. Gue juga lagi iseng nih belajar hangul hahaha, apalagi lagi ada banyak waktu. Sapa tahu pas wfh udah selesai gue bisa nonton vlive bias tanpa subtitle wkwk

  5. Keren nih, setuju kita harus tetap produktif selama WFH

  6. kalo gw belajar bahasa korea bukan buat nonton drakor tanpa subtitle tapi jadi buruh biar dapet don. sekalian jalan2 disini (korea)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.