Uncategorized

Tips untuk Memilih Baju Pengantin

Setelah tata rias, ini merupakan satu hal yang bisa bikin para brides galauuuuu sampai kebawa mimpi! Semua pengantin pasti punya baju impiannya untuk hari H. Mulai dari acara pengajian, adat, akad sampai resepsi plus unduh mantu. Ada yang saklek harus pake suatu warna, ada yang ikut dengan pilihan orang tua, malah ada yang masih bingung. Jika masih bingung, kalian bisa searching social media dan mencari berjuta-juta inspirasi baju pengatin dengan berbagai macam warna. Tapi dari pengalaman, pasti nanti akan berganti keinginan minimal 2 kali sebelum akhirnya memutuskan baju yang paling pas di hati (dan badan). So relax! 

image

picture courtesy of 

www.seputarevent.com

Untuk baju, ada beberapa hal yang harus diketahui yaitu kalian dapat :

  1. Membuat baju sendiri. Keuntungan dari pilihan ini adalah kita bisa membuat baju pengantin sesuai dengan warna dan design keinginan. Kita juga akan memiliki baju pengantin tersebut seumur hidup! Kekurangannya adalah kita harus memilih bahan dan mencari penjahit sendiri (kecuali kalau perias bersedia membuat baju baru atau sudah punya penjahit sendiri) dan pengeluaran akan cukup tinggi. 
  2. Membeli baju. Keuntungan dari ini adalah kita tinggal memilih baju yang sudah jadi dan bajunya akan jadi miliki kita selamanya. Jadi kita bisa menunjukkan bajunya ke anak cucu :“). Kekurangannya adalah jika badan kita bukan badan all size (alias badan yang muat ke baju all size) maka akan susah untuk mendapatkan baju. Selain itu mungkin model yang kita inginkan terbatas. Budget yang dikeluarkan juga cukup besar, namun tidak sebesar membuat baju sendiri.
  3. Sewa perdana. Kita membuat baju ke perias atau sanggar rias namun baju tesebut akan menjadi hak milik perias atau sanggar rias. Keuntungannya kita bisa memilih bahan dan model namun kekurangannya adalah kita tidak akan memiliki baju tersebut (mungkin beberapa perias punya kebijakan lain jika kalian benar-benar ingin membawa baju itu pulang selamanya). Budget yang dikeluarkan akan lebih mahal dibandingkan dengan hanya menyewa baju. Harga yang ditawarkan untuk sewa perdana berbeda tergantung pada perias/sanggar rias dan kerumitan. 
  4. Sewa baju. Keuntungannya adalah ini merupakan pilihan yang paling ekonomis. Kita memilih baju yang sudah ada atau ready stock yang dimiliki oleh perias dan sanggar rias.

    Kekurangannya adalah pilihannya terbatas pada baju yang dimiliki oleh perias atau sanggar. Namun untuk segi budget lebih ekonomis karena biasanya sudah termasuk ke dalam paket rias.  Namun beberapa perias/sanggar rias memiliki koleksi yang banyak, jadi kalian harus pandai memilih vendor.

Beberapa tips dalam memilih vendor jika kalian ingin membuat atau membeli baju adalah :

1. Pastikan kalian punya bayangan seperti apa baju pengantin yang kalian inginkan. Ini akan memudahkan proses design. Lebih bagus lagi jika kalian bisa membawa foto-foto contoh dari internet atau sumber lainnya. Coba cari di pinterest atau google photo. 

image

photo courtesy of  wolipop.detik.com

2. Pastikan penjahit menyanggupi pekerjaan yang kalian berikan. Jangan lupa beri deadline kapan baju harus jadi dan kapan perkiraan waktu fitting. Usahakan jangan terlalu mepet atau terlalu jauh dari hari pernikahan. Badan bisa melar hahaha.

3. Jika kalian ingin membeli baju, kerucutkan pilihan baju menjadi maksimal 3 baju pilihan sebelum memilih baju yang fix. Urungkan niat melihat semua toko dan semua jenis karena akan membuat galau hahaha.

image

photo courtesy of 

www.weddingspot.co.uk

Jika kalian ingin sewa perdana atau sewa baju saja ke perias/sanggar rias :

1. Sebelum deal dengan perias, liatlah koleksi baju pengantin yang dia punya. Apakah baju dan asesories yang tersedia seperti keinginan kalian. Tanyakan juga apakah bisa mencoba satu atau dua baju yang akan menjadi pilihan. Hal ini penting untuk melihat apakah baju tersebut cocok dan pas di badan atau tidak.

image

photo courtesy of 

yusangriyapengantin.com

2. Sama seperti poin kedua di atas, jika kalian ingin sewa perdana, pastikan penjahit menyanggupi dan sesuai dengan deadline.  Usahakan jangan terlalu mepet atau terlalu jauh dari hari pernikahan.

3. Tanyakan paket-paket baju secara detail. Beberapa sanggar rias membedakan harga sewa baju pengantin, jadi pastikan semua pengeluaran sesuai dengan budget.

Finally, jangan lupakan calon mempelai pria ya dalam hal pemilihan baju. Mungkin kalian ingin design atau adat yang spesifik. Hal ini bisa membuat proses pemilihan baju pengantin menjadi lebih mudah 🙂 Jangan lupa untuk mengajak the groom fitting baju, karena nanti di pelaminan yang dilihat tidak hanya mempelai wanitanya saja. Mempelai pria harus gagah dan ganteng! 😀

image

Sekian hal yang ingin gue share dengan kalian. Berikutnya gue akan share perjuangan mencari perias dan baju pengantin :”“”) So what are you waiting for? Go out there and get your dream dress! Just like Steven Khalil said, stay true to you and you will find your dream gown 🙂

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *