Family, Technology, Tips

Tips Meningkatkan Mood dan Produktivitas Ibu Rumah Tangga ala Faradila

Tips Meningkatkan Mood dan Produktivitas Ibu Rumah Tangga ala Faradila

Hello semua!

Duh, ga kerasa udah cukup lama ya saya tidak menuliskan sebuah blog post. Satrio alhamdulillah sudah genap berumur 1 tahun pada 8 Februari kemarin. Nah, tau sendiri kan bayi 1 tahun sukanya apa? Sukanya eksplorasi! Hahahaha. Jadi saya siaga 1 sambil mengawasi gerak gerik Rio yang sudah pandai merayap tapi belum juga jalan. Soalnya sudah beberapa kali jatuh dengan jidat dan bibir menjadi korban. Haduh.

Kalau sudah lelaaaah banget, rasanya tuh kesabaran jadi menipis. Alhasil suka gemes sama Rio karena tingkahnya. Belum lagi kusut pikiran karena beberapa kerjaan, seperti rekapan pengeluaran dan deadline blog post yang belum beres. Argh, ngerusak mood banget! Kasian anak kan yaa jadi sasaran kekesalan (biasanya). Makanya penting bagi seorang ibu, terutama ibu rumah tangga yang mendedikasikan sebagian besar hidup dan waktunya dirumah, untuk melakukan hal-hal kecil yang bisa membuat mood membaik dan tentunya menjadi lebih produktif.

Sering kan kita membaca tips-tips untuk mem-boost mood dan produktivitas ibu-ibu. Nah, kalau versi Faradila si ibu rumah tangga milennials bagaimana? (Hahahaha geli sendiri bacanya) Silahkan simak dibawah ini yaaa.


Pakai makeup meskipun dirumah.

I’m not sure how, tapi cara ini ampuh bikin semangat! I guess this is what they say about make up building confidence. Put on some make up to make yourself feel good. Yaa tidak usah full makeup menor yaaa. Setidaknya pakai sunscreen (ini penting!), bedak, buat alis dan pakai lipgloss (sekaligus melembabkan bibir). Saya kalau agak berdandan gini, Rio malah senyum-senyum malu sendiri ngeliat ibunya cantikHAHAHAHA. Lumayanlah ya, ga kucel kucel amat meskipun hanya ketemu tukang sayur dan tukang antar paket. Jangan lupa touch up sebelum suami pulang hihi.


Olahraga singkat.

Ya, mungkin menjadi ibu seorang bayi tetap harus olahraga alias kejar-kejaran ya hihi. Cuman luangkan waktu untuk ber-zumba ria atau yoga di rumah. Ajak anak juga untuk menyaksikan dan memperkenalkan olahraga sejak dini. Siapa tau akan menjadi gym buddy yang setia dalam beberapa tahun kemudian.


Gemar Menulis atau Membuat To- Do List

Hmm, ini bisa bikin stress juga sih (sort of) karena kita akan diingatkan dengan segala sesuatu yang harus dibereskan hari ini juga *cry*. Tapiii saya termasuk yang suka membuat to do list karena manusia memang tidak bisa mengingat semua hal. Jadi solusi terbaik adalah mencatat apa saja yang ingin dilakukan. Ini merupakan salah satu cara yang ampuh juga buat mencatat ide-ide yang tiba-tiba muncul saat waktunya menulis blog post hehehe.

Kalau takut catatan hilang, use a digital one! Saya menggunakan Google Keep yang mensinkronisasi catatan di HP dengan di laptop/PC. Bisa juga dishare dengan suami atau siapa saja yang diajak kerja sama. Simple and super productive.


Listen to Your Favorite Music

Super standard ya, but it does the trick! Saya suka mendengarkan Top 40 Music atau Billboard 100 biar ga ketinggalan musik terbaru hihihi. Saya mendengarkannya via Youtube di saat Rio dan Bapaknya sudah tidur. Why? So there are no distraction. INi memang terbukti ampuh sih, mood langsung membaik dan produksi ASI meningkat (produktif kan?) hihi. Semua senang!


Ikut Grup WA yang Berfaedah.

Oke yang ga berfaedah juga boleh asal kita senang hahaha. Intinya, ikuti sebuah komunitas atau perkumpulan ibu-ibu lainnya di social media atau WA atau telegram, BBM, apapun itu. Kenapa? Ada riset yang menyatakan bahwa wanita yang mempunyai teman yang senasib sepenanggungan akan menjadi lebih sehat secara mental. Kurang lebihnya begitu tapi THIS IS SO TRUE. Kita jadi merasa ada support system lain di luar suami dan keluarga. Ada juga loh yang senasib menjadi ibu rumah tangga dan mengalami segala permasalahan yang sama. And the most important thing is, kita saling mendukung satu sama lain.

Saya sendiri memiliki beberapa komunitas ibu-ibu. Seru loh ngobrol dari vaksin apa yang harus diambil pada umur tertentu, jenis asuransi sampai diskon dan gossip japok terkini. Bingung harus mulai darimana? Coba cari grup ibu menyusui atau grup ibu-ibu satu domisili. Atau kumpulkan teman-teman yang sudah menjadi ibu-ibu.


Cari diskon!

This is my favvvv! Meskipun tidak bisa keluar rumah, kita bisa tetap “window shopping” dengan menggunakan HP atau PC. Caranya? Klik situs online marketplace terfavorit hehehe. Sekarang sering banget diskon atau cashback bertaburan, sampai bingung milih yang mana. Nah, kalau bingung, jangan lupa hitung-menghitung marketplace mana yang memberikan keuntungan terbesar.

Kebetulan kemarin saya memperoleh Colorful Calculator yang sudah saya idam-idamkan dari Casio. Yesss, finally I have my hands on a CASIO My Style Calculator dengan warna Red. Yaa, warnanya ga red sih, lebih ke shocking pink, but I love it! Persis banget sama yang dipegang Diana Rikasari ini, laffff!

Tips Meningkatkan Mood dan Produktivitas Ibu Rumah Tangga ala Faradila

Calculator yang cukup mungil ini (beratnya hanya 110 gram loh!) merupakan kalkulator desk type dengan dimensi 149.5×105×22.8 mm. Beberapa keunggulannya adalah bisa input sampai 12 digit, two way power dengan solar cell dan baterai, mempunyai display yang super besar dan warnanya yang beragam! Tipe red ini memang wow karena ga akan gampang hilang atau nyelip hihi. Warnanya sudah ngejreng gonjreng!

Keunggulan lain yang bikin saya pengen membeli kalkulator ini adalah kalkulator ini memiliki fitur profit margin percent. Cukup menekan tombol % dan kita bisa mengakses fitur prices and profits, dan bisa mengkalkulasi add-ons, discounts, ratios dan increase/decrease values.

Tips Meningkatkan Mood dan Produktivitas Ibu Rumah Tangga ala Faradila

Selain itu, terdapat time calculation (yang mempermudah kalkulasi waktu – yesss!) dan tax calculation. Tax calculation ini bisa menghitung harga plus tax, harga less tax, discount, selling price, tax amount, discount amount, dan margin amount. Hitung-menghitung diskonan jadi gampang banget! Hmm, boleh juga dibawa keliling pas belanja hahahaha #emakemakmodeon.

Tips Meningkatkan Mood dan Produktivitas Ibu Rumah Tangga ala Faradila

Kalau ada yang ingin membeli kalkulator super imut dan lucu ini alias si #CasioMyStyle, silahkan mampir ke situs ini dan gunakan kode CASIOBLOGHF68 untuk mendapatkan potongan harga! Sharing is caring yes? Hehehe.


Bagi ibu rumah tangga yang lain, yuk saling share bagaimana cara meningkatkan mood dan produktivitas. Siapa tau bisa saling menginspirasi. Silahkan tinggalkan komentar dibawah ya. Thank you for reading!

You may also like...

Leave a Reply

1 Comment

  1. Hi you have a fine website Thank you for sharing with us nice

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *