Family, How To, Parenting, Products, Review, Tips

Tips Memilih Diapers agar Anak Bebas Bergerak

Hellooo semua, bagi yang sering berinteraksi dengan saya di Facebook, Path dan Instagram pasti tau kalau saya suka membuat seri #curhatdiapers. Well, disitu saya open forum dan bertanya pendapat serta pengalaman ibu atau bapak lain dalam hal diapers. Alhamdulillah, banyak juga yang merasa terbantu dan menyuruh saya meneruskannya dengan lebih banyak topik hahahahaa. Karena saya tidak mau membuat pembaca setia kecewa, maka sesi #curhatdiapers akan senantiasa ada menemani yaaa. Sampai Rio sudah selesai memakai diapers atau sampai ada adeknya (kemudian lanjut lagi). Wakakak.

Tips Memilih Diapers agar Anak Bebas Bergerak

Ini design diapers Goon, lucu ya 😀 Rio jadi betah mainin diapers deh kalau lagi ganti baju

Kali ini saya mau sekedar merangkum tips untuk mencari diapers yang membuat anak bebas bergerak. Ya, kadang ketakutan orang tua jaman dulu dalam memakai diapers adalah si bayi tidak bisa merangkak atau berjalan dengan bebas. Hmm iya sih sekelibat kalau melihat bayi yang memakai diapers yang bulky atau mengembang, saya juga kasian. Lebih banyak usaha buat gerak atau jalan kayanya. Tapi saya juga tidak memungkiri kalau memang diapers alias popok sekali pakai sudah menjadi kebutuhan sehari-hari ibu jaman now. Apalagi kalau sedang berpergian, wah mana bisa bersihin tempat yang terkena kotoran dan cuci popok sambil pergi pergi. *menangis sambil kucek popok* Oleh karena itu diapers dianggap menjadi solusi yang praktis dan efisien.

Baca Pengalaman dan Review Diapers Size NB-S Tape

Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam memilih diapers yang membuat bayi bebas bergerak adalah :

1. Pilih diapers yang memiliki daya serap atau absorbancy yang tinggi. Daya serap yang tinggi akan membuat anak semakin nyaman untuk bergerak. Pengalaman saya, Rio kalau sudah tidak nyaman malah ngamuk hahahaha. Mana bisa belajar guling-guling dan belajar merangkak jika kenyamanan bayi tidak dinomersatukan

2. Pilih diapers dengan cutting yang slim/tipis. Ada beberapa diapers yang memiliki daya serap bagus, namun justru cenderung bulky/mengembang. Hal ini akan mempengaruhi mobilitas bayi. Seperti yang saya bilang diatas, kasian jika bayi tidak bisa bebas bergerak karena faktor diapers yang terlalu besar. Cutting yang slim juga membantu kenyamanan bayi dalam memakai pakaian sehari-hari.

 

3. Pilihlah tipe pants apabila bayi sudah mulai aktif bergerak. Beberapa pengalaman dari teman dan pribadi, pemakaian diapers tape mulai susah ketika bayi sudah bisa miring kanan kiri. Apalagi jika sudah mahir tengkurap. Tangan bayi yang serba ingin memegang juga dapat menyebabkan si perekat pada tape terlepas, pasti ditarik-tarik terus karena penasaran hihi.

Baca Ibu vs Ruam Popok: Perlukah Kita Khawatir?

4. Sesuaikan ukuran diapers dengan bayi. Hal ini mencegah bayi memakai diapers yang terlalu ketat atau terlalu longgar. Pemakaian diapers yang terlalu ketat bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi, terutama pada laki-laki. Selain itu, diapers akan membekas di perut dan paha. Apabila diapers terlalu longgar, maka diapers tidak bisa dipakai dengan pas dan berceceranlah isinya hahaha.

Dianjurkan untuk memilih ukuran diapers sesuai dengan usia dan bobot bayi. Namun, berat jangan dijadikan satu-satunya patokan. Amatilah bentuk diapers di sekitar perut dan paha bayi. Apabila terlalu ketat dan membekas, maka sebaiknya kita menaikkan ukuran. Jika masih bingung, belilah dalam jumlah sedikit terlebih dahulu untuk mengetahui kualitas dan reaksi anak terhadap diapers.

Berikut list ukuran diapers pants dari berbagai macam merk yang ada di pasaran Indonesia.

Tips Memilih Diapers agar Anak Bebas Bergerak

Kalau Rio bagaimana? Sejauh ini, Rio masih tetap setia memakai Goon, terlepas dari saat emergency diapers abis yaa. Kalau begitu apa saja yang ada di toko saya embat hahaha. So far, Goon is super drama free for me and Rio. Harganya juga lumayan bersahabat sih untuk ukuran diapers premium. Banyak diskonannya sekarang *girang*!

Tips Memilih Diapers agar Anak Bebas Bergerak

Helloooo Goon Baby! 

Sejak menjelang 5 bulan dengan BB 7 kg, Rio sudah memakai pants, sehingga merk yang dipakai adalah Goon Excellent Soft. Cuttingnya slim sehingga Rio bebas bergerak berguling-guling kesana kemari hahaha. Daya tampungnya juga lumayan banyak karena sekarang saya tidak mengganti diapers pada tengah malam pas Rio terlelap. Nanti diajak main *nangis*. Dan yang paling penting, GA PERNAH BOCOR! Hore! Ga ada drama nyuci dan ngucek alas ompol pagi-pagi buta.

Baca List Perlengkapan Bayi ala Faradila Danasworo Putri

Nah apa diapers andalan ibu-ibu dan bapak-bapak sekalian?  Bisa share di kolom komentar dibawah ini yaa. Syukur-syukur info diskon yang di share hihi. Semoga diapers pilihan tidak menghambar perkembangan anak yaa. Yang penting, ramah bagi kulit anak dan juga dompet orang tua :))

 

You may also like...

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *