Technology, Thoughts

Tentang Blokir

lembarkertas:

Kita sebagai pengguna Tumblr dibikin resah ya, kayak hubungan yang lagi di ujung tanduk. Tapi ya inilah konsekuensi dunia internet: kebebasan adalah hak setiap pengguna.

Tapi tentu kebebasan tidak selamanya absolut. Ada nilai-nilai yang jadi pegangan tiap budaya dari suatu bangsa, tak terkecuali Indonesia. Niat pemerintah untuk memblokir media paling kita sayangi ini adalah baik. Ya niatnya memang baik. Lagi pula tumblr pun tidak seperti blogger.com atau wordpress yang rajin mengadakan razia penggunanya dan konten-koten yang mereka hasilkan. Tumblr seperti membiarkan siapa saja menggunakan produk mereka, tapi seperti yang kita tahu, tumblr pun juga mencegah konten-konten yang amoral itu dengan menerapkan filter khusus. Sehingga pengguna akan merasa aman dan nyaman.

Nah, pemerintah barangkali mendapatkan banyak pengaduan dari netizen atau pun ini adalah wacana asli dari pihak pemerintah, lantas karena ingin melindungi masyarakat dari pengaruh konten yang seperti disebutkan di atas, maka pemerintah mengumumkan ingin memblokir Tumblr.

Dengan penuh rasa hormat, saya sendiri pun tidak menyetujuinya. Sebab lebih banyak sisi positifnya dibanding negatif. Tapi kita perlu memikirkan ulang. Boleh saja kita membikin petisi atau semacamnya, sebab itu hak kita sebagai warga negara. Namun, coba kita pikirkan, dengan adanya wacana ini, barangkali pihak tumblr bisa mempertimbangkan niat pemerintah dan keinginan kita di sini. Pihak tumblr mestinya, sewajarnya mengantisipasi hal ini dengan gerak cepat. Misalnya dengan memperbarui keamanan dan filterisasi atau bikin razia besar-besaran terhadap konten, yang di republik kita ini, tidak layak diakses.

Semua ada jalannya. Niat baik tidak lantas membuat ladang kreativitas ini jadi hilang.

Ya semoga saja.

Agree!

You may also like...

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *