Event, Family, Health, Parenting, Products

Perkembangan Anak Tanggap yang Lengkap, Starts Here!

Hello semua! Balik lagi nih dengan artikel seputar perkembangan anak Tanggap yang Lengkap. Bagi yang belum membaca blog post sebelumnya mengenai Pentingnya Tanggap yang Lengkap agar Anak Hebat, yuk silahkan diklik di linknya. Ada latar belakang mengapa kita perlu mengasah kecerdasan anak. Karena di postingan kali ini, saya akan menjabarkan faktor-faktor yang dapat membuat anak kita memiliki tanggap yang lengkap.

Saya membuat postingan lanjutan ini untuk membagikan ilmu berharga yang saya dapat dari acara Launching New Bebelac beberapa minggu yang lalu. Banyak juga yang menanyakan dan penasaran dengan konsep tanggap yang lengap secara utuh dan juga pendidikan karakter anak. So here goes!

Perkembangan Anak Tanggap yang Lengkap, Starts Here!


Ternyata, anak dapat tumbuh dengan tanggap yang lengkap itu dimulai dari otaknya. Well, apparently everything is controlled by the brains. Nah, ada hubungan penting antara mikrobiota di saluran cerna dengan otak. Otak tidak hanya mempunyai kemampuan untuk mengendalikan mikrobiota di saluran cerna, namun mikrobiota di saluran cerna ternyata mampu untuk mempengaruhi otak dan perilaku. There’s a two way connection.  Bahkan kondisi mikrobiota usus ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi optimalisasi fungsi otak.

Oleh karena itu, kita memerlukan nutrisi yang tepat untuk mendukung perkembangan otak anak-anak kita, baik perkembangan kognitif, motorik maupun perkembangan sosial anak. Dengan nutrisi yang baik, kita tidak hanya mendukungnya menjadi anak yang hanya memiliki kecerdasan intelektual, tapi juga kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial.

Baca Pentingnya Nutrisi di Masa 1000 Hari Pertama Kehidupan


Pada saat acara kita memainkan Positive Parenting Games dimana kita menganalisa strength dan weakness masing-masing dalam metode parenting anak atau ketika kita mendidik anak. Strength disini adalah kata-kata positif (“Hebat!”, “I love you.”, dll) yang kita berikan kepada anak dan weakness adalah kata-kata negatif (“Anak nakal!”, “Bandel banget sih?”, dll).

Perkembangan Anak Tanggap yang Lengkap, Starts Here!

Perkembangan Anak Tanggap yang Lengkap, Starts Here!

Kita harus memberikan banyak kata-kata positif dan mengurangi pemberian kata-kata negatif karena hal ini akan membentuk anak dengan kecerdasan emosional yang baik. Nah, anak dengan kecerdasan emosi yang baik kelak akan menjadi anak yang memiliki kecerdasan sosial yang baik pula.

Sampai kapan cerdas sosial bisa diasah? Cerdas sosial dapat terus dipelajari seumur hidup namun puncaknya untuk mengasah kecerdasan emosional adalah pada usia 2-3 tahun. Nah pas banget kan untuk cari tau lebih lanjut mengenai cara mendidik anak usia dini.

Perkembangan Anak Tanggap yang Lengkap, Starts Here!


Kita sebagai Ibu perlu memperhatikan asupan nutrisi yang mendukung perkembangan otaknya, terutama pada masa Golden Age. Tentu kita harus memperhatikan dan mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan di masa tumbuh kembang anak. FYI tahap pertumbuhan dan perkembangan ternyata sudah berlangsung sejak dari kandungan loh. Tiap tahapnya spesifik dan berbeda, jadi penting banget untuk para ibu dan calon ibu agar mengerti tahapan-tahapan tersebut.

Baca My Pregnancy Diary ; Memasuki Trimester Ketiga (28 – 33 Minggu)

Terdapat dua jenis zat gizi yang diperlukan untuk tumbuh bagi semua sel tubuh termasuk sel otak. Yang pertama adalah zat gizi makro yang terdiri dari protein, lemak dan karbohidrat Yang kedua adalah zat gizi mikro yang terdiri dari vitamin (A, D, E, K, B, C) dan mineral (Na, K, Cl, Ca, Fe, Zn, Mg, Se, dll). Nah fungsinya masing-masing apa? Simak di gambar dibawah ini ya!

Perkembangan Anak Tanggap yang Lengkap, Starts Here! Perkembangan Anak Tanggap yang Lengkap, Starts Here!

Jika nutrisi tersebut tidak atau kurang terpenuhi, bahkan sejak masa janin, bisa mengakibatkan gangguan gizi pada anak. Apa saja gangguan gizi tersebut? Ada gangguan perkembangan otak yang kelak akan mempengaruhi kecerdasan, tampilan dan kelak pendidikan anak; ada gangguan pertumbuhan yang akan menyebabkan stunting; serta ada gangguan program metabolik, glukosa, hormon, gen, ect yang akan menyebabkan berbagai macam penyakit seperti hipertensi, diabetes, obesitas, stroke, dll.

Nah beberapa poin penting yang saya dapat dari acara kemarin adalah :

  • Genetik hanya 20% mempengaruhi tumbuh kembang, sisanya berasal dari lingkungan (stimulasi) dan asupan nutrisi.
  • Pada awal masa pertumbuhan, yang penting adalah asupan zat makro yang cukup. Sayur juga bagus namun sebenarnya hanya diperkenalkan saja pas awal MPASI.
  • Protein hewani lebih gampang diserap oleh tubuh.
  • Growth spurt dipengaruhi hormon. Klo sejak awal tidak dapat nutrisi dan makanan cukup, maka hormon yang mengatur growth spurt tidak akan optimal. Bisa mengakibatkan stunting.

Terlihat kan penting sekali bagi kita untuk menjaga asupan nutrisi anak agar tumbuh dan kembangnya baik. Makanya saya selalu mencoba untuk memberikan makanan yang bergizi. Selain itu, ada Bebelac baru yang yang telah disempurnakan yang mengandung minyak Ikan & Omega 6 yang ditingkatkan (dibandingkan formula sebelumnya). Penting banget memenuhi kebutuhan Omega 3 & 6 sebagai nutrisi otak anak. Tidak lupa juga ada kandungan FOS:GOS 1:9 yang telah dipatenkan, 13 Vitamin dan 9 mineral.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk dan formula Bebelac baru, bahkan melihat secara detail apa saja kandungannya plus informasi nutrisi, silahkan melipir ke website Bebeclub ya! Cara penyajian barunya juga praktis loh IMHO. Salin info produk, banyak juga artikel mengenai pendidikan anak dan tumbuh kembang anak. Yuk dari sekarang mari dukung anak kita menjadi anak tanggap yang lengkap dengan nutrisi baik selama tumbuh kembangnya!

PS : Jangan lupa ikuti Bebeclub di social media ya, banyak info bermanfaat yang berkaitan dengan tahap perkembangan anak juga loh!

Perkembangan Anak Tanggap yang Lengkap, Starts Here!

You may also like...

42 Comments

  1. Cerdas bidang akademik saja ternyata tidak cukup, zaman sekarang harus punya kecerdasan sosial za bunda…

    1. Faradila D. Putri says:

      Beneer karena apalah artinya pintar tapi tidak bisa bersosialisasi.

  2. Positif berbicara bukan lagi sekedar kata kata tapi sebuah doa agar anak bisa lebih maju dan berkembang

    1. Faradila D. Putri says:

      Iyaa setiap ucapan adalah doa soalnya 🙂

  3. Setuju mbak jika anak yg tumbuh dengan lengkp itu dimulai dari otaknya. Sebab otak adalah pusatnya.
    Saya jadi ingat sama ibu2 yang memarahi anaknya dengan ucapan kasar, harusnya ibu itu tdk melakukan hal tersebut, sebab otaknya pasti langsung merekam ya mbak dan kalau dibiarkan takutnya anak tersebut lebih kasar lagi karena sdh terbiasa lihat ibunya marah2

    1. Faradila D. Putri says:

      Iyaaa betul! Karena anak pasti nyontoh yaa. Harus hati-hati dalam berkata nih.

  4. Hai mbak Faradila..tumbuh kembang anak harus didukung sejak dalam kandungan. Oleh sebab itu tugas orang tua untuk memberikan asupan gizi yang seimbang dan juga stimulus-stimulus agar anak nantinya tumbuh dengan optimal.

    1. Faradila D. Putri says:

      Hello mbak 🙂 Betul makanya pas hamil juga harus diperhatikan makanan ibunya.

  5. Hiks, saya termasuk yang stunting, tyt gak semata-mata faktor genetik ya. Oke noted! Harus perhatikan asupan gizi anak klo gt supaya tumbuh kembangnya optimal.

    1. Faradila D. Putri says:

      Aku juga tingginya pendek mbaak. Jadi penasaran dulu sempet kurang apa hiks.

  6. Fenni Bungsu says:

    Saya sering gunakan kata positif ke ketiga ponakan saya, maksudnya saat itu biar mereka gampang nurut. Hasilnya oke banget memang. Eh ternyata malah ngaruh sama kecerdasan emosional anak yah

    1. Faradila D. Putri says:

      Iyaaa bener banget mbak. Pokoknya kalau kita kasih energi positif hasilnya juga bakal positif 🙂

  7. Memang yaa memberikan stimulus pada anak itu penting mba. Apalagi di golden age. Anakku blm setahun suh, semoga masih ada ksmptn mengoptimalka tumbang nya 🙂

    1. Faradila D. Putri says:

      Pasti bisa mbaaak, anak cepet nangkep. Anakku sisa 8 bulan lagi nih masa golden age. Harus segera diisi yang bagus-bagus hehe

  8. berbekal banyak membaca saya sudah menerapkan cara mengasah kemampuan dan kecerdasan emosional pada anak sejak bayi
    memberikan support dan pujian membuat anak percaya diri
    bahkan ia mampu melakukan hal hal di luar anak seusianya
    anak saya bertubuh mungil seperti saya tapi alhamdulillah punya kecerdasan emosional yang bagus

    1. Faradila D. Putri says:

      Betuuul karena pas masih kecil adalah masa anak-anak mudah meniru dan cepat tanggap.

  9. Saya pun berusaha memperhatikan tumbuh kembang anak saya apakah sudah sesuai atau belum. Salah satu dengan memperhatikan asuapan gizinya. Untuk gizi saya berusaha memberikan gizi seimbang lewat menu utamanya. Baru-baru ini dikenalkan dengan susu setelah selesai menyapihnya 2 tahun

    1. Faradila D. Putri says:

      Aku malah ngasih susunya barengan sama ASI mbak karena saya masih nyusuin hehehe.

  10. Minyak ikan dan omega 6 itu memang bagus ya buat perkembangan otak. Jadi inget almrh mama dulu maksa kita anak2nya makan minyak ikan yg rasanya aduuuuh.. iyuuuh.. tapi skrg minyak ikan sudah masuk ke dalam susu dan rasanya enak. Ga oerlu deh maksa anak2 buat makan minyak ikan. Hihihi..

    1. Faradila D. Putri says:

      Waaah sama dong mbak. Minyak ikan paling iyuh hahaha tapi memang akhirnya ga sia-sia ya perjuangan (dan galaknya) ibu dulu hihi.

  11. Ini penting banget ya bun untuk memupuk anak yang sehat dan juga tanggap. Saya terkadang lupa kalo susu juga nutrisi yang bagus untuk perkembangan otak. Terima kasih sharingnya bun.

    1. Faradila D. Putri says:

      Sama-sama mbak 🙂 Memang susu dirancang jadi pelengkap nutrisi saja takut ada yang kurang.

  12. Kalo bicara tentang kata2 positif, jadi keingat dasa darma pramuka nih. Suci dalam pikiran, perkataan, & perbuatan. Gitu… 😄 waktu uda jd ibu bakal bener2 praktik nih

    1. Faradila D. Putri says:

      Hahaha darma pramuka yess. Memang betul sih 😀

  13. Bagus banget kandungan susu bebelac untuk tumbuh kembang dan nutrisi pelengkap anak. Tapi cocok ga ya buat anak yang suka alergi?

    1. Faradila D. Putri says:

      Naaah anakku bukan anak alergian mbak. Mungkin bisa cari testimoni soal anak alergi yang juga menkonsumsi bebelac. 🙂

  14. Karena Zat gizi makro dan mikro sangat penting untuk tumbuh kembang anak, makanya aku selalu berusaha memberikan keduanya secara benar dan tepat agar tidak terjadi gangguan kecerdasan pada si kecil Audrey

    1. Faradila D. Putri says:

      Betuuul. Harus ingat ingat di setiap makan ada menu yang mengandung unsur 4* hihihi

  15. jadi orang tua memang harus memperhatikan banyak hal agar anak tumbuh dengan tanggap yang lengkap, untunglah Bebelac mendukung salah satu faktor pentingnya yaitu nutrisi…

    1. Faradila D. Putri says:

      Yes mbak karena nutrisi sangat berpengaruh ke tumbuh kembang anak 😀

  16. Suka baca tulisannya mengenai perkembangan anak tanggap yang lengkap ini, apalagi disertai adanya infografis. Jadi lebih mudah ingat apa saja yang perlu diperhatikan dalam membantu anak tumbuh dan berkembang secara maksimal. Semoga anak-anak kita jadi anak cerdas secara lengkap ya, Mbak

    1. Faradila D. Putri says:

      Terima kasih mbak 🙂 Iya betul jadi tidak semuanya tulisan hehehe. Aamiin, thank you mbak!

  17. Ternyata pengaruh genetik pada kecerdasan hanya 20% ya. Saya kira malah lebih dominan daripada asupan nutrisi otak. Thanks for sharing ya mba, berguna banget untuk saya orang tua newbie yang ga bisa sering-sering hadir ke acara kayak ginj

    1. Faradila D. Putri says:

      Nah karena itu kita berkesempatan memiliki anak yang jauh lebih cerdas dari kita mbak (aamiin!) hehehe. Sama-sama mbak 🙂 Senang bisa bermanfaat dan menyebarkan ilmu ke khayalak luas.

  18. Kadi yang paling dasar adalah membentuk kecerdasan emosional mereka terlebih dahulu ya sebelum nantinya akan terbentuk kecerdasan sosial? Hhmm setuju sih ya. Karena mereka harus mampu menangani diri mereka sendiri dulu sebelum nantinya mereka nyemplung ke lingkungan yang dipenuhi dengan orang2 yang memiliki karakter berbeda.

    1. Faradila D. Putri says:

      Iya mbak hehehe. Setujuuu! Apalagi jaman sekarang tau sendiriii. Kalau tidak cerdas emosional bisa gampang terbawa arus.

  19. PR banget tentang Gizi Makronya si Kecil.. Ternyata si Bebelac ini lengkap ya mba.. Mikro & Makronya sudah ada. Plus dengan Omega 3&6 dan FOS GOS nya.. Jadi kita tdk perlu khawatir lagi.

    1. Faradila D. Putri says:

      Hehehe iya aku juga suka deg-degan gizi makro jumlahnya tidak terpenuhi.

  20. Zat gizi mikro ini, sedikit tetapi penting yaa

    1. Faradila D. Putri says:

      Iyaa makanya perlu diperhatikan juga mbak 😀

  21. Hastira says:

    makasih sharingnya

    1. Faradila D. Putri says:

      Sama-sama mbak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *