Family, Health, Parenting

Mendidik Anak Menjadi Tanggap yang Lengkap

Hallo semua! Pasti sudah baca postingan saya sebelumnya tentang perkembangan anak Tanggap yang Lengkap kan ya? Nah kalau belum yuks melipir sebentar sebelum mulai membaca blog post kali ini. Di blog post kali ini, saya akan share sedikit beberapa hal yang saya lakukan dalam (mencoba) mendidik Rio menjadi anak tanggap yang lengkap. Saya akan mencoba untuk membagikan beberapa cara parenting anak ala saya. Bagaimana cara saya untuk mendidik anak laki-laki dan juga cara mendidik anak usia dini.

Mendidik Anak Menjadi Tanggap yang Lengkap

Well, for me, this is my first experience raising a baby. Baru lebih dari setahun kok, masih banyak diluar sana yang sudah lebih berpengalaman. But personally, I just want to share and document this. Jadi jika ada yang pas di hati boleh ditiru, yang kurang pas boleh ditinggal, dan para moms and dads boleh banget sharing lebih banyak di kolom komentar dibawah ya.


DSA saya sering kali menyuruh saya untuk selalu menstimulasi Rio. Stimulasi, stimulasi, stimulasi. Awalnya saya bingung, kenapa? Ternyata setelah mencari tau lebih dalam, stimulasi ini sangat berperan penting dalam proses perkembangan otak. Stimulasi adalah adalah kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Jika anak tumbuh kembang dengan optimal, maka akan ada perkembangan kognitif maupun motorik anak yang baik.

Sebisa mungkin anak kita berikan stimulasi yang pas seusai umurnya. Dengan sering menstimulasi anak, mengenalkan suatu pengalaman baru, atau melakukan sesuatu hal baru, anak akan belajar dan mengerti. Contoh mudahnya adalah stimulasi motorik kasar yang diberikan pada bayi. Bayi diberikan tummy time agar terstimulasi untuk tengkurap, latihan guling-guling, diberikan booster seat yang membantunya belajar duduk, pushwalker untuk membantu berjalan dan masih banyak lagi seusai dengan kemampuannya. Begitu pula dengan stimulasi halus seperti menggengam benda kecil, memasukkan sedotan, dan lain-lain.

Mendidik Anak Menjadi Tanggap yang Lengkap

Selain stimulasi motorik kasar maupun halus, ternyata masih ada beberapa stimulasi yang harus dilakukan yaitu stimulasi kemampuan bicara/bahasa dan stimulasi sosialisasi dan kemandirian. Pokoknya bagaimana caranya agar ada perkembangan bahasa anak dan juga perkembangan sosial anak. Nah inilah beberapa hal yang saya mulai biasakan saat saya bersama dengan Rio.

  1. Selalu mengajak ngobrol tentang rutinitas sehari-hari. Misalkan pada saat mandi, dijelaskan sabun untuk apa, shampoo untuk apa, gayung untuk apa, dsb.
  2. Membiasakan untuk membantu memilih dan membawakan baju/diapers ke tempat ganti baju. Sebelum mandi juga membiasakan menaruh baju kotor di tempatnya.
  3. Membiasakan membereskan mainan setelah selesai bermain, seperti menaruh mainan di dalam box dan mengembalikannya ke tempat semula.
  4. Mengajak untuk membaca buku sambil bercerita (kadang mengarang indah sih hahaha yang penting sesuai gambar).
  5. Mengajak main dan sosialisasi dengan teman-teman sebayanya di lingkungan rumah plus sekalian mengajarkan konsep sharing atau berbagi mainan. Awalnya memang Rio pendiam dan agak pasif namun lama-kelamaan dia makin senang jika ada teman bermainnya hehehe.
  6. Membiasakan budaya salam kepada yang tua saat bertemu dan saat berpisah.
  7. Mengucapkan terima kasih-tolong-maaf dan membiasakan menggunakan tangan kanan dalam makan, memberi barang dan menerima barang.
  8. Membiasakan untuk beribadah (sholat dan mengaji) didepan Rio, dan memberikan pengertian mengenai kegiatan tersebut.
  9. Sering bernyanyi (maaf yang suka denger haha) dan menkorelasikan nyanyian dengan keadaan. Seperti pada saat hujan, nyanyi lagi yang berkaitan dengan hujan.

Mendidik Anak Menjadi Tanggap yang Lengkap

Emang bayi setahun sudah bisa mengerti semua itu? Well, I have no idea what’s going on inside his brains hahaha. Tapi saya percaya bahwa bayi itu sangat sangat pintar. Mereka bisa menangkap dengan cepat maksud kita meskipun feedback mereka belum sempurna. Jadi disini memang orang tua yang harus konsisten memberikan stimulasi dan peka terhadap tingkah laku anak, terutama anak bayi. Saya sih merasa setahun kemarin itu semacam main guessing games hahaha.

Setelah saya lakukan berbagai macam stimulasi dengan (mencoba) konsisten, hasilnya cukup terlihat kok alhamdulillah. Rio mulai terbiasa dengan kehadiran orang baru dan lebih interaktif. Dia terlihat lebih senang main bersama teman sebayanya dan mulai mengerti konsep berbagi mainan. Penting sih karena kan nanti dia akan main game anak-anak dengan yang lainnya.

Mendidik Anak Menjadi Tanggap yang Lengkap

Dia juga sudah mengerti perintah singkat dan mulai suka beres-beres. Beres-beres dalam artian memasukkan semua barangnya ke dalam box atau lemari hahaha. Meskipun kadang bikin bingung tapi seenggaknya sudah cukup tidak membuat berantakan 😀 Yeay!

Oiya dia juga sangat senang “membantu” saya melakukan pekerjaan rumah. Jadi kadang saya beri dia kesempatan untuk membantu menuangkan beras, mengaduk minuman, dll dengan bimbingan yang ketat. Setidaknya dia sudah pernah mencoba, ya kan? Harapannya kelak, Rio bisa menjadi anak yang tanggap dengan kemampuan sosialisasi yang baik.

Mendidik Anak Menjadi Tanggap yang Lengkap

Bagi yang sudah membaca postingan sebelumnya, dijelaskan bahwa stimulasi tidak akan ada artinya tanpa dukungan nutrisi yang bagus. Anak dengan nutrisi yang cukup memiliki kemampuan berpikir yang baik. Simple sih alasannya karena ia mampu menyerap informasi yang ada di lingkungannya dengan baik dan juga mampu memproses segala stimulasi yang diberikan. Nutrisi yang bagus ya datangnya dari asupan gizi yang baik dan seimbang. Bebelac baru juga memiliki nutrisi yang mendukung si Kecil untuk tumbuh hebat dengan tanggap yang lengkap.Terdapat kandungan minyak ikan dan omega 6 yang lebih tinggi dibandingkan formula sebelumya, FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan, 13 vitamin dan 9 mineral. Omega 3 dan 6 penting sebagai nutrisi otak anak.

Baca Pentingnya Tanggap yang Lengkap agar Anak Hebat

Sekian short sharing session dari saya, semoga bermanfaat. 🙂 Oiya bagi yang ingin tips mengenai bagaimana cara mendidik anak dengan tanggap yang lengkap atau tips mengenai stimulasi, perawatan bayi, tahap perkembangan anak, bahkan dari masa kehamilan, silakan kunjungi website Bebelac. I find it super useful and I hope you do too!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *