Family, Products, Review, Tips

Rio’s First ELC Experience + Tips Membeli Mainan ELC

Hellooo moms and dads!
Siapa yang sudah pernah dengar mainan ELC? Saya sebagai new mom juga baru denger pas ikut WA grup jastip kok hehehe. Awalnya sih tidak begitu tertarik sama mainan yang berasal dari UK ini, apalagi dijualnya di toko Mothercare yang ternyata ga ada di Bogor (cryyyy). Tapi kok banyak Ibu-ibu yang heboh ya pas mainan ELC ini diskon. Hmm jadi penasaran kan yaaa.

Rio’s First ELC Experience + Tips Membeli Mainan ELC

Setelah di searching, ELC adalah singkatan dari Early Learning Center yang mempunyai akun instagram resmi @elcindo. Ternyata mainannya bagus-bagus loh! ELC notabene melakukan playtest untuk melihat apakah mainannya bisa tahan terhadap benturan dan goresan yang gampang dibuat oleh anak kecil. Apalagi mereka menggunakan beberapa teknik seperti ultrasonic welding dan penggunaan plastik yang berkualitas. Terlepas dari bahannya yang aman dan kokoh, mainannya sangat membantu bayi untuk mengasah kemampuan motorik dan juga kemampuan analisa.

Baca Tips Memilih Diapers agar Anak Bebas Bergerak


Pada saat The Asian Parents Indonesia Baby Bash kemarin, beruntunglah ada playground super besar yang isinya mainan ELC semua! Jadi Rio bisa nyoba langsung sebelum saya memutuskan mana yang dipertimbangkan untuk dibeli hehehe.

Honestly, ELC toys are a bit on the expensive side for me (tapi harga jual ulangnya alias prelovednya tinggi banget loh dan pasti banyak peminat menurut pengamatan saya). Jadi penting banget membeli mainan yang berguna untuk perkembangan Rio dan yang tentunya dia suka. Soalnya Ibunya ini suka sedih kalau Rio dikasih mainan dan dia cuman melengos pergi hahahahahaa sad!

Rio sempat mencoba beberapa mainan antara lain adalah :

Dinosaur Hopper

Yang pertama kali saya incar untuk Rio coba adalah si Dinosaurus Hopper gemassss ini! Sebenarnya ini sudah jadi incaran semenjak anaknya teman main ini di instastories (duh mamak millenials banget ya gampang terpengaruh hahaha).

Rio’s First ELC Experience + Tips Membeli Mainan ELC
Rio’s First ELC Experience + Tips Membeli Mainan ELC

Awalnya dilihat kok lucu bentuk dan warnanya, lalu lama-lama saya jatuh cinta kepada fungsinya yang melatih motorik kasar. Rio perlu mainan seperti ini yang menguatkan kaki dan melatih keseimbangan. Apalagi pas dicoba, dia suka banget (meskipun pas difoto mukanya datar). Cus langsung masuk wishlist!

Inflatable Target Square

Yang kedua adalah Inflatable Target Square yang melatih motorik kasar dan halus plus koordinasi mata dengan tangan. Disini Rio berlatih mengambil dan memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang tersedia. Seru dan gemas melihat Rio kebingungan memilih bola yang mana karena warnanya menarik hehehe.

Rio’s First ELC Experience + Tips Membeli Mainan ELC

Bagusnya lagi, mainan ini inflatable jadi tidak memakan tempat apabila disimpan. Oiya mainan ini bisa dimainkan sampai besar loh. Seperti game di karnival yang melempar bola dari jauh itu, so a total plus kalau ingin membeli mainan yang bisa dipakai sampai besar. Dipackaging asli sih dikasih bean bags, namun di Baby Bash kemarin beberapa bola plastik digunakan untuk bermain.

Rio’s First ELC Experience + Tips Membeli Mainan ELC
Packaging asli seperti ini isinya

Play Fence

Yang ketiga adalah play fence. Ternyata selain membantu agar bayi tidak kabur kesana kemari, pagar ini juga kokoh dan bisa menjadi tempat untuk berlatih berjalan. Warnanya yang menarik plus ada mainannya bikin bayi ga bosan main. Jadi ga perlu khawatir bakal teriak-teriak pas ditinggal.

Rio’s First ELC Experience + Tips Membeli Mainan ELC
Rio’s First ELC Experience + Tips Membeli Mainan ELC

Terdapat juga trampoline, inflatable castle, Little Senses Lights and Sounds Activity Table dan Giant Wooden Activity Cube di area bermain Baby Bash. Namun saking banyaknya anak bayi yang berkeliling disana, jadi Rio tidak sempat ikut bermain deh. Main balon aja ya, Le. Oke sip.

Rio’s First ELC Experience + Tips Membeli Mainan ELC

 


Jadi apa yang akhirnya dibeli oleh Ibunya Rio?

Dinosaur Hopper dan Lights & Sounds Buggy Driver!

Dua? Am I breaking the bank? Well, kind of (gampang banget sih keluar duit buat anak hiks). Alhamdulillah tapi berkat sale akhir tahun ELC dan beberapa marketplace, saya berhasil mendapatkan diskon yang  besar dan harga yang miring muahahaha. Bocoran harganya? Harga asli Dinosaur Hopper adalah Rp. 459.000,-. Sementara Lights & Sounds Buggy Driver memang lebih mahal di harga normal Rp. 550.000,-. Cuman karena saat itu harbolnas dan ada promo pemakaian credit card, saya hanya perlu membayar sekitar Rp.600.000,- lebih dikit untuk kedua mainan. #ibusenangdiskonan

Pricey? Ya objektif sih tapi menurut saya semua itu terbayar dengan kualitasnya yang bagus dan harga jual ulang yang tinggi. Ada yang menjual Lights & Sounds Buggy Driver di harga Rp. 450.000,- dan langsung sold! Berarti memang rebutan ya mainan ELC ini yang brand new maupun yang preloved. Untuk review yang lebih detailnya akan saya post di postingan terpisah, namun secara garis besar, plus dan minus kedua mainan ini adalah :

Dinosaur Hopper

Rio’s First ELC Experience + Tips Membeli Mainan ELC

+ LUCU DAN MENGGEMASKAN (ini sih preferensi Ibunya) dan tersedia dalam beberapa versi (unicorn dan kelinci juga ada).

+ Bahannya kokoh dan tebal. Oiya plastiknya aman dan tidak berbau. Bisa diemut emut juga (alias jadi teether dadakan) tanduknya.

+ Tidak terlalu tinggi, jadi pas di Rio untuk duduk dan lompat-lompat dengan kaki menapak di lantai

+ Ringan, mudah dibawa kemana-mana dan termasuk mainan inflatable

MINUS

– Harus ditiup terlebih dahulu dan tidak ada pompa yang disertakan di dalam kemasan

– Tidak ada manual book, hanya keterangan di luar dus

– Jika angin tidak cukup maka akan cenderung miring ke satu sisi alias oleng -iya sih-

– Tidak ada bunyi-bunyian jadi kalau sudah capek, ya bayi akan bosen dan minta turun.


Lights & Sounds Buggy Driver

Rio’s First ELC Experience + Tips Membeli Mainan ELC

Thank you ka Devi for the picture! LOVE!

Rio’s First ELC Experience + Tips Membeli Mainan ELC

Di stroller bersama si buggy driver. Malah mejeng.

Rio’s First ELC Experience + Tips Membeli Mainan ELC

Di carseat bersama si buggy driver yang menemani perjalanan panjang

PLUS

+ SUPER FUNCTIONAL! Ada klip yang bisa menaruh mainan ini di stroller, carseat, kursi makan, box bayi pokoknya mobile banget. Salah satu alasan kuat mengapa saya membeli mainan ini!

+ Warnanya baguuus. Menarik perhatian bayi dan anak-anak. Pas jalan di mall juga begitu hahahaha anak-anak yang lain pengen main.

+ Melatih kemampuan motorik dan sensori. Ada kaca dan lampu dan juga pegangan stir.

+ Mainan bisa disesuaikan dengan tempat bermain dan duduk anak.

+ BIKIN ANAK GA BOSEN HORE HORE! Senggaknya untuk kasus Rio.

+ Ada ignition key alias kunci yang berfungsi untuk menyalakan dan mematikan mainan. Alias hemat baterai.

MINUS

– Tombolnya hanya beberapa saja. I wish there was more!

– Lagunya hanya ada 2. I wish there was more too.

– Tidak bisa buru-buru memasang klipnya karena bukan tipe capit namun ada yang harus diputar terlebih dahulu (nanti akan dibahas di postingan khusus)


Overall, kedua mainan ELC ini worth to buy karena sehari-hari memang digunakan Rio untuk bermain. Apalagi Lights & Sounds Buggy Driver yang menemaninya di kursi makan dan di dalam perjalanan.

Oiya beberapa tips jika kalian ingin membeli mainan ELC :

  • Pastikan mainannya sesuai dengan umur anak.
  • Pilih yang sesuai dengan kemampuan anak yang ingin diasah (imajinasi, motorik, dll)
  • Follow social media ELC (@elcindo), suka ada info diskon di sana baik online maupun offline!
  • Mainan ELC asli bisa dibeli secara online di mothercare.co.id maupun di marketplace dimana ELC membuka official shop resmi (Lazada & Blibli).
  • Mainan ELC preloved atau second bisa dibeli dan bertaburan di instagram maupun marketplace online. PASTIKAN TANYA KONDISI (berapa % & minus) dan apakah ada dus atau tidak ya. Boleh nego juga kalau second hihi biar harga makin miring.

Sekian ELC Experience beserta tips membeli mainan ELC. So which ELC toys are your favorite? Atau ada yang masuk di wishlist kalian? Silahkan tulis di komen yaaa. Oiya untuk info kapan Baby Bash selajutnya, kalian bisa melipir ke Instagram The Asian Parents Indonesia (@theasianparents_id)

You may also like...

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *